.

Sejarah Bali Kuno

Diposting oleh GaBohong

Apakah manusia bisa meninggalkan sejarah? Mudah dipahami bahwa pernyataan itu pada intinya mengandung makna bahwa sejarah atau perjalanan hidup pada masa lampau sekelompok manusia beserta wilayah yang dihuninya adalah sangat penting. Sifat pentingnya itu bukan semata-mata karena sejarah telah mampu mengantar kelompok manusia itu sampai ke kehidupannya pada masa kini serta memungkinkan mereka dapat meneruskan perjalanannya ke masa-masa mendatang, tetapi lebih dari itu. Sejarah juga mampu menjadikan kelompok manusia yang bersangkutan memiliki cita-cita mengenai kualitas kehidupan dan dirinya yang ingin dicapai atau diwujudkannya. Sudah tentu dengan syarat, kelompok sosial tersebut harus bijak lestari dalam mengambil hikmah dari perjalanan sejarah yang telah dilaluinya. Ingat pulalah ungkapan sangat bermakna yang pernah terdengar, yang pada hakikatnya menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai sejarahnya.





Sekali lagi ingin ditegaskan bahwa uraian ringkas yang telah dikemukakan di atas, kiranya sudah cukup memberikan pemahaman bahwa pemahaman tentang sejarah sekelompok manusia, suku bangsa, begitu pula suatu bangsa-termasuk wilayah yang dihuninya-adalah sangat perlu karena dapat memberikan makna yang tidak terukur besarnya bagi kelompok sosial atau bangsa yang bersangkutan. Namun, perlu pula dikemukakan di sini bahwa menyusun uraian sejarah yang representatif bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak hal yang dapat menjadi penghambatnya. Di antara hambatan yang banyak itu, adalah kurangnya data atau dokumen yang mampu memberikan bahan-bahan yang diperlukan untuk penyusunan sejarah, merupakan hambatan terbesar yang lazim dihadapi oleh penyusun sejarah.
Hal yang dikatakan di atas ini berlaku pula dalam upaya penyusunan sejarah Bali, terutama Sejarah Bali Kuno. Berkaitan erat dengan keadaan tersebut, maka perlu ditekankan di sini bahwa gambaran ringkas tentang Sejarah Bali Kuno yang disajikan berikut ini, memang betul-betul ringkas, bahkan pada beberapa bagiannya masih memiliki masalah yang belum terpecahkan sebagai akibat kurangnya data yang diperlukan. Kendati demikian, dalam kaitan dengan masalah pokok yang ingin diungkap dalam kitab ini, uraian ringkas tentang Sejarah Bali Kuno tersebut, tetap diharapkan mampu memberikan pemahaman yang berguna bagi pembacaannya. Mereka yang ingin mendapat sajian uraian Sejarah Bali Kuno yang lebih lengkap, sudah tentu wajib mencarinya pada sumber lain.
SUMBER
SelengkapnyaDISINI...

Rok Purba Berumur 5.900 tahun

Diposting oleh GaBohong




Tim ilmuwan Armenia mengklaim telah menemukan sebuah rok yang usianya diperkirakan mencapai 5.900 tahun. Rok ini bisa jadi dianggap rok paling tua yang pernah ditemukan.


Seperti dilansir Associated Press, Pavel Avestisian Direktur Institut Arkeologi dan Etnografi di Yerevan, Armenia jika timnya menemukan fragmen dari rok yang terbuat dari alang-alang tersebut pada sebuah gua di sebelah tenggara Armenia.

Avestisian menambahkan jika rok ini bisa rok yang terbuat dari alang-alang paling tua di dunia. Sebelumnya di gua Areni-1 tempat rok ini ditemukan, sebuah sepatu yang diyakini berusia 5.500 tahun jika berhasil diselamatkan oleh tim arkeolog. Menjadikannya sepatu yang paling ditemukan dalam sejarah dunia.

Seorang arkeolog lainnya Boris Gasparin mengatakan jika tim ini juga berhasil menemukan kambing yang diawetkan. Kambing tersebut diperkirakan berusia 5.900 tahun, atau lebih tua 1.000 tahun dari yang pernah ditemukan di Mesir.

 Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Misteri Manusia Merah Napoleon

Diposting oleh GaBohong


Menurut legenda, hantu yang dikenal sebagai "manusia merah kecil," tampaknya beberapa kepribadian bangsa yang paling terkenal selama lebih dari 260 tahun, mengumpulkan reputasi sebagai pertanda tragedi. Hantu itu tampaknya pusat kegiatan di Paris, di istana Louvre dan Tuileries. Hal ini disebutkan dalam sejumlah buku, catatan resmi, dan bahkan buku harian Napoleon.

Catherine de Medici mengatakan telah menjadi orang pertama yang dihadapi penampakan. Saat itu di 1564, selama konstruksi Tuileries, bahwa de Medici berhadapan dengan makhluk gnome-seperti berpakaian sepenuhnya dalam merah. Segera menjadi jelas bagi Catherine angkuh bahwa rekan mendadak dia bukan orang dari daging dan darah, dan ia menafsirkan kunjungan aneh sebagai pertanda nasib buruk. Seperti Catherine sudah mulai memicu masalah antara Roma Katolik dan Protestan di Perancis, dan ia dipaksa raja memerintahkan St Bartholomew pembantaian mengerikan Hari Huguenot, merah adalah warna yang sesuai bagi hantu untuk memiliki aus.

Pada tahun 1610 pria merah kecil tampaknya Henry IV sebelum raja itu dibunuh oleh seorang guru gila.

Pada tahun 1792 chambermaids terkejut menemukan gnome-berpakaian merah di tempat tidur Louis XVI Ketika raja terancam sedang membuat upaya sia-sia untuk melarikan diri dari intrik kaum revolusioner Perancis. Beberapa bulan kemudian, penjaga mengaku telah melihat hantu kecil berwarna merah di penjara mana Louis dan Marie Antoinette menunggu giliran mereka dengan guillotine.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Misteri Piramida Suku Aztec

Diposting oleh GaBohong


Pada abad ke-13,ketika Orang2 Aztec menyapu masuk ke Meksiko Bagian Tengah,Kota Teotihuacan yang dulunya padat ini (kira2 puncak kejayaanya sekitar 400 M) telah sepi ditinggalakan para pembangunnya yang misterius.
Bahkan orang-orang Aztec yang ganas pun sangat terpukau saat pertama kali melihat bangunan piramida-piramida kematian ini.Pusat upacaranya yang megah,dimana puluhan ribu masyarakatnya berkumpul di tengah-tengah monumen batu keramat,terbenam di bawah rimbunnya pepohonan nan hijau.
Orang-orang Aztec menamai situs purbakala ini dan mengidentifikasi monumen2 paling agung dan megah sesuai dengan kepercayaannya sendiri,yaitu Piramida Matahari dan Piramida Bulan.
Karena berasumsi bahwa beberapa bangunan ini adalah makam,mereka menyebut jalan raya utamanya “Street of the Dead” (Jalan Para Arwah).
Makam2 yang berharga dan mengerikan baru-baru ini ditemukan di Piramida Bulan dalam penggalian yang dipimpin oleh Cabrera Castro dari National Institute of Antropology and History Meksiko,dan Saburo Sugiyama dari Aichi Prefectural University Jepang.Menggali jauh ke dalam struktur batu setinggi 43 meter,para arkeolog menemukan lima lokasi pemakaman.
Mereka membersihkan lapisan terakhir tanah dari dasar dan menemukan lokasi pembantaian yang mengerikan.Kepala-kepala tanpa tubuh dan jasad para pejuang dan para pejabat penting asing,mamalia karnivora,burung pemangsa,dan reptilia mematikan.

Dua kuburan massal yang terpaut jarak waktu setengah abad menyampaikan pesan yang sama,militer Teotihuacan mendominasi bagian dari Mesoamerika dengan kekuatan brutal.
Di bawah penggalian pengarah Saburo Sugiyama,terbaring jasad2 sepuluh pria dari sekitar tahun 300 M.Kemungkinan tawanan perang,mereka dibuat tunduk untuk selamanya,dengan tangan terikat dibelakang tubuh dan semua barang dan perhiasannya dilucuti,mereka dipenggal kepalanya dan dilempar ke sebuah timbunan.Semua korban ini adalah orang asing,seperti yang ditunjukkan oleh analisa tulang dan gigi bertahtakan batuan hijau dan pyrite.

Bukti-bukti menunjukkan,semua korban ini dibunuh dalam upacara ritual untuk menyucikan tahapan2 berikutnya dari konstruksi piramida ini.Kurban paling awal,dari sekitar tahun 200 M,menandai perluasan signifikan dari bangunan ini.Orang asing yang terluka,mungkin tahanan perang,tampaknya dikubur hidup-hidup.

Tangannya diikat di belakang tubuhnya,aneka binatang lambang kekuatan mitologi dan militer mengelilingi mayat2 mereka.
Berbagai persembahan dibuat sangat indah,temasuk berbagai senjata obsidian,dan patung kecil dari batu hijau solid.Kemungkinana kurban2 ini dipersembahkan untuk seorang Dewi Perang.

Teotihuacan salah satu perkotaan pertama dibelahan bumi barat.Luasnya hampir 20 kilometer persegi,pada masa kejayaannya,kota perdagangan kaya dengan jaringan luas.

Tak diketahui sebabnya,kota ini runtuh mendadak sekitar tahun 600 M.Banyak penduduknya yang misterius melarikan diri,mereka meninggalakan sedikit catatan untuk digali informasinya.
Hanya tersisa reruntuhan kota dan aneka petunjuk yang menggugah rasa ingin tahu akan sebuah budaya yang pada masanya sangat kuat.

Lokasi teotihuacan



Sekitar 1500 Masehi, Bangsa Aztec menguasai Meksiko. Bangsa ini memang dikenal kejam, para prajurit memburu manusia untuk dikuliti dan dikorbankan kepada para Dewa mereka. Satu hal yang menarik dari sejarah bangsa ini ialah adanya legenda mengenai suatu kota yang hilang. Kota kuno misterius yang fantastis dengan dipenuhi arsitektur-arsitektur luar biasa bernama Teotihuacan.

Kota misterius yang hancur itu begitu besarnya, hingga saat suku Aztec menemukannya, mereka percaya pastilah itu tempat yang paling suci di seluruh alam semesta. Bangsa Aztec menamainya Teotihuacan yang memiliki arti tempat dewa-dewa. Kota kuno ini begitu menakjubkan, jaringan jalan-jalan panjang dan piramida-piramida besar berdiri di kota tersebut.

Kota tersebut memiliki luas keseluruhan 12,8 km persegi, area yang lebih besar dari Kekaisaran Roma. Suku Aztec menyebut jalan utamanya sebagai jalan kematian dan mereka menamai 2 piramida terbesar sebagai Piramida Matahari dan Piramida Bulan. Dari bangkitnya sekitar tahun 1 Masehi hingga keruntuhannya 7 abad kemudian, Teotihuacan merupakan kota terbesar dibelahan bumi barat.

Bangsa Aztec bahkan tidak pernah tahu siapa yang membangun kota besar ini dan mengapa mereka meninggalkannya. Dan hingga hari ini masih menjadi teka-teki membingungkan. Sesuatu hal yang mengerikan pastilah pernah terjadi di sini, hingga seluruh penduduknya lenyap tak berbekas sehingga mengubah kota besar tersebut menjadi sebuah kota hantu tak berpenghuni.

Di Kebudayaan kuno Afrika, Asia, Eropa dan Benua Amerika kita mengetahui alasan utama piramida-piramida besar dibangun, sebagian besar sebagai makam bagi keluarga kerajaan, adapula sebagai altar untuk melangsungkan upacara dan doa. Tapi Piramida di Teotihuacan adalah misteri.

Tujuan utama dari pembangunan piramida di sini telah hilang ditelan waktu, karena para pembangun piramida hampir tak meninggalakan informasi apa-apa bagi kita. Kita tak tahu, mereka menyebut diri mereka sebagai bangsa apa? bahasa apakah yang mereka tuturkan atau dimana para penguasa dikubur? Mereka tak meninggalkan buku, sistem tulisan, sejarah tertulis masa lalu.

Selama hampir seabad, ahli purbakala telah mengumpulkan banyak petunjuk. Lebih dari 900 ribu pecahan tembikar telah dianalisa, dinomori, dan dikemas. Makna dari beberapa artifak masih banyak diperdebatkan, namun penggalian belum lama ini mengungkap kisah tentang hidup dan mati dari kota piramida ini.

Walaupun merupakan sebuah kota besar, namun sebenarnya Teotihuacan merupakan suatu tempat yang terpencil di wilayah utara yang disebut Mesoamerika.

Di awal mula millenium pertama Masehi, tempat tersebut hanyalah wilayah tandus dan gersang, lebih banyak kaktus daripada manusia. Lalu, mendadak hampir dalam semalam, populasi manusia meladak hingga pulahan ribu di kota itu. Bagaimana bisa tempat terpencil berdebu ini mendadak berubah menjadi kota terbesar se-Amerika?

Satu teori menyebutkan bahwa orang-orang kabur dari api para dewa, yaitu letusan gunung berapi mengerikan. Gunung mendadak meletus dan lava membanjiri lerengnya. Seluruh kota terkubur dan sungai-sungai terbendung. Lahan-lahan pertanian musnah dan mengalami kehancuran total.

Saat mencari tempat aman, orang-orang yang selamat berhamubran menuju tempat yang akan dikenal sebagai Teotihuacan. Tapi kota itu adalah misteri di dalam misteri. Mengapa semua orang berlari ke tempat yang tandus ini? Padahal terdapat situs lain yang lebih jauh dari gunung berapi, dengan tanah yang lebih subur dan lebih banyak hujan.

Para pengungsi pasti tertarik ke lokasi ini karena ada sesuatu. Atau mungkin ada pemimpin berwibawa yang mengatur populasi pengungsi ini menjadi tatan baru, keharmonisan baru dengan semesta dan kosmos.

Orang yang hubungannya sangat kuat pada kekuatan suci yang disukai para dewa. Pemimpin berwibawa itu kemudian berencana membuat persembahan besar untuk para dewa dari gunung berapi. Dimana unsur-unsur bangunan persembahan terdiri dari unsur yang membunuh keluarga mereka dan menghancurkan kota mereka dulu. Mereka akan membangun gunung berapi buatan manusia yaitu piramida.

Kemudian sebuah kota dan cara hidup baru pun telah lahir. Piramida-piramida menghantarkan jaman baru, masa dengan tatanan dan harapan masa depan. Piramida-piramida raksasa yang masih tersisa hingga hari ini hanyalah merupakan suatu saksi bisu dari kejayaan di Teotihuacan. Para wisatawan datang dari mana-mana ke tempat yang luar biasa ini.


Teotihuacan merupakan adikuasa pertama di Benua Amerika, keajaiban dunia kuno yang lahir dari bencana, dan dibangun oleh sejumlah pengungsi. Selama berabad-abad, keberhasilan mereka menarik orang untuk hidup dalam bayang-bayang piramida. Hingga bencana misterius lainnya entah bagaimana menghancurkan mimpi itu.

Apakah yang sebenarnya terjadi di Teotihuacan dimasa lalu sehingga penduduknya bisa lenyap tak berbekas seperti itu? Rahasianya terletak di jantung piramida-piramida itu sendiri. Di Puncak abad 4 M, tak ada tempat di bumi seperti Teotihuacan. Pada masa itu, Kerajaan Besar di Mesir sudah lama runtuh, Peradaban Klasik di Yunani telah memudar, Kekaisaran Roma sudah lama dijatuhkan kaum Bar-bar.

Namun di belahan dunia lain, Teotihuacan sedang mencapai puncak kejayaannya. Beberapa hal penting yang terjadi di bumi, terjadi di Teotihuacan ini. Populasi saat itu membengkak dan mencapai 200 ribu jiwa, ini menjadikan Teotihuacan tak ada tandingannya di Mesoamerika maupun di dunia.

Kota ini mengendalikan rute niaga dari Arizona sekarang hingga El Salvador, kekuasaanya membentang di seluruh Mesoamerika. Untuk membandingkan bagaimana keramaian Teotihuacan pada masa silam maka bandingkanlah dengan beberapa kota modern masa kini seperti New York, London, dll.

Teotihuacan bisa digambarkan sebagai kota modern masa silam, imigran beruduyung-duyung datang untuk mencari penghidupan baru. Bisa dikatakan, orang dari seluruh Mesoamerika datang untuk hidup di kota piramida ini. Piramida-piramida diibaratkan sebagai pencakar langit yang mengisyaratkan kekuasaan dan dominasi.

Tafsiran Arkeologis menyebutkan bahwa kemungkinan terbesar mengapa kota itu ditinggalkan adalah adanya penemuan-penemuan mengerikan di jantung setiap piramida. Nantinya, tulang-belulang yang berserakan di dalamnya akan menyibak sifat asli dari Kota Besar ini. Mungkin merupakan kunci mengapa megakota yang begitu kuat dan mulia ini akan ditinggalkan oleh orang-orang yang membangunnya.

Jauh di dalam kota terdapat bukti akan sisi lain dari Teotihuacan yang amat berbeda. Mungkin juga penuh kekerasan seperti Suku Maya atau Aztec, Teotihuacan juga punya masa lalu kelam dan berdarah.

Saburo Sugiyama, Seorang Arkeologi yang telah bertahun-tauhn meneliti Artifak di Teotihuacan mendapatkan penemuan aneh jauh di dalam Piramida Bulan. Tualng belulang manusia berserakan muncul dari dalam tanah dan nampaknya tempat tersebut bukan merupakan penguburan normal. Kerangka-kerangka manusia itu terpenggal, lengan-lengan mereka diikat di punggung. Sesuatu yang keras, kelam dan mengerikan tentulah pernah terjadi disini.

Ahli antropologi forensik, Michael Spence, yakin bahwa ia bisa tahu kisah sebenarnya orang-orang itu meninggal. Kerangka-kerangka manusia itu dulunya adalah koraban persembahan. Mereka mengorbankannya dengan mengikat lalu memukulinya minimal dua kali.

Untuk menjaga kemakmuran kota piramida, nyawa mereka dipersembahkan untuk para dewa. Teotihuacan sebenarnya juga bukanlah merupaklan kota yang damai dan harmonis, mata uangnya adalah darah manusia. Teotihuacan juga dikatakan sering berperang, dan mereka memuaskan dewa-dewa mereka dengan darah para tawanan perang.

Tapi entah kenapa, di puncak kejayaannya dan pengaruhnya ada yang tak beres. Darah saja tak cukup, para dewa mengkhianati kota piramida. Selama lebih dari 5 abad kota ini berkembang, lalu disekitar abad 6 ia runtuh dan pusat kota yang suci itupun ditinggalkan. Sangat sulit dibayangkan mendadak kota ramai seperti New York misalnya ditinggalkan para penduduknya dalam waktu yang sangat cepat, begitupula Teotihuacan.

Hilangnya para pembangun piramida ini adalah misteri besar yang bisa diselesaikan dengan petunjuk terkecil. Bukan dari piramidanya tapi dari gigi yang dikumpulkan dari kuburan kuno, sebab gigi termasuk cara terbaik memahami kesehatan seseorang. Gigi yang kuat menandakan kesehatan yang bagus, namun gigi yang ditemukan disini menunjukkan semuanya tidak baik.

Di tahun-tahun terakhir kemansyuran kota itu, kesehatan penduduk tak sebaik sebelumnya. Sebab dari penurunan kesehatan ialah popularitas piramida itu sendiri. Terlalu banyak orang datang untuk hidup dalam bayangna perlindungannya. Kota ini menjadi sekumpulan jalanan padat, rawan penyakit dan bau buangan kotoran.

Tak ada cukup makanan atau air minum sehingga menjadikan manusia hidup tidaklah panjang di Teotihuacan. Piramia-piramida itu terlalu sukses sehingga tidak menyadari bahwa kota ini tumbuh menuju titik kehancuran. Tumbuh perpecahan antara orang kaya dan miskin.

Jalan utama kota saat itu menjadi wilayah terlarang bagi rakyat jelata. Lalu ada bencana terakhir yang tak bisa dicegah yaitu kekeringan. Kebutuhan akan hujan sangat mendesak, para pendeta bahkan membunuh bayi-bayi di kota itu dengan harapan air mata bayi dapat mendatangkan hujan.

Para ilmuwan dulu percaya saat runtuh dari dalam, kota itu juga diserang dan dimusnahkan oleh bangsa lain. Tapi ada sedikit bukti kekuasaan yang cukup besar diwilayah itu untuk menyerang dan mengalahkan kota selemah Teotihuacan.
Teotihuacan pasti menghancurkan diri, lahir dari ketakutan akan gunung berapi, kota ini akan mati dalam api. Hampir 15 abad kemudian, bukti masih terlihat di dinding piramida dan kuil yaitu tanda-tanda pembakaran.

Apinya begitu panas hingga menghanguskan batu. Mungkin terjadi secara spontan pada suatu malam, saat ritual suci pengorbanan memohon hujan atau makanan. Menurut suatu teori, warga kota bangkit memberontak dan membakar lambang kejayaan mereka dulu.

Dan mereka percaya, dari seluruh penderitaan mereka bersumber pada piramida-piramida yang terletak di kota mereka. Petunjuk menarik mendukung teori ini, yaitu bukti samar kerusakan akibat api di 2000 kompleks apartemen di Teotihuacan.

Tapi teori lain jauh lebih aneh dan bahkan lebih menakutkan. Para arkeologis mendapati bukti tumpukan kayu hangus di reruntuhan kuil. Sisa-sisa api unggun besar dan bukan disebabkan oleh sebuah kekacauan, tapi sesuatu yang direncanakan. Pelakunya mungkin para pendeta yang melayani para dewa dan piramida.

Mereka menganggap kejayaan Teotihuacan sudah berlalu, sehingga kediaman kekuasaansuci, lahan suci dari jalan kematian harus dibasmi. Mereka membakar kuil yang ada di puncak piramida, dan menghancurkan pahatan dewa-dewa mereka.

Para pendeta merusak ikatan suci antara kota dan kosmos selamanya. Bak gunung berapi membara, kuil di puncak piramida terbakar. Pesan terakhir bagi para dewa, Teotihuacan sudah mati. Seiring waktu berjalan, para penduduk dengan cepat pula meninggalkan kota besar yang telah “sekarat” tersebut.

sumber
SelengkapnyaDISINI...

di Yahoo Auction, Bumi juga Dijual

Diposting oleh GaBohong



Di era yang canggih ini, banyak orang yangmemanfaatkan internet untuk melakukan transaksi. Salah satu transaksi yangsetiap hari dilakukan adalah transaksi jual beli. Sebut saja eBay dan YahooAuction, kedua situs ini setiap hari dijadikan media untuk menjual dan membeli.eBay dan Yahoo Auction adalah pasar tempat melelang atau menjual apapun diDunia maya.




Karena para penjual bebas menjual apapun yangdimilikinya maka tak heran serigkali kedua situs tersebut di penuhi denganbenda-benda aneh dan tak masuk akal yang akan di jual. Jika sebelumnya ada kakiprajurit perangsipil AS, Kotoran burung yang menyerupai wajah Michael Jacksonhingga para fans Belgia yang di jual, kini yang tak kalah aneh atau lebihtepatnya sangat aneh adalah planet kita, bumi di jual di Yahoo Auctions.Seorang pria asal Jepang mengkalim bahwa ia telah di berikan bumi oleh Allahmelalui mimpinya. Selama ini ia memtuskan untuk menjual bumi karena ia masihmemiliki cukup uang. Namun karena terhimpit masalah ekonomi, kini ia memutuskanuntuk, menjual bumi kita ini. Harga yang di tawarkan pria tersebut untuk sebuahbumi yang sangat besar tidak terbilang mahal hanya $ 0,86 USD. Tapi karenasemakin banyaknya penawaran, kini harga bumi naik menjadi $ 123.000.000.Kedengarannya ini sangat mustahil, karena seperti yang kita ketahui, bumiadalah milik bersama. Namun masih banyak orang-orang yang melakukan penawaranterhadap pelelangan ini. Sang penjual pun mengizinkan siapa saja melakukanpenawaran terhadap bumi yang dilelangnya ini hanya saja setiap mereka yangmemberikan penawaran harus menyertai komentar alasan mereka ingin memilikibumi. Dan bagi mereka alasannya tak masuk akal atau hanya sebuah leluconpenjual langsung membloknya. Jika lelucon tersebut semakin banyak maka penjualakan mengelagi pelangan dengan harga awal


sumber
SelengkapnyaDISINI...

Inilah Tukang Post Tercepat di Dunia

Diposting oleh GaBohong


Chris Maddocks (55) merupakan seorang mantan atlet Olimpiade tim nasional Inggris untuk cabang atletik (Jalan cepat). Chris selalu ditunjuk untuk mewakili timnas Inggris di Olimpiade dari cabang atletik.

Olimpiade Los Angeles 1984 merupakan awal dari perjalanan karir Chris di dunia atletik. Namun siapa yang menyangka atlet ini kini bekerja sebagai pengantar surat (post man) di perusahaan Royal Mail.



Chris mengungkapkan bahwa beberapa teman kerjanya hampir tidak mempercayai bahwa Chris memiliki latar belakang sebagai atlet nasional Inggris. Tahun 2002 Chris memutuskan untuk meninggalkan karirnya dari dunia atletik, ia melanjutkna karirnya sebagai reporter olahraga di salah satu stasiun TV sebelum ia bekerja sebagai pengantar surat (post man) di Royal Mail.

Beberapa rekan kerjanya menjuluki Chris sebagai tukang post tercepat. Chris pernah mencatat rekor dengan berjalan sejauh 50 Km dengan memakan waktu 3 jam 51 menit 37 detik dengan kecepatan rata-rata sekitar 13km/jam (8mph).

SelengkapnyaDISINI...

Rumah Tertua di Dunia Ditemukan

Diposting oleh GaBohong


Rumah prasejarah Skotlandia telah ditemukan saat eskavasi di wilayah Edinburgh, Skotlandia. Rumah ini diperkirakan berdiri pada masa Mesolitikum pada 10.252 tahun yang lalu. Dari uji radiokarbon yang dilakukan, peneliti memperkirakan bahwa ini adalah rumah tertua yang ditemukan di Skotlandia.

"Penemuan ini, khususnya hasil analisa dari laboratorium menambah informasi yang sangat berguna bagi peneliti tentang penduduk dan bangunan awal Skotlandia 10.000 tahun lalu," ungkap Arkeolog Senior, Rod McCullagh. Pada situs tersebut, ditemukan beberapa hal selain lubang pos, seperti titik api, busur panah, dan perkakas prasejarah.

Arkeolog percaya, rumah ini tidak ditempati sepanjang tahun, tetapi hanya saat musim dingin datang. Hal ini karena peneliti juga menemukan buah kemiri dalam jumlah besar di dalam tempat penyimpanan rumah. Project Manager Eskavasi, Ed Bailey mengatakan, "Penemuan sejenis ini langka dan situs ini telah memberikan kita kesempatan untuk mengembangkan pemahaman kita tentang manusia prasejarah."

Ed menambahkan bahwa dengan penemuan ini, gaya hidup Mesolitikum akan terjabarkan lebih detail. "Segala penemuan dan bukti yang dianalisa secara arkeologis dan palaeoenviromental akan membantu kita mengumpulkan teka teki dan gambar detail tentang Mesolitikum," tambahnya.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

4 Orang yang Mengaku Melintasi Mesin Waktu

Diposting oleh GaBohong

Pergi melintasi waktu ke masa depan atau masa lalu menjadi impian setiap orang. Siapa yang tak mau merubah kegagalan di masa kini bila dapat mencegahnya di masa lalu? Atau, seperti apa kondisi dunia di masa depan?


Berbagai film fiksi ilmiah pun banyak yang mengangkat mimpi manusia ini. Contohnya saja Back to The Future dan Terminator yang begitu dikenal. Pertanyaannya, apakah mungkin manusia melakukan perjalanan melintasi waktu? 4 orang di bawah ini mengaku pernah melakukannya.


1. Andrew D. Basiago

Basiago adalah seorang pengacara yang juga anggota MENSA. Ia mengklaim dirinya pernah pergi dengan mesin waktu. Menurutnya, di tahun 60-an dan 70-an pihak militer Amerika Serikat membuat proyek rahasia "Project Pegasus". Dan Basiago terpilih untuk pergi menjelajahi waktu dalam mesin yang telah dibuat.


Petualangan Basiago sampai ke masa 1 juta SM melihat kehidupan dinosaurus. Lalu pergi ke tahun 2045 mengambil mikrofilm penting. Ia juga mengaku pernah menjemput Barack Obama saat masih sekolah.


Semua terdengar seperti kisah fiksi menggelikan. Anehnya, dalam salah satu perjalanan waktu Basiago mengaku pernah ke masa awal Amerika dan bertemu Abraham Lincoln terkait dengan alamat Gettysburg. Bukti tersebut ia rekam dengan kamera. Coba lihat pada foto berikut ini.





2. William Stillings

Bila ada Batman, pasti ada Robin. Nah, peran William Stillings bisa dibilang sebagai 'Robin' bagi Andrew Basiago.


Stillings mengaku bersama Basiago terdaftar dalam program DARPAdi tahun 80-an. Mereka berdua lalu dikirim ke Planet Mars dengan mesin khusus yang bisa 'melompat' begitu cepat. Mudahnya, kamu sudah menonton film Jumper? Begitulah kira-kira, pergi ke tempat lain dalam sekejap mata.


Pengakuan Stillings mengemuka bulan September 2011 silam. Menurutnya, setelah tiga puluh tahun berlalu ia dan Basiago melakukan reuni dan saling berbagi kenangan saat melintasi waktu bersama-sama.


Rupanya tak cuma mereka berdua yang 'pernah' pergi ke Mars. Masih ada 100 ribu orang lainnya yang ikut program DARPA. Masalahnya, CIA menggunakan obat-obatan tertentu yang bisa menghapus memori mereka. Wah, jadi mirip film Men In Black...


3. John Titor

Awal tahun 2000 dunia internet gempar oleh pengakuan John Titor yang mengaku datang dari masa depan. Menurut Titor, ia seorang tentara Amerika dari tahun 2036 yang kembali masa sekarang untuk mengambil komputer IBM lama karena harus men-debug programnya agar tak menjadi masalah di masa depan.


Titor mengatakan di tahun 2015 nanti akan terjadi Perang Dunia III. Rusia akan meluncurkan serangan nuklir terhadap Amerika, Cina dan Eropa. Ia juga sempat memperingatkan akan terjadi perang sipil di Amerika tahun 2008 seperti yang pernah terjadi dulu. Nyatanya, ucapan Titor tak terbukti.


4. James Burda

Sebelum membahas James Burda, kita perlu ketahui dulu tentang chiropractor. Yakni termasuk dalam pengobatan alternatif, yang mana berkonsentrasi masalah penyembuhan dengan terapi pada tulang belakang, persendian, dan jaringan lunak.


Kembali pada kisah James Burda, ia mengaku memiliki keahlian chiropactor dan dapat menyembuhkan segala penyakit dengan kekuatan yang diperolehnya: dari perjalanan waktu.


Burda tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit seseorang, lebih jauh ia bisa melihat ke saat sang pasien mengalami penyebab cedera. Dengan cara ini, Burda bisa memilih metode terbaik guna kesembuhan si pasien. Bukan itu saja, ia pun bisa menyembuhkan pasien dari jarak jauh tanpa perlu bertemu.


Pengakuan Burda ditentang oleh Dewan Chiropactors di Ohio, dan ijin prakteknya pun dicabut. Meskipun ada klaim bahwa sembilan dari sepuluh pasien puas dengan pelayanannya.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ada Danau Tengkorak di Himalaya

Diposting oleh GaBohong

Terselip di sudut terpencil di Himalaya pada ketinggian 5.029 meter (16.500 kaki) di negara India Uttarakhand, Roopkund memegang misteri yang telah menarik generasi busters mitos. Lebih dikenal sebagai 'Danau Tengkorak' sejak penjaga taman nasional datang ke tempat ini dan menemukan sebuah kuburan massal berisi sekitar 300-600 kerangka. Setelah penemuan mengagumkan tahun 1942 ini , danau tengkorak Roopkund telah menghasilkan sensasi fenomenal. Sebuah danau beku yang jauh dan tak dihuni, yang membutuhkan empat hari perjalanan untuk mencapainya dari lokasi desa yang terdekat, telah menjadi hotspot untuk studi dan spekulasi baru.



Proses penanggalan karbon dilakukan pada kerangka kerangka ini mengungkapkan bahwa kerangka kerangka manusia ini mati sekitar abad ke-12 sampai 15. Pada dasarnya, diasumsikan bahwa kematian tersebut disebabkan oleh beberapa bentuk bencana alam seperti longsor, badai salju atau epidemi. Namun, kontroversi, masih berkembang hingga saat ini dikalangan penduduk lokal, antropolog dan sosiolog.


Sebagian orang menghubungkannya dengan cerita rakyat lokal. Yang Lain memperkirakan bahwa kerangka kerangka tersebut berasal dari berbagai sebab seperti orang-orang dari Tibet yang mengembara atau pedagang yang telah tersesat, dan orang yang melakukan bunuh diri ritual, serta tentara yang kalah, dll.


Pada tahun 2004, sebuah tim ilmuwan Eropa dan India dikirim oleh National Geographic Channel mengunjungi Roopkund untuk melanjutkan penelitian. Penelitian mereka telah menggali petunjuk menarik dan informasi. Bagian dari temuan mereka termasuk harta antropologis seperti mayat yang terawat baik, perhiasan, tulang dan tengkorak.




Dengan melakukan tes DNA pada kerangka kerangka ini para ahli telah menemukan bahwa kerangka kerangka ini milik dua kelompok yang berbeda. Satu kelompok ditandai dengan perawakannya lebih pendek dilihat dari kerangkanya sementara yang lain secara signifikan lebih tinggi. Kelompok pertama kemungkinan adalah pengrajin lokal atau porter, sementara yang termasuk kelompok kedua kemungkinan anggota dari klan yang sama dengan kelompok pertama.


Penanggalan radiokarbon yang lebih baru yang dilakukan tim NGC, mengungkapkan bahwa telah ada kesalahan data kronologis pada penanggalan yang dilakukan sebelumnya. Kerangka kerangka ini dianggap berasal dar abad ke 9. Para ilmuwan dari London dan Hyderabad memeriksa tengkorak untuk mengetahui apakah kerangka kerangka tersebut mengalami patah tulang, yang mereka anggap sebagai hasil dari hujan badai yang disertai bola bola es (hailstorm) secara tiba-tiba. Bola es yang terjadi disini volumenya luar biasa besar - rata-rata seukuran bola tenis.




Tidak heran bahwa siapa pun yang terkena Hailstorm di Garhwal Himalaya tanpa ampun akan binasa. Udara beku dan hantaman bola bola es besar memberikan kontribusi terhadap holocaust mereka. Dan diperkirakan bahwa lebih dari satu longsor telah melanda Roopkund sejak kematian orang orang itu. Longsor inilah yang mengubur beberapa mayat ke dasar danau, dimana mayat mayat tersebut masih ditemukan utuh, terawetkan di bawah es.


Jika pun teori penyebab kematian tragis ini benar, ada satu pertanyaan lagi yang menyusul dan membingungkan. Yaitu tentang kemana orang-orang ini pergi. Roopkund bukanlahh sebuah daerah historis signifikan dan tidak ada jejak dari setiap rute perdagangan ke Tibet telah ditemukan disini. Roopkund juga bukani situs untuk ziarah yang menarik sekelompok besar orang.


Namun, film dokumenter 'Danau Tengkorak' yang dibuat oleh National Geographic Channel (NGC) telah mementahkan asumsi ini. Di Film ini NGC mengklaim bahwa Roopkund adalah tempat untuk festival agama Garhwali yang disebut 'Nanda jaat yatra' yang diadakan di setiap 12 tahun. Sebuah prosesi yang terdiri dari seekor domba jantan bertanduk empat yang baru lahir dianggap sebagai titisan seorang Dewi diarak dari desa terdekat dan dibawa menuju Roopkund.


Kemungkin kerangka kerangka di danau ini adalah mereka para pemuja yang berpartisipasi dalam prosesi massal beberapa abad yang lalu. Dari cerita rakyat, mengatakan bahwa seorang raja tertentu telah berpartisipasi dalam ritual 'yatra' dengan membawa para penari perempuan. Ini telah menyinggung Nanda Sang Dewi, sehingga menimpakan hailstorm kepada mereka.


Cerita rakyat tersebut mungkin hanyalah dongeng belaka, tetapi sangat mungkin bahwa setidaknya tubuh yang lebih tinggi adalah tubuh para anggota kerajaan dan tubuh yang lebih pendek, yang terserak di seluruh danau adalah porter lokal - semuanya tewas terkena hailstorm. Apapun penyebab kematian mereka - tidak ada yang benar benar tahu apa yang menyebabkan begitu banyak orang melakukan sebuah perjalanan yang jauh dan melelahkan berabad abad lalu.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Berbagai Jenis Orang Albino di Dunia

Diposting oleh GaBohong


Albino (dari bahasa Latin albus yang berarti putih), disebut juga hypomelanism atau hypomelanosis, adalah salah satu bentuk dari hypopigmentary congenital disorder. Ciri khasnya adalah hilangnya pigmen melanin pada mata, kulit, dan rambut (atau lebih jarang hanya pada mata). Albino timbul dari perpaduan gen resesif. Ciri-ciri seorang albino adalah mempunyai kulit dan rambut secara abnormal putih susu atau putih pucat dan memiliki iris merah muda atau biru dengan pupil merah (tidak semua).

Jumlah manusia penderita albino di seluruh dunia beragam. Albino di Tanzania, Afrika Timur, adalah negara yang memiliki penderita Albino terbanyak di dunia, yakni sekitar 200.000 jiwa. Ini sama halnya lebih banyak dari penderita di negara lain. Disebagian besar negara, penderita albino hanya sekitar 1 orang per 20.000 penduduk. Sedangkan di Denmark, sekitar 1 orang penderita per 60.000 penduduk. Dan di Afrika, 1 orang penderita albino per 5000 penduduk.


Penyebabnya
Albino adalah kelainan genetik, bukan penyakit infeksi dan tidak dapat ditransmisi melalui kontak, tranfusi darah, dsb. Gen albino menyebabkan tubuh tidak dapat membuat pigmen melanin. Sebagian besar bentuk albino adalah hasil dari kelainan biologi dari gen-gen resesif yang diturunkan dari orang tua, walaupun dalam kasus-kasus yang jarang dapat diturunkan dari ayah/ibu saja. Ada mutasi genetik lain yang dikaitkan dengan albino, tetapi semuanya menuju pada perubahan dari produksi melanin dalam tubuh.

Albino dikategorikan dengan tirosinase -positif atau -negatif. Dalam kasus dari albino tirosinase positif, enzim tirosinase ada, namun melanosit (sel pigmen) tidak mampu untuk memproduksi melanin karena alasan tertentu yang secara tidak langsung melibatkan enzim tirosinase. Dalam kasus tirosinase negatif, enzim tirosinase tidak diproduksi atau versi nonfungsional diproduksi.


Albino tidak terpengaruh gender, kecuali ocular albino (terkait dengan kromosom X), sehingga pria lebih sering terkena ocular albino. Karena penderita albino tidak mempunyai pigmen melanin (berfungsi melindungi kulit dari radiasi ultraviolet yang datang dari matahari), mereka menderita karena sengatan sinar matahari, yang bukan merupakan masalah bagi orang biasa.

Jenis-Jenis Albino
Ada dua kategori utama dari albino pada manusia :

1.Oculocutaneous Albinism


Oculocutaneous albinism (berarti albino pada mata dan kulit), kehilangan pigmen pada mata, kulit, dan rambut.

2.Ocular Albinism


Ocular albinism, hanya kehilangan pigmen pada mata. Orang-orang dengan oculocutaneous albinism bisa tidak mempunyai pigmen dimana saja sampai ke tingkat hampir normal. Orang-orang dengan ocular albinism mempunyai warna rambut dan kulit yang normal, dan banyak dari mereka mempunyai penampilan mata yang normal.

3.Recessive Total Albinism


4.Albinism black lock cell migration disorder syndrome (ABCD)


5.Albinism deafness syndrome (ADFN)


Hanya tes genetik satu-satunya cara untuk mengetahui seorang albino menderita kategori yang mana, walaupun beberapa dapat diketahui dari penampilannya.

Gejala gejala Albino
Dengan test genetik, dapat diketahui apa seseorang itu albino berikut variasinya, tetapi tidak ada keuntungan medis kecuali pada kasus non-OCA disorders yang dapat menyebabkan albino disertai dengan masalah medis lain yang dapat diobati.

Umumnya kelainan mata pada penderita albino adalah sebagai berikut :
• Nystagmus, pergerakan bola mata yang irregular dan rapid dalam pola melingkar
• Strabismus ("crossed eyes" or "lazy eye").
• Kesalahan dalam refraksi seperti miopi, hipertropi, dan astigmatisma.
• Fotofobia, hipersensitivitas terhadap cahaya
• Hipoplasi foveal – kurang berkembangnya fovea (bagian tengah dari retina)
• Hipoplasi nervus optikus – kurang berkembangnya nervus optikus.
• Abnormal decussation (crossing) dari fiber nervus optikus pada chiasma optikus.
• Ambliopia, penurunan akuisitas dari satu atau kedua mata karena buruknya transmisi ke otak, sering karena kondisi lain seperti strabismus.

Hilangnya pigmen juga membuat kulit menjadi terlalu sensitif pada cahaya matahari, sehingga mudah terbakar, sehingga penderita albino sebaiknya menghindari cahaya matahari atau melindungi kulit mereka.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Menguak Misteri Keberadaan Makhluk Halus

Diposting oleh GaBohong

Pada kenyataannya banyak orang yang tertarik menelaah pada dunia mahkluk halus, barang kali mereka mendengar beberapa cerita atau membaca tulisan atau dari buku-buku.

Bagi orang yang telah mencapai ilmu sejati dalam kejawen atau mungkin yang sudah menguasai metafisika, dunia mahkluk halus itu biasa adanya, bukannya omong kosong. Dibawah ini digambarkan informasi dari dunia-dunia mereka versi kejawen,dimana ( lebih dari satu dunia ) paling tidak yang terjadi ditanah Jawa.



Banyak ahli kejawen mempunyai pendapat yang sama bahwasanya di dalam dunia yang satu dan sama ini, sebenarnya dihuni oleh tujuh macam alam kehidupan, termasuk alam yang dihuni oleh manusia.

Di dunia ini memiliki tujuh saluran kehidupan yang ditempati oleh bermacam-macam mahkluk. Mahkluk-mahkluk dari tujuh alam tersebut, pada prinsipnya mereka mengurusi alamnya masing-masing, aktivitas mereka tidak bercampur setiap alam mempunyai urusannya masing-masing. Dari tujuh alam itu hanyalah alamnya manusia yang mempunyai matahari dan penduduknya yang terdiri dari manusia, binatang dan lain-lain mempunyai badan jasmani.

Penduduk dari 6 alam yang lain mereka mempunyai badan dari cahaya (badan Cahya) atau yang secara populer dikenal sebagai mahkluk halus – wong alus – mahkluk yang tidak kelihatan.

Di 6 alam itu tidak ada hari yang terang berderang karena tidak ada matahari. Keadaannya seperti suasana malam yang cerah dibawah sinar bulan dan bintang-bintang yang terang, maka itu tidak ada sinar yang menyilaukan seperti sinar matahari atau bagaskoro (Jawa halus)

Konon Ada 2 macam mahkluk halus :

Mahkluk halus asli yang memang dilahirkan – diciptakan sebagai mahkluk halus.
Mahkluk halus yang berasal dari manusia yang telah meninggal. Seperti juga manusia ada yang baik dan jahat, ada yang pintar dan bodoh.

Mahkluk-mahkluk halus yang asli mereka tinggal di dunianya masing-masing, mereka mempunyai masyarakat maka itu ada mahkluk halus yang mempunyai kedudukan tinggi seperti Raja-raja, Ratu-ratu, Menteri-menteri dll, sebaliknya ada yang berpangkat rendah seperti prajurit, pegawai, pekerja dll.
Inilah kenyataannya yang bukan hanya merupakan ilusi atau bayangan semata, alam lain itu antara lain :

1. Merkayangan
Kehidupan di saluran ini hampir sama seperti kehidupan di dunia manusia, kecuali tidak adanya sinar terang seperti matahari.

Dalam dunia merkayangan mereka merokok, rokok yang sama seperti dunia manusia, membayar dengan uang yang sama, memakai macam pakaian yang sama, ada banyak mobil yang jenisnya sama di jalan-jalan, ada banyak pabrik-pabrik persis seperti di dunia manusia.

Yang mengherankan adalah, mereka itu memiliki tehnologi yang lebih canggih dari manusia, kota-kotanya lebih modern ada pencakar langt, pesawat-pesawat terbang yang ultra modern dll.

Ada juga hal-hal yang mistis di dunia Merkayangan ini, kadang-kadang bila perlu ada juga manusia yang diundang oleh mereka antara lain untuk: melaksanakan pertunjukkan wayang kulit, menghadiri upacara perkimpoian, bekerja di batik, rokok dan manusia-manusia yang telah melakukan pekerjaan di dunia tersebut, mereka itu dibayar dengan uang yang syah dan berlaku seperti mata uang di dunia ini.

2. Jin-Siluman
Mahkluk halus ini konon suka tinggal didaerah yang ber air seperti di danau-danau, laut, samudera dll, masyarakat siluman diatur seperti masyarakat jaman kuno. Mereka mempunyai Raja, Ratu, Golongan Aristokrat, Pegawai-pegawai Kerajaan, pembantu-pembantu, budak-budak dll. Mereka bisa tinggal di Keraton-keraton, rumah-rumah bangsawan, rumah-rumah yang bergaya kuno dll.

Kalau orang pergi berkunjung ke Solo-Yogyakarta atau jawa Tengah, orang akan mendengar cerita tentang beberapa siluman antara lain: Kanjeng Ratu Kidul – Ratu Laut Selatan, Ratu legendaris, berkuasa dan amat cantik, yang tinggal di istananya di Laut Selatan, dengan pintu gerbangnya Parangkusumo.
Parangkusumo ini terkenal sebagai tempat pertemuan antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul, dalam pertemuan itu, Kanjeng Ratu Kidul berjanji untuk melindungi semua raja dan kerajaan Mataram.

Beliau mempunyai seorang patih wanita yang setia dan sakti yaitu Nyai Roro Kidul, kerajaan laut selatan ini terhampar di Pantai Selatan Pulau Jawa, di beberapa tempat kerajaan ini mempunyai Adipati.

Seperti layaknya disebuah negeri kuno di kerajaan laut selatan ini juga ada berbagai upacara, ritual dll dan mereka juga mempunyai angkatan perang yang kuat. Sarpo Bongso-Penguasa Rawa Pening.

Sebuah danau besar yang terletak di dekat kota Ambarawa antara Magelang dan Semarang. Sarpo Bongso ini siluman asli, yang telah tinggal di telaga itu untuk waktu yang lama bersama dengan penduduk golongan siluman. Sedangkan kanjeng Ratu Kidul bukanlah asli siluman, beberapa abad yang lalu beliau adalah seorang Gusti dikerajaan di Jawa, tetapi patihnya Nyai Roro Kidul adalah siluman asli sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

3. Kajiman
Mereka hidup dirumah-rumah kuno di dalam masyarakat yang bergaya aristokrat, hampir sama dengan bangsa siluman tetapi mereka itu tinggal di daerah-daerah pegunungan dan tempat-tempat yang berhawa panas. Orang biasanya menyebut merak Jim.

4. Demit
Bangsa ini bertempat tinggal di daerah-daerah pegunungan yang hijau dan lebih sejuk hawanya, rumah-rumah mereka bentuknya sederhana terbuat dari kayu dan bambu, mereka itu seperti manusia hanya bentuk badannya lebih kecil.

Disamping masyarakat yang sudah teratur seperti Merkayangan, Siluman, Kajiman, dan Demit masih ada lagi dua menjelaskannya lebih detail, secara singkat kedua masyarakat itu adalah untuk mereka yang jujur, suci dan bijak. Mahkluk halus yang tidak sempurna.

Disamping tujuh macam alam permanen tersebut, ada sebuah saluran yang terjepit, dimana roh-roh dari manusia-manusia yang jahat menderita karena kesalahan yang telah mereka perbuat pada masa lalu, ketika mereka hidup sebagai manusia.

Manusia yang salah itu pasti menerima hukumaan untuk kesalahan yang dilakukannya, hukuman itu bisa dijalani pada waktu dia masih hidup di dunia atau lebih jelek pada waktu sesudah kehidupan (afterlife) diterima oleh orang-orang yang sudah melakukan: fitnah, tidak jujur, prewangan (orang yang menyediakan raganya untuk dijadikan medium oleh mahkluk halus), blackmagic, guna-guna yang membuat orang lain menderita, sakit atau mati dll, pengasihan supaya dikasihi oleh orang lain dengan cara-cara yang tidak wajar, membunuh orang, dll perbuatan yang nista.

Memuja berhala untuk menjadi kaya (pesugihan) yang dimaksud dengan berhala dalam kejawen bukanlah patung-patung batu, tetapi adalah sembilan macam mahkluk halus yang katanya, “suka menolong” manusia supaya menjadi kaya dengan kekayaan meterial yang berlimpah.

Pemujaan terhadap kesembilan mahkluk jahat itu merupakan kesalahan fatal, mereka itu bila dilihat dengan mata biasa kelihatan seperti:

Jaran Penoreh – kuda yang kepalanya menoleh kebelakang
Srengara Nyarap – anjing menggigit
Bulus Jimbung – bulus yang besar
Kandang Bubrah – kandang yang rusak
Umbel Molor – ingus yang menetes
Kutuk Lamur – sebangsa ikan, penglihatannya tidak terang
Gemak Melung – gemak, semacam burung yang berkicau
Codot Ngising – kelelawar berak
Bajul Putih – buaya putih.

Bagi mereka yang telah melakukan kesalahan dengan jalan memuja atau menggunakan “jasa-jasa baik“ berhala diatas, mereka tentu akan mendapat hukuman sesudah “kematiannya“ badan dan jiwa mereka mendapat hukuman persyaratan sangkan paraning dumadi (datang dari suci, di dunia ini hidup suci dan kembali lagi ke suci)

Berbagai macam hukuman sesudah kehidupan
Ini merupakan hukuman yang teramat berat, tidak ada penderitaan yang seberat ini, maka itu setiap orang harus berusaha untuk menghindarinya.

Bagaimana caranya? mudah saja: bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan melakukan perbuatan yang baik dan benar, berkelakuan baik, jujur, suka menolong, jangan menipu, jangan mencuri, jangan membunuh, jangan menyiksa, jangan melakukan hal-hal yang jelek dan nista.

Ada pepatah Jawa yang bunyinya “Urip iku mung mampir ngombe“ artinya hidup didunia ini hanyalah untuk mampir minum, itu artinya orang hidup didunia ini hanya dalam waktu singkat maka itu berbuatlah yang pantas/”bener”.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Rumah Terkecil di Dunia Hanya 1 Meter Persegi

Diposting oleh GaBohong

Karena ingin menyiasati krisis tempat tinggal, ide 'nyeleneh' diciptakan. Ide tersebut ialah rumah terkecil di dunia. Rumah mini tersebut hanya membutuhkan satu hari pengerjaan dan memiliki ukuran satu meter persegi.

Tapi nyatanya, rumah ini didesain senyaman mungkin. Ruang kecil di dalam bangunan kayu ini dapat direbahkan menjadi tempat tidur.

Sang arsitek, Van Bo Le-Mentzel kini memberikan cetak biru dari hasil penemuannya yang bernama One SQM, dan berharap akan meningkatkan pasar perumahan.

Ia berkata, "Aku ingin menawarkan orang-orang untuk membangun rumah sendiri. Anda bisa membawanya dan tinggal di taman, atau pinggir danau, atau di atas atap."
"Ini adalah rumah sungguhan. Anda bisa menambahkan pemanas, panel surya, dan toilet jika Anda mau."


Sang arsitek, Van Bo Le-Mentzel

Hanya dibutuhkan sebuah palu dan gergaji, ditambah 20 meter kayu, 200 sekrup, empat roda, satu kaca untuk jendela, dan pintu untuk membangun rumah 40kg ini.
One SQM telah dibangun 100 unit di seluruh dunia, termasuk Hong Kong dan Hollywood. Namun bukan berarti ide rumah ini diterima seluas dunia.

"Aku telah mendapatkan banyak kritik dari Amerika. Salah satu intinya adalah gaya hidup orang di sana yang (selalu) ekstra besar, sementara saya telah datang dengan alternatif ekstra kecil," pungkasnya.

Ya iyalah, di Indonesia juga susah diterima. Masa tempat tinggal manusia mau disamakan dengan kandang burung...


SUmber
SelengkapnyaDISINI...

Semua Karyawan Restoran ini Bisu Tuli

Diposting oleh GaBohong


Ada banyak cara untuk mengintegrasikan orang-orang dengan kebutuhan khusus ke dalam masyarakat, seperti yang dilakukan di Gaza Palestina ini.

Sebuah restoran baru telah hadir di jalur Gaza dan tentu saja bukan sembarang restoran karena restoran ini memperkerjakan semua stafnya dengan kondisi bisu-tuli.

Restoran baru ini memiliki 14 pelayan bisu-tuli, meski memiliki kebutuhan khusus para pelayannya telah menjalani kelas memasak selama delapan bulan terakhir.

Alih-alih menulis nama-nama makanan dan minuman, menu restoran ini terdiri dari tanda-tanda dan nomor untuk memudahkan komunikasi antara staf dan pelanggan, para pelanggan yang masuk ke restoran akan diperkenalkan dengan dunia bahasa isyarat.

Tujuan utama dari dibukanya restoran adalah dalam upaya membantu para penyandang cacat bisu-tuli – yang umumnya terpinggirkan di masyarakat – untuk menjadi anggota aktif dari masyarakat serta untuk menciptakan budaya penerimaan antara mereka dan orang lain, kata salah satu karyawan di asosiasi Atfalona (Our Children ) untuk bisu-tuli.

“Pada awalnya, kami khawatir tentang cara orang akan bereaksi terhadap gagasan ini namun ternyata para pelanggan akhirnya berhasil berurusan dengan staf restoran sehingga membuat kami terkejut.”

Dia menjelaskan bahwa restoran semakin banyak pelanggannya dan mereka berkomunikasi dengan pelayan dengan sangat baik meski dengan bahasa isyarat.

Salah satu staf menjelaskan dengan bahasa isyarat bahwa beberapa masalah komunikasi mungkin awalnya sering terjadi kesalahpahaman terkait pesanan makanan atau jumlah piring, tapi mereka berhasil mengatasinya dengan cepat.

Dalam upaya lain, staf restoran menghiasi restoran dengan ornamen yang terinspirasi oleh warisan budaya Palestina dalam mendorong pelanggan untuk sering datang berkunjung.

SUmber
SelengkapnyaDISINI...

Inovasi Transportasi Jadul Paling Konyo

Diposting oleh GaBohong



Penemuan-penemuan pada pertengahan abad ke-19 bisa dibilang dipenuhi inovasi-inovasi konyol. Bila agan-agan buka salah satu seri artikel “Popular Science” dari tahun 80an dan tahun-tahun di atasnya, agan-agan bakal nemuin banyak gadget dan alat transportasi yang sama gilanya ama yang digunain ama Coyote dalam serial kartun Road Runner. Berikut ke -10 inovasi transportasi tempo dulu terkonyol di dunia tersebut.

[h=3]Kereta Bayi Bermesin Uap (1922)[/h]




Kereta uap ini diciptakan pada tahun 1920 di Inggris. Kereta bayi uap ini sudah dilengkapi ama kanopi yang bakal ngelindungi bayi kesayangan agan agar terlindung dari matahari. Kalo soal kecepatan, kereta ini dapat mencapai 4 mil per jam yang mana sebenarnya tidak terlalu cepat bila agan-agan mau bikin usil ama bayinya.

Kereta uap ini dibuat dengan tagline “tak ada getaran mesin yang akan mengganggu buah hatimu!” yang bila diartikan dalam bahasa British adalah “kamu tak perlu mesin untuk membuat buah hatimu ketakutan setengah mati”. Loh kok?

[h=3]Perahu Darat (1924)[/h]


Perahu darat... ane sendiri keheranan ternyata ada yang menciptakannya *facepalm. Alat transportasi ini berbentuk seperti layaknya perahu, Namun dilengkapi roda di bawahnya. Tak diketahui siapa yang membuatnya, mungkin si doi malu karena hanya terjual tak lebih dari 6 buah dipasaran saat itu.

[h=3]Pesawat Berjalan (1934)[/h]



Bukan gan, ini bukan mobil yang bisa terbang. Meskipun headlinenya mengatakan ini setengah mobil setengah pesawat agan-agan jangan percaya! Transportasi aneh ini diciptakan oleh Professor T. Edward Moodie. Cara kerja pesawat berjalan atau apalah namanya ini pada saat kecepatan maksimum, roda depannya, ya cuma roda depannya, akan terangkat ke udara. Bagaimana dengan dua roda sisanya? Tenang, agan-agan bakal ngendaliin ni benda aneh dengan dua roda tersebut plus kaki agan. Heh~

[h=3]Roda Jumbo (1934)[/h]

Penggemar Yu-Gi-Oh! atau Jimmy Neutron pasti bakal tau. Yup, benda itu ternyata sudah dibuat -versi betanya- 78 tahun yang lalu oleh seorang engineer Austria. Tapi jangan dibayangin ni benda bisa bikin agan-agan percaya diri, malah sebaliknya, nih penemuan bisa bikin agan-agan kayak orang bego.

Agan-agan mungkin menyadari kalo tempat untuk menggerakkan roda raksasa ini terlalu kecil untuk dikayuh. Coba liat muka anak yang ada di gambar itu. Kesian banget jadi model penemuan yang gagal.

[h=3]Sepeda Berjalan (1934)[/h]

Kalo agan-agan kira ini hasil editan Sotoshop, maka agan salah. Pria yang memakai sepeda konyol pakai kaki itu benar adanya dan ini membuktikan kalo hipster sudah ada dari dulu kala! Sepeda ini diciptakan oleh orang Los Angeles (agan-agan bisa bilang dia cukup “miring”, tapi hei bukankah ini bisa menjadi solusi kemacetan di Jakarta? -meskipun bukan solusi pilihan pertama-). Oh ya, kalo agan-agan make ni sepeda maka agan-agan mesti siap-siap check-up ke dokter siapa tau tulang betis agan retak abis makai sepeda ini.

[h=3][/h] [h=3]Tobogan Jalanan (1936)[/h]

Tobogan jalanan adalah sebuah kendaraan konyol yang dioperasikan oleh 4 hingga 6 orang. Pada dasaranya, orang-orang yang nyiptain ni tobogan maunya bikin kendaraan keren yang lari kenceng hingga bisa nembus kecepatan 90 mil perjam. Tapi kenyataannya adalah sebuah karya yang bisa membahayakan -dan memalukan-. Lah wong gak ada remnya dijelasin di buku manualnya.

[h=3]Mobil Gasing (1939)[/h]

Pada tahun 30an, beberapa orang mulai memikirkan konsep terbaru dari model-model mobil yang ada saat itu. Orang-orang itu mempunyai pemikiran soal menyetir mobil, kalo bisa, juga memberi kesan menyenangkan. Maka lahirlah mobil gasing! Mobil itu diciptakaan oleh dua orang dari salah satu perusahaan manufaktur di kota New York saat itu. Unsur “fun”nya dari mobil gasing itu terletak pada tuasnya. Putar tuasnya dan siap-siap pusing ama mual-mual abis itu.

[h=3]Penopang Kaki Bayi (1939)[/h]

Agar para orang tua tidak malu ketika melihat anaknya lambat belajar berjalan, seseorang dari Swiss pun menciptakan alat ini dengan harapan agar para orang tua -yang berpikiran sempit- mau membeli alat ini. Alat ini terdiri dari dua kayu panjang yang diikatkan di kaki bayi agan ama kaki agan. Idenya adalah setiap agan-agan berjalan, maka bayi itupun akan ikut berjalan -harapannya-. Masalahnya agan-agan pasti tau, agan-agan mesti berjalan lambat kayak keong agar anak-anak agan aman pada saat pembelanjaran itu. Fail.

[h=3]Sepeda Keluarga (Dilengkapi Mesin Jahit!) (1939)[/h]

Sepeda konyol ini juga bisa disebut “Goofybike”. Penemunya adalah Charles Steinlauf -itu dia dan keluarganya di gambar itu!-. Kalo agan-agan liat, dia nempatin anak ceweknya di tempat yang sangat berbahaya kalo sepeda mereka berhenti tiba-tiba.

Orang-orang saat itu gak pernah tau kalo dia mempunyai pikiran untuk membuat sepeda seperti ini dan berniat untuk menjualnya atau cuma mau bikin sensasi buat keluarganya agar masuk di majalah dan diingat sepanjang masa -atas kekonyolannya-. Coba liat bagaimana istrinya sibuk menjahit di gambar itu. *DAFUQ

[h=3]Kendaraan Roda Dua Bertenaga Jet (1949)[/h]


Tahun 1949 tren mesin jet masih booming-boomingnya. Teknologinya pun masih dalam tahap awal dan wajarlah kalo pada zaman itu banyak yang gagal mempresentasikan penemuannya. Termasuk yang satu ini, seorang engineer muda membuat kendaraan yang memakai mesin jet sebagai motornya. Dilengkapi dengan motor jet customannya, kendaraan ini ternyata hanya dapat melaju kurang dari 70 mph pada tes perdananya. Penggunaan nama jet terlihat sia-sia di sini karena dibandingkan kendaraan sekarang, kendaraan tahun 49an itu lebih lambat 4 kali lipat dibandingkan kendaraan sekarang.

Nah itu dia gan, inovasi transportasi yang bisa dibilang cukup konyol yang pernah ada di dunia. Namun, gak bisa diipungkiri, tanpa inovasi-inovasi itu, kita gak bakal bisa liat alat-alat transportasi yang sebeken sekarang.

SUmber
SelengkapnyaDISINI...