.

10 Tanda Cinta Kamu Tak Berbalas

Diposkan oleh GaBohong

patah hatiHe loves me... he loves me not. He loves me... he loves me not... Ketimbang Anda bingung menebak dia juga ada hati pada Anda atau tidak, lebih baik baca artikel ini.

Di sini akan memberi 10 contekan pada Anda, tanda-tanda jika ternyata cinta Anda hanya bertepuk sebelah tangan. Sebelumnya, tarik nafas Anda dalam-dalam, sediakan tissue bila perlu, dan tetap tenang yah. Yuk mulai.

Tak ada kalimat "mau nggak jadi pacarku?"
Si dia selalu aktif bertanya tentang semua kegiatan Anda. Perhatian. Bahkan juga menjadi agak sedikit protektif soal kegiatan Anda di luar. Jujur, pasti ada rasa senang di dalam hati, karena ada yang memperhatikan dan (berpura-pura) memiliki. Tetapi... ada yang aneh. Dia tak pernah juga bertanya soal status atau komitmen. Dia hanya bersikap seperti pacar, tetapi bukan pacar.
Atau memang dia sedang menyibukkan diri dengan Anda sampai ada sosok yang disukainya datang?

Dia tak selalu membalas telepon
Beberapa kali Anda menelepon, ia tak membalasnya. Ia hanya menunggu sampai Anda meneleponnya lagi. Alasannya selalu sibuk. Pfftt...

Status socmednya tak pernah menyinggung Anda
Sesekali stalking socmednya. Perhatikan bagaimana status yang dipostingnya. Nah, benar kan, ia sibuk dengan dirinya sendiri. Ia tak pernah menyebut Anda atau sekedar menceritakan kegiatan yang dilakukan dengan Anda. Tidak pernah.

Posisi ponselnya
Ia selalu memegang ponselnya, meletakkan di dalam saku, atau jauh dari Anda. Yang jelas, ia insecure dan menutup kehidupan pribadinya dari Anda. Ia juga tak mau Anda tahu siapa yang meneleponnya, siapa yang ia hubungi, atau siapa yang sedang ia rindukan.

Anda orang 'terakhir'
Setiap kali ada kabar tentang dirinya, baik atau buruk, Anda selalu menjadi orang yang terakhir tahu.

Emoticon yang dipakai
Kalau Anda seringkali menggunakan emoticon 'smooch' atau 'hug', ia hanya akan menggunakan 'grind' atau 'wink' saja.

Ia tak pernah mengenalkan Anda pada temannya
Setiap kali keluar, hanya ada Anda dan dia saja. Ia bahkan tak pernah mengenalkan siapa saja teman-temannya.

Ketemuan di mana ya?
Sebenarnya ia bisa saja menjemput dan mengantar Anda, tetapi ia memilih mengajak Anda ketemuan di suatu tempat setiap ada janji.

"Oh, dia cuma teman kok"
Suatu hari, tak sengaja bertemu dengan temannya di sebuah cafe, ia hanya tersenyum. Tanpa mengenalkan Anda pada temannya, ia pun berkata bahwa Anda hanya temannya. Alasannya klise, ia tak suka pamer dan ada orang yang turut campur masalahnya.

T-shirt yang ini, dipakai juga hari kemarin
Ketika seorang pria ingin bertemu orang yang disukainya, ia akan dandan habis-habisan dan berusaha tampil semaksimal mungkin. T-shirt yang dipakainya kemarin, tidak akan muncul di depan Anda keesokan harinya.

Ladies, bertemu dengan pria semacam ini, lebih baik stay cool saja. Berikan kesempatan untuk menjadi teman Anda, tetapi jangan biarkan ia memanfaatkan kesempatan tersebut hanya sebagai pengisi waktu belaka. Ingatlah, bahwa Anda layak mendapatkan cinta dari seseorang yang lebih pantas darinya.

SelengkapnyaDISINI...

8 Hidangan Ekstrim dari Mancanegara

Diposkan oleh GaBohong

Di setiap tempat di dunia, kuliner memiliki kekhasan dan daya tarik tersendiri. Sajiannya pun tidak terlepas dari budaya masyarakat setempat. Mungkin saja di tempat yang satu kuliner tersebut menjadi makanan umum, tapi tidak dengan tempat lainnya yang mungkin saja mengharamkan. Atau bahkan menganggapnya sebagai menu ekstem.

Namun bagi penggila kuliner sejati, kata ekstrem sepertinya tak pernah ada di kamus. Mereka justru tertantang untuk mencicipi. Anda salah satunya? Simak delapan kuliner ekstrim dunia berikut ini.

1. Kepala bebek
Spoilerfor Kepala bebek




Di Indonesia, bebek mungkin lazim dikonsumsi. Tapi kepala bebek? Ya, di Cina, kepala bebek banyak dihidangkan di bar-bar pinggir jalan. Kepala bebek yang dimasak dengan cara direbus biasa disantap sebagai camilan. Bagian otak dan mata dianggap masyarakat setempat sebagai bagian yang paling lezat dari kepala bebek.

2. Baluut

Spoilerfor Baluut

Spoilerfor MAKAN BALUUT



Yang satu ini juga merupakan jajanan pinggir jalan terkenal khas Filipina. Camilan ini berupa telur bebek yang disantap langsung bersama kulitnya. Yang membuat kuliner ini ekstrem adalah telur bebek tersebut sudah menjadi embrio bebek yang memiliki anatomi tubuh hampir lengkap. Tak ketinggalan bulu dan paruhnya. Baluut biasa disantap dengan saus dan menjadi teman minum kopi atau teh.

3. Casu Marzu
Spoilerfor Cazu Marzu




Hidangan ini adalah keju yang dibuat dari susu domba fermentasi . Aromanya busuk dengan larva yang berasal dari lalat yang sengaja dibiarkan bertelur di keju. Hidangan tradisional Sardinia, Italia ini memiliki tekstur sangat lembut. Hasil dari reaksi kimia larva dengan keju. Keju ini aman dikonsumsi saat larva masih bernyawa. 

4. Haejangguk
Spoilerfor Haejangguk



Hidangan khas Korea ini biasa dikonsumsi untuk menghilangkan pusing, lemas dan mual yang seringkali terjadi setelah mengkonsumsi minuman beralkohol. Sup pedas ini dibuat dengan tulang belakang babi dan darah kerbau yang dicampur dengan sayur-sayuran serta kaldu daging sapi.

5. Escamoles
Spoilerfor Escamoles



Di dunia kuliner Meksiko, escamoles disebut-sebut sebagai caviar serangga. Ya, hidangan ini memang terdiri dari larva semut jenis gen liometopum yang diambil dari akar tumbuhan tequila atau marguey.

Konsistensi larva semut ini mirip seperti keju dan memiliki cita rasa mentega serta sedikit rasa kacang. Untuk mendapatkannya, pemburu larva semut harus menggali tanah sedalam dua kaki dan mereka biasanya menggunakan lemak babi yang dilumuri di seluruh tubuh mereka untuk menghindari gigitan semut.

6. Otak monyet
Spoilerfor Otak Monyet


Otak monyet dipercaya masyarakat Cina dapat membantu beberapa kondisi kesehatan seperi disfungsi ereksi dan harus dikonsumsi untuk tujuan pengobatan. Walaupun begitu, di Amazon, para penduduk setempat menganggap daging adalah sesuatu yang berharga untuk dikonsumsi sehingga bagian tubuh lainnya dari hewan juga ikut dikonsumsi, salah satunya adalah otak monyet. Banyak pula mitos yang mengatakan bahwa mereka biasa mengkonsumsi otak monyet ketika monyet tersebut masih hidup.

7. Surstromming
Spoilerfor Surstromming



Hidangan dari tanah Eropa ini dianggap sebagai makanan mewah bangsa Skandinavia. Surstromming berupa ikan-ikan kecil yang difermentasi dan memiliki aroma amis sangat kuat. Biasanya surstromming disantap bersama kentang rebus, irisan bawang bombay dan krim berasa asam.

8. Sup darah mentah
Spoilerfor Sup Darah Mentah




Sup darah ini biasa disebut dengan tiet canh di Vietnam. Sup yang kaya protein ini awalnya merupakan makanan sehari-hari penduduk miskin Vietnam Utara. Saat sarapan, mereka akan memotong angsa, bebek atau babi yang sudah didinginkan sebelumnya untuk kemudian diambil darahnya.

Sup darah mentah ini biasa dihidangkan bersama tumbuhan-tumbuhan herbal segar atau kacang-kacangan yang ditaburkan di atasnya.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ini Dia 5 Museum Dinosaurus Terkeren

Diposkan oleh GaBohong

Masih ingat film Jurassic Park yang terkenal di era 90-an? Kini Anda tak hanya bisa melihat kegagahan dinosaurus dalam film tersebut. Tapi juga melihat langsung di 5 museum dinosaurus paling keren di dunia.

Saat ini dinosaurus memang telah punah. Namun, keberadaannya selalu mengundang penasaran banyak orang. Sebuah film fiksi bertema kehidupan liar hewan purba ini pun dibuat.

Namun kini, untuk mengetahui keberadaannya, Anda tak hanya bisa melihat lewat layar kaca. Sudah ada banyak museum bertemakan dinosaurus di berbagai belahan dunia. Di dalamnya, turis bisa melihat banyak rangka hewan purba ini ditampilkan.

Dilongok dari CNN Travel, inilah 5 museum dinosaurus paling keren di dunia:

1. Museum fuer Naturkunde, Berlin, Jerman


Saat ke Berlin, jangan cuma singgah ke Tembok Berlin. Cobalah sekali-kali mampir ke Museum fuer Naturkunde di Invalidenstrasse 43, Berlin. Ini adalah museum sains yang mengoleksi banyak rangka hewan.

Sebagian besar rangka digali dari Tanzania di abad ke-20. Yang paling mengesankan adalah rangka brachiosaurus setinggi 12 meter. Ini adalah rangka yang memegang rekor Guinness World Record dan mendominasi pandangan di ruangan galeri.

Tak hanya itu, Museum fuer Naturkunde juga menampilkan fosil burung archeopteryx. Jadi, datang ke sana, turis juga akan diberi tahu hubungan antara burung dan dinosaurus.

2. Field Museum, Chicago, AS
  
Museum dinosaurus terkeren kedua di dunia adalah Field Museum di Chicago, AS. Pameran museum yang bertema perkembangan planet didedikasikan untuk 4 miliar tahun evolusi dinosaurus, seperti di Madagaskar dan Antartika.

Daya tarik utama museum ini sudah terlihat dari pintu masuk. Anda akan menemukan Sue, tyrannosaurus terbesar di dunia. Inilah spesimen terkeren yang ada di museum.

Berapa tidak, Sue hadir dengan tengkorak asli seberat 272 kg, lengkap dengan 58 gigi. Jika penasaran dengan keberadaannya, turis bisa datang langsung ke museum yang berada di S Lake Shore Drive, Chicago, AS.

3. Royal Belgian Institute of Natural Science, Brussels, Belgia
gb  
Museum dinosaurus keren lainnya adalah Royal Belgian Institute of Natural Science di Brussels, Belgia. Sama seperti museum lain, tempat ini memiliki rangka raksasa dinosaurus.

Ada sekitar 30 iguanodons, dinosaurus yang diklasifikasikan pada tahun 1800-an. Hewan ini memiliki spike atau tanduk aneh di tubuhnya. Anda bisa melihatnya langsung di Rue Vautier 19, Brussel.

4. National Dinosaur Museum, Canberra, Australia
gb  
Australia ternyata juga memiliki museum dinosaurus yang keren di dunia. Tak sekadar mempelajari hewan zaman purba, museum ini juga disebut sebagai tempatnya mengetahui sejarah Australia.

Berada di Gold Creek Road dan Barton Highway, Nicholls, ACT 2913, National Dinosaur Museum menjadi tempat koleksi fosil dinosaurus terbesar di Canberra. Selain mengoleksi fosil dan jejak kaki, museum ini juga memiliki taman dengan patung dinosaurus.

Lebih asyik lagi, museum ini punya tur seru untuk pengunjung cilik, yaitu berupa pekan wisata gratis. Anda bisa mengajak sang buah hati mengenal dinosaurus, sambil bermain seperti penggalian fosil. Seru!

5. Royal Tyrell Museum of Paleontology, Alberta, Kanada
didunia.net
Berada di 1500 North Dinosaur Trail, Canadian Badlands, Royal Tyrell Museum of Palentology menjadi rumahnya bagi lebih 130.000 fosil dinosaurus, termasuk kerangka tyrannosaurus.

Tak hanya tyrannosaurus, museum ini juga menampilkan model harimau dengan taring tajam yang sedang menyerang mammoth. Anda pun seakan dibawa ke zaman prasejarah.

Nah, untuk wisatawan yang tertarik melihat bagaimana paleontolog bekerja, ada laboratorium di bisa Anda kunjungi. Di sana, turis bisa melihat bagaimana para ahli mengidentifikasi fosil


SelengkapnyaDISINI...

Kisah Anak-anak Luar Biasa di Dunia

Diposkan oleh GaBohong

Anak adalah harta yang paling berharga didunia ini. Saat-saat balita adalah suatu fase yang sangat membahagiakan dan paling menghibur. Tahukah anda, siapa anak yang paling istimewa di dunia saat ini?Nah, berikut ada 4 anak yang paling istimewa di dunia ini karena sudah mendapatkan kesuksesannya sejak dini. Dilansir serupedia.

1. Elaina – Penyiar Radio Cilik
http://www.didunia.net/
Dalam usianya yang 7 tahun, Elaina telah menjadi penyiar radio dengan pendengar yang jumlahnya melebihi umurnya. Elaina banyak memberikan solusi tentang percintaan kepada para pendengarnya. Bagaimana caranya memutuskan pacar dan bagaimana caranya untuk membina hubungan yang harmonis.

2. Cleopatra Stratan : Penyanyi Berusia 3 Tahun Dengan Gaji 1000 Frank Per Lagu
Lahir Pada 6 Oktober 2002 di Chisinau. Ia adalah pencatat sejarah di industri musik sebagai seorang penyanyi dengan albumnya tahun 2006 La vĂ¢rsta de trei ani, pada usia 3 tahun. Dia mencatat record seorang artis cilik yang tampil di atas panggung dengan ribuan penggemarnya. Dia juga menerima penghargaan MTV Award dalam artis termuda yang mencetak #1 Hit.

3. Aelita Andre : Menjadi Pelukis Di Usia 2 Tahun
Anak kelahiran Australia ini baru berumur dua tahun sudah menunjukkan kualitasnya sebagai jenius, ia memiliki sebuah gedung pertunjukkan untuk karya-karya abstraknya. Pada mulanya Mark Jamieson, direktur dari Brunswick Street Gallery di Melbourne’s Fitzroy.

Tertarik melihat sebuah foto lukisan dari Aelita Andre, dan dia menginginkannya bergabung dalam grupnya karena bakat lukisannya itu. Ketika undangan telah dibuat, ia baru saja menyadari bahwa Aelita adalah anak yang masih berumur 22 bulan. Namun ia tetap melanjutkan pertunjukannya itu.

4. Akrit Jaswal : Dokter Bedah Usia 7 Tahun
http://www.didunia.net/
Julukan “anak terpandai di dunia” telah melekat pada Akrit Jaswal, seorang anak dari India. Ia mengejutkan publik ketika pada umur 7 tahun melakukan pembedahan pada seorang gadis lokal di tempatnya.

Gadis itu menderita luka bakar di tangannya hingga tangannya tidak dapat dibuka, dan Jaswal pun melakukan pembedahan hingga jemari gadis itu bisa terbuka seperti sedia kala. Saat ini ia tercatat sebagai dokter paling muda di dunia. Ia diterima di Universitas pada usia 11 tahun.
SelengkapnyaDISINI...

10 Peristiwa Misterius Hingga Kini

Diposkan oleh GaBohong

Banyak hal yang terjadi di dunia ini yang kadangkala membuat kita heran, takjub, dan amat mengaguminya. Namun tak sedikit yang akhirnya membuat kita mengerutkan kening karena bagaimana hal itu terjadi, sama sekali tak diketahui.

Kemisteriusan hal-hal tersebut tentu membuat ilmuwan tertarik untuk mengungkapkannya, namun hingga kini misteri tetap tak terungkap.

Berikut 10 kejadian yang menjadi bagian dari sejarah kehidupan manusia di Bumi yang latar kejadiannya masih menjadi teka-teki. Data dihimpun dari berbagai sumber, termasuk dari LiveScience.

1. Rongorongo
 
Jenis bahasa ini merupakan sisi lain dari "misteri Easter Island", karena Rongorongo merupakan bahasa beraksara hiroglif yang digunakan oleh penduduk pertama di pulau itu.

Dianggap sebagai misteri, karena meski Easter Island tidak memiliki "tetangga" berkemampuan baca tulis, namun Rongorongo muncul secara misterius di pulau itu pada 1700-an. Sayang, bahasa itu hilang karena bangsa Eropa yang pertama kali menjajah pulau itu, melarang mengartikan Rongorongo karena dianggap sebagai akar budaya paganisme, meski minat ilmuwan untuk mempelajari bahasa langka itu amat besar.

 

2. Helike, kota yang hilang
 
Penulis asal Yunani, Pausanias, menjelaskan kalau sebuah gempa besar menghancurkan kota Helike, dan kemudian datang tsunami hebat yang menyapu habis apapun yang masih tersisa di kota metropolis yang sedang berkembang itu.

Halike merupakan kota yang menjadi pusat pemujaan Poseidon, dewa dalam mitologi Yunani yang dipercaya sebagai penguasa lautan, sekaligus merupakan dewa gempa bumi dan kuda. Tak ada jejak atas hilangnya kota dan penduduknya yang legendaris tersebut dalam teks-teks Yunani kuno, hingga pada 1861, ketika seorang arkeolog menemukan koin perunggu dengan kepala bergambar Poseidon.

Pada 2001, sepasang arkeolog juga menemukan koin yang sama di bawah reruntuhan Helike di antara pasir berlumpur dan berkerikil. Hingga saat ini mereka masih menggali untuk apa yang mereka yakini sebagai "Atlantis yang nyata".


3. The Bog Bodies
 
Ini fenomena yang sulit dipecahkan latar belakangnya. Meski Crime Scene Investigation (CSI) bekerja keras, mereka tetap belum dapat beranjak dari data yang telah mereka dapatkan selama ini.

Ratusan orang yang diperkirakan hidup pada 9000 sebelum Masehi (SM), mayatnya ditemukan terkubur di lahan basah di beberapa belahan wilayah utara Eropa. Orang-orang yang dikenal sebagai manusia rawa itu diduga meninggal akibat menjadi korban ritual penyembahan, karena pada tubuhnya ditemukan tanda-tanda penyiksaan.

Yang fenomenal adalah, meski telah meninggal dalam kurun waktu yang begitu lama, tubuh mereka tidak hancur meski tidak mengalami proses pengawetan seperti mumi. Diduga, kadar asam yang terkandung dalam air di rawa-rawa, kurangnya oksigen dalam air dan suhu yang rendah menjadi penyebab awetnya jasad mereka.


4. Keruntuhan Peradaban Minoans
 
Hingga kini sejarawan masih berselisih tentang penyebab runtuhnya peradaban pada Zaman Perunggu yang muncul di Kreta, Yunani, dan berkembang hampir 5.000 tahun lalu hingga masa kehancurannya pada 1450 SM.

Para Minoans adalah orang-orang yang berpendidikan, prajurit, pedagang, seniman, dan pelaut yang andal dan berpengalaman. Kerajaan maritim mereka sangat luas. Merekalah bangsa pertama di Eropa yang menggunakan bahasa tulis yang disebut Linear A.

Raja peradaban ini, Raja Minos, memiliki Istana yang sangat luas dan rumit, dan merupakan istana pertama di Eropa yang memiliki jalan beraspal. Istana itu berada di Knossos. Raja Minos tinggal bersama manusia pemakan banteng yang senantiasa berkeliaran di labirin istana. Namanya Minotaur.

Saat peradaban ini runtuh sekitar 3.500 tahun lalu, bencana alam terburuk sejak Zaman Es, yakni sebuah letusan gunung berapi besar, terjadi di Pulau Aegea, sebuah pulau kecil di kawasan Thera, Yunani, yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Pulau Kreta. Hingga kini ilmuwan masih bingung bagaimana bencana ini bisa menghancurkan Minoans, namun ada spekulasi yang menyebutkan bahwa bencana di Aegea itu tak hanya membuat Minoans tertimbun abu vulkanik, namun juga disapu tsunami besar yang membuat peradaban itu punah seketika.


5. The Stones Carnac
 
Ada mitos di balik kemisteriusan 3.000 buah batu dari zaman Neolitikum yang berdiri hingga sepanjang lebih dari 12 kilometer, dan berada dalam garis yang sempurna, di pantai Britanny di barat laut Perancis. Konon, menurut penduduk setempat, batu-batu itu merupakan satu legiun tentara Romawi yang sedang melakukan parade, dan diubah menjadi batu oleh Merlin sang penyihir.

Para ilmuwan meyakini, batu-batu dalam situs megalitikum itu dipahat dari batu lokal pada sekitar 4500 SM hingga 3300 SM. Meski alasan mengapa batu-batu itu dibuat dan disusun seperti itu belum terpecahkan, namun ada ilmuwan yang memperkirakan bahwa Stones Carnac merupakan detektor gempa yang rumit.


6. Jati Diri Robin Hood
 
Kisahnya melegenda dan tersohor hingga penjuru dunia. Bahkan telah beberapa kali difilmkan. Tapi siapakah sebenarnya pimpinan kelompok pencuri berhati dermawan dari Hutan Sherwood di Yorkshire, Inggris, yang pandai memanah dan bermain pedang ini?

Dalam kehidupan nyata, eksistensi bandit altruistik yang tinggal di hutan dengan musuh seorang raja legendaris berpedang sakti, nampaknya memang masuk akal. Namun, perburuan sejarah untuk mengungkap jati diri tokoh ini hanya memunculkan segudang kemungkinan tanpa jawaban pasti.

Untuk mengungkap jati diri tokoh legendaris ini, para peneliti sempat menduga bahwa nama Robin Hood merupakan penyamaran dari nama yang mirip dengan nama itu. Maka, muncullah daftar panjang nama orang yang satu di antaranya dicurigai sebagai Robin Hood. Mereka di antaranya Robert Hod yang juga bermukim di Yorkshire, dan Robert Hood yang tinggal Wakefield. Namun tetap tak ada hasilnya. Jati diri Robin Hood tetap menjadi misteri dalam sejarah yang melegenda di Inggris.


7. Hilangnya Satu Legiun Tentara Romawi
 
Pada 53 SM, setelah pasukan Parthia dari Persia mengalahkan satu legiun tentara Romawi yang dipimpin Jenderal Crassus, pasukan itu menjadi tawanan perang, dan kemudian menghilang begitu saja, tanpa jejak.

Konon, menurut legenda, setelah menjadi tawanan perang, pasukan itu digiring menuju Persia dengan melalui Gurun Gobi, namun kemudian ditangkap tentara Kerajaan Dinasti Han. Legenda ini diperkuat teori yang diungkap Homer Dubs, profesor sejarah Cina dari Universitas Oxford. Pada 1950, setelah menerjemahkan buku sejarah kerajaan itu, Dubs mengatakan bahwa dia menemukan sebuah kota bernama Liqian yang didirikan di wilayah Han pada 36 SM. Kota itu didirikan untuk mengeksekusi tawanan.

Dalam bahasa Cina kuno, Liqian merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut Kekaisaran Romawi, dan para arkeolog percaya kalau di masa kini, kota Liqian kuno adalah kota yang kini bernama Zhelaizhai. Keyakinan ini mengacu pada ciri-ciri fisik penduduk kota itu yang sama sekali tidak mirip bangsa Cina, namun lebih mirip fisik bangsa Kaukasia. Baik dari bentuk hidung yang bengkok, rambut yang berwarna pirang, biji mata berwarna biru, dan tinggi tubuh yang lebih dari 1,82 meter.

Sejarawan abad pertama Cina, Ban Gu, dalam catatannya menulis bahwa tentara Han berkonfrontasi dengan pasukan aneh yang melakukan perlawanan dengan "formasi ikan skala", sebuah formasi unik yang merujuk pada cara berperang tentara Romawi.

Saat ini, penduduk kota Zhelaizhai sedang melakukan tes DNA untuk membuktikan apakah mereka memang keturunan tentara Romawi yang hilang itu.


8. Naskah Voynich
 
Inilah naskah kuno paling misterius di dunia, karena naskah berbentuk buku ini penuh dengan gambar dan tulisan dalam bahasa yang sama sekali tidak dikenal oleh bangsa mana pun di Bumi ini.

Naskah Voynich ditemukan pada 1912 di sebuah perpusatakaan di Roma, Italia. Buku setebal 240 halaman itu telah dicoba untuk diterjemahkan, termasuk oleh para pakar kriptografer. Namun tak berhasil, sehingga ada yang menuduh kalau naskah ini tak lebih dari sebuah permainan untuk mengecoh atau mengerjai para ilmuwan. Sayangnya, berdasarkan analisis statistik diketahui kalau penulisan naskah itu tampaknya mengikuti struktur dasar dan hukum bahasa kerja.

Penelitian dengan menggunakan penanggalan radiokarbon oleh sebuah tim yang dipimpin Greg Hodgins, fisikawan dari Universitas Arizona, menemukan fakta kalau halaman-halaman perkamen naskah ini berasal dari awal abad ke-15, satu abad lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya.

Di mata para ilmuwan, naskah antik ini membuatnya menjadi lebih menarik dibanding novel Da Vinci Code karya Dan Brown, karena dalam naskah itu terdapat berbaris-baris teks yang "mengalir" di antara ilustrasi-ilustrasi yang menggambarkan tanaman, peta astronomis, gambar manusia yang mandi, dan lain sebagainya.


9. Mumi-mumi Cekungan Tarim
 
Selama penggalian di bawah Cekungan Tarim (sekarang Xinjiang) di Cina barat, arkeolog terkejut menemukan lebih dari 100 mumi berusia antara 1800 SM hingga 200 Masehi.

Penemuan mumi-mumi itu bermula pada
awal abad ke-20, ketika penjelajah Eropa seperti Sven Hedin, Albert von Le Coq dan Sir Aurel Stein menceritakan kalau selama memburu barang-barang antik di Asia Tengah, mereka menemukan tubuh-tubuh yang telah mengering. Sejak itu, penelitian terhadap mumi-mumi itu dilakukan karena ada yang menarik dari kondisi fisik mereka, yakni tidak memiliki postur dan ciri-ciri sebagaimana layaknya orang China.

Mumi-mumi Cekungan Tarim memiliki genetik bangsa Eropa dengan ciri-ciri berambut pirang dan berhidung mancung. Teks-teks Cina kuno menyebutkan, pada milenium pertama sebelum Masehi (SM) di Cekungan Tarim bermukim sekelompok orang Kaukasia yang datang dari timur jauh. Namun bagaimana kelompok tersebut tiba di sana, sama sekali tidak dijelaskan.

Sebagian besar mumi Cekungan Tarim ditemukan di ujung timur cekungan itu yang meliputi wilayah Lopnur, Subeshi dekat Turpan, Kroran, dan Kumul, serta di sepanjang tepi selatan Cekungan Tarim yang meliputi wilayah Khotan, Niya, dan Cherchen atau Qiemo.

Jika Anda ke China, Anda dapat menemukan mumi-mumi ini dipamerkan di Museum Xinjiang.


10. Hilangnya Peradaban Lembah Indus
 
Peradaban pada Zaman Perunggu ini (sekitar 3300-1900 SM) merupakan peradaban kuno terbesar yang pernah ada, karena memiliki wilayah kekuasaan membentang sejauh 1.260.000 km2 dari barat India hingga Afghanistan.

Selain itu, peradaban yang diduga memiliki populasi penduduk hingga lebih dari 5 juta jiwa ini juga merupakan peradaban pertama yang yang terbilang maju karena memiliki wilayah perkotaan dengan bangunan-bangunan terbuat dari batu bata, sistem drainase di tepi jalan, dan rumah-rumah bertingkat. Penduduk peradaban ini juga mengembangkan teknik-teknik baru dalam kerajinan (produk akik dan ukiran), dan metalurgi (tembaga, perunggu, timah, dan timah). Peradaban ini sezaman dengan peradaban Mesopotamia dan Mesir Kuno.

Hingga kini para ilmuwan masih bertanya-tanya bagaimana peradaban yang luar biasa ini runtuh dan hilang begitu saja. Yang lebih menakjubkan, dari hasil penggalian yang dilakukan pada 1922 di Harappa, Pakistan, yang dahulu merupakan bagian dari sejarah peradaban ini, diketahui kalau peradaban yang juga disebut Peradaban Harappa ini ternyata tidak memiliki tentara maupun budak belian. Bahkan tak ditemukan bukti adanya konflik sosial atau tindak kejahatan lain yang lazim terjadi dalam masyarakat kuno. Sampai akhir, peradaban ini nampaknya berhasil menjaga dirinya sebagai peradaban yang bersih.  

SelengkapnyaDISINI...

Menguak Fakta Tentang Matahari

Diposkan oleh GaBohong

Matahari adalah sumber kehidupan di bumi. Tanpanya, tak akan ada siang, tak ada tumbuhan yang hidup, dan banyak lagi. Sebagai pusat dari sistem Tata Surya, bola raksasa ini punya banyak fakta menarik. Kita lihat 13 diantaranya.




1. Matahari hanyalah satu dari 200 miliar bintang yang bertebaran di Galaksi Bima Sakti (Milky Way). Itu baru dibandingkan dengan satu galaksi, belum termasuk miliaran galaksi lain di alam semesta.

2. Bumi menerima energi sangat besar, hingga 94 milliar Megawatt dari Matahari. Ini setara dengan 40 ribu kali lipat tenaga yang menghidupkan satu negara Amerika Serikat.

3. Setiap detik, Matahari melepaskan lima juta ton material, termasuk hidrogen dan helium.

4. Temperatur atau suhu di dalam inti matahari diperkirakan mencapai 14 juta Kelvin, setara 13 juta derajat Celcius. Panasnya sungguh tak terbayangkan.

5. Energi yang diproduksi dari inti Matahari, membutuhkan waktu 50 juta tahun untuk mencapai permukaan Matahari. Jika Matahari menghentikan produksinya sekarang, maka makhluk di Bumi baru akan merasakan efeknya 50 juta tahun lagi.
 


6. Diameter Matahari setara dengan 109 kali diameter Bumi.

7. Jika Matahari diibaratkan sebuah bola pantai, maka Jupiter setara ukuran bola golf, dan Bumi hanya sebesar kacang.

8. Tidak seperti Bumi, Matahari sepenuhnya terbuat dari gas. Dengan kata lain, tidak ada permukaan yang padat di Matahari.

9. Cahaya matahari membutuhkan waktu 8,3 menit untuk sampai ke Bumi.

10. Kecepatan rotasi Matahari (velocity) sangat cepat, 383 mil per detik.

11. Untuk mengantarkan cahaya ke planet paling luar, Pluto, Matahari membutuhkan waktu 5,5 jam.

12. Matahari berotasi atau berputar pada porosnya selama 25,38 hari sekali waktu Bumi.

13. Matahari dan sistem planet di dalamnya mengorbiti pusat Galaksi Bima Sakti setiap 240 juta tahun sekali. 


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ritual Unik "Bissu" Para Waria Sakti dari Bone

Diposkan oleh GaBohong

Ada sebuah ritual di kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang terbilang unik karena harus diperankan oleh seseorang waria dan lebih dikenal dengan sebutan bissu. Hal ini karena bissu pada zaman dahulu merupakan penasehat kerajaan.


Ritual para bissu ini beragam mulai dari maggiri atau adu kebal senjata tajam, sulo wara atau bakar diri, serta sere wara atau bejalan di atas bara api.
Dalam menggelar ritual ini para bissu umumnya dipandu oleh seorang petinggi bissu atau dikenal dengan Puang Matoa dan Puang Lolo. Jika Puang Matoa tidak ada maka digantikan dengan Puang Lolo.

Ritual para bissu ini memang dikenal cukup ekstrim sebab melakukan hal hal yang sangat berlawanan dengan nalar.
Seperti pada maggiri, para bissu mencabut keris kemudian menikam sejumlah titik bagian tubuhnya tanpa terluka. Belum lagi membakar diri dan berjalan di atas bara api tanpa terbakar.
Sejatinya ritual para bissu ini merupakan kesatuan antara manusia dengna besi dan api.

“Ritual ini sebenarnya pernyataan sikap bahwa sebenarnya antara manusia itu dengan besi satu, demikian hal antara manusia dengan api sebenarnya itu menyatu semua buktinya mereka tidak terluka dan terbakar,” ujar Andi Bone, salah seorang budayawan.
Sementara itu, para bissu ketika melakukan ritual seakan tak sadarkan diri dan selalu menganggap dirinya bebas.

“Kita seperti melayang layang dan ujung keris itu tidak ada apa-apanya dan api itu kita rasa dingin,” ujar Enggel yang juga bergelar Puang Lolo.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Teknik Manusia Terbang Saat Membuat Piramida Mesir

Diposkan oleh GaBohong


Melampaui segala bayangan akan keraguan, dari banyak dan beragamnya prestasi dibidang arsitektur yang dibuat oleh ras manusia, sudah pasti Piramida Mesir pastilah masuk dalam daftar teratas dalam hal yang menakjubkan dan bangunan mengagumkan yang pernah dibuat.

Begitu banyak teori yang dikemukakan dalam pembuatan Piramida mulai dari pengangkutan bebatuan dari jarak yang jauh yang digelindingkan menggunakan kayu hingga teori dari penelitian terbaru yang menemukan bahwa bebatuan piramida adalah batu yang dibuat dari tanah liat yang dibakar. Dari banyak kontroversi dan perdebatan mengenai proses pembuatan piramida hingga teori pembangunan piramida berkat bantuan alien, namun teori konvensional tetaplah menunjukkan bahwa piramida dibangun dimasa dinasti tua hingga zaman dinasti menengah, kira-kira dari milenium ke-3 SM hingga kira-kira tahun 1650 SM.
Menurut pengetahuan konvensional bahwa alasan piramida dibangun adalah sebagai makam para firaun (namun hingga kini belum ada ditemukan mumi para firaun didalam piramid sebab banyak firaun mumi nya ditemukan pada kuil-kuil di Mesir).

Pada abad ke-7 M ada seorang bernama Abu al-Hasan Ali al-Mas'udi yang dikenal sebagai Herodotus dari Arab, yang mana sepanjang hidupnya ia telah membukukan serangkaian tulisan sebanyak 30 volume buku tentang sejarah dunia berdasarkan pengalaman pribadinya dalam melakukan penjelajahan dan perjalanan ke daerah-daerah yang jauh dan luas. Bisa dikatakan Al-Mas'udi adalah seorang pengelana yang terampil. Ia menempuh perjalanan ke berbagai belahan dunia mencatat peristiwa bersejarah dan hal-hal unik tentang segala sesuatu disetiap tempat yang ia kunjungi mulai dari Mesir, India, Afrika Timur, Suriah dan Armenia.
Selain itu Mas'udi adalah seorang pelaut cekatan yang melintasi mediterania, laut kaspia, laut merah, dan samudra hindia.Selama ia mengunjungi banyak tempat tersebut ia menuliskan banyak kisah, sejarah dan juga legenda dari para penduduk setempat yang ia kunjungi. Hasil jerih payah kerjanya dalam bentuk 30 volume buku itu secara kolektif telah diterjemahkan dalam bahasa inggris dengan judul "The Meadows of Gold and mines of Gems"
Dari semua banyak pengembaraan dan data yang ia kumpulkan ada satu bagian yang menarik dan mungkin dapat memberikan pencerahan mengenai sebuah misteri.....

Dalam halaman-halaman dari buku tulisannya yang ia selesaikan pada tahun 947 M, atau 9 tahun sebelum kematiannya disaat ia berusia 60 tahun, Al Mas'udi menceritakan bahwa dalam kisah-kisah arab awal ada sebuah cerita menarik mengenai proses penciptaan Piramida dan tidak ada hubungannya dengan teknik konvensional dalam pembuatan Piramida tersebut.
Sebaliknya Mas'udi mencatat selama eksplorasi dan penelitiannya dalam mengumpulkan bukti dari kisah tersebut bahwa Piramida seperti apa yang kita saksikan saat ini mungkin proses pembuatannya adalah seperti apa yang kita sebut saat ini sebagai proses dari Levitasi (Levitation).

Cerita menakjubkan yang berhasil di kuak oleh Mas'udi ini disebutkan olehnya bahwa :"Saat membangun piramida, para pembangun piramida itu secara hati-hati meletakkan apa yang digambarkan sebagai sebuah papyrus magic ditepi bawah dari sebuah batu raksasa yang akan digunakan dalam proses konstruksi kemudian satu persatu batu tersebut diberi kejutan (listrik? -red) oleh sesuatu benda aneh dan sedikit misterius yang digambarkan hanya seperti sebuah batang logam. Dan batu tersebut perlahan-lahan mulai naik ke udara dan seperti tentara yang berbaris bergerak lambat, secara metode, sebuah susunan batu beberapa kaki diatas susunan batu yang telah tersusun yang dikelilingi kedua sisinya oleh dua batang logam misterius tersebut.

Pada ketinggian sekitar 150 kaki, Al Mas'udi mencatat batu-batu raksasa bergerak maju dan biasanya bergerak dengan sangat lembut diudara dikontrol oleh pemegang batang logam misterius tersebut untuk memastikan bahwa batu-batu raksasa itu tetap berada pada jalurnya sebelum akhirnya dengan sangat lembut mendarat dibagian atas dari bebatuan lainnya yang telah tersusun atau menjadi dasar dari piramida.
Pada poin ini, proses selanjutnya berulang untuk bebatuan lainnya, bebatuan diberi kejutan lagi, naik ke permukaan dan sekali lagi bergerak kearah yang diinginkan pada ketinggian 150 kaki atau lebih dan itu terus dilakukan hingga semua batu mencapai tujuan yang diinginkan. Lalu dalam sebuah proses yang jauh lebih kompleks bebatuan tersebut dikejutkan/dipukul lebih banyak dan kali ini mereka akan melayang lebih tinggi diudara kemudian ketika mencapai pada titik yang diinginkan mereka dengan hati-hati dan dengan kemudahan yang luarbiasa meletakkan pada tempatnya satu persatu hingga piramida tersebut selesai.

Skenario pembuatan piramida tersebut sungguh menakjubkan apabila itu adalah kenyataan yang sebenarnya, mungkin ada juga kalangan yang mentertawakan pernyataan yang seperti sangat menakjubkan ini, Namun..mungkin saja kisah kuno menceritakan kurang lebih tentang sebuah kebenaran yang fantastis, sebuah teknologi dan pengetahuan yang telah lama hilang dari para pendahulu kita.

Tempat-tempat lainnya yang bangunannya terbuat dari bebatuan yang luar biasa besarnya adalah :

Quote:


- Kuil Jupiter di Baalbek, Lebanon terdapat 3 blok batu yang sangat luarbiasa besarnya yang pernah digunakan dalam struktur bangunan yang dibuat oleh manusia, setiap blok batu tersebut beratnya 1000 ton! tidak ada satupun super crane yang ada di zaman sekarang yang mampu mengangkat batu seberat itu.

- Tidak jauh dari kuil Jupiter tersebut terdapat sebuah patung bernama Hajar el Ibla, patung seorang wanita hamil yang memiliki berat 1200 ton yang membutuhkan 16.000 orang hanya untuk menariknya.

- Di Tiahuanaco Bolivia, diketinggian 13000 kaki diatas permukaan laut berdiri sebuah monumen yang disebut sebagai Puerta del Sol atau "gerbang matahari" memiliki gerbang berukir yang beratnya 10 ton dan bagaimana bebatuan tersebut bisa hadir dilokasinya sekarang masih tetap menjadi misteri.

- Nan Madol, dianggap sebagai Machu Pichu nya Pasifik adalah lokasi reruntuhan besar sebuah kota kuno di pulau Pohnpei ibu kota dari federasi negara Mikronesia, dibangun sekitar tahun 200 SM yang terbuat dari tumpukan ratusan batang batu yang masing-masing panjangnya 18 kaki dan diameternya beberapa kaki, bebatuan tersebut ditumpuk seperti kayu bakar, panjang dindingnya sekitar 40 m dan tebalnya 18m, setiap blok batu memiliki berat 2.5 ton bagaimana mereka dipindahkan dari sumber bebatuan hingga ke tempatnya masih misteri.
Apakah manusia dizaman dahulu kala telah mengenal teknik levitasi? bisa saja teknologi akan hal tersebut musnah hilang tanpa ada catatan bagaimana cara untuk melakukannya.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...