Unik

Khan Academy, Bagi Ilmu Gratis dari Lulusan Harvard, MIT dan Ex Analis Investasi


Salman Khan


Dalam sebuah video,Salman Khan menceritakan hal apa yang membuatnya menciptakan Khan Academy (khanacademy.org), situs yang berisi sekumpulan video edukasi mengenai matematika, fisika, ekonomi, sejarah, dan berbagai subjek lainnya.

Dia juga mengajak para guru untuk mengubah konsep tatanan kelas konvensional, yaitu dengan cara meminta murid-murid untuk menonton video pelajaran di rumah, dan kerjakan “Pekerjaan Rumah” di dalam kelas (jadi ada guru yang  dapat membantu mengerjakan).




Mau belajar ilmu Fisika dari dasar? Bisa. Tinggal klik saja bagian Physics dan mulailah belajar secara bertahap.
Mau belajar aljabar? Bisa.
Mau belajar ekonomi? Bisa.
Mau belajar sejarah? Bisa.

Dalam Khan Academy, 1500+ video yang ada sudah dikelompokkan berdasarkan bidang ilmu dan diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan. Jadi bisa dibilang kalau Khan Academy memiliki sejenis kurikulum.

Pendiri (dan juga satu-satunya pengajar) Khan Academy adalah Salman Khan. Jangan sampai tertukar dengan Salman Khan, aktor Bollywood. Dunianya berbeda banget. Salman Khan, putra imigran yang berdarah Bangladesh dan India, adalah seorang lulusan MBA Harvard dan juga memiliki gelar Master dari MIT. Sebelumnya, dia bekerja sebagai seorang hedge fund analyst (analis investasi). Tentu saja bisa kita bayangkan betapa besarnya gaji yang dia miliki! Tetapi ternyata dia lebih memilih untuk berada di dunia pendidikan.

Jika anda menonton video TED yang saya tayangkan di atas, anda akan paham mengapa Khan jatuh cinta kepada dunia pendidikan. Awal mulanya sederhana. Keponakannya meminta Khan untuk mengajarinya matematika (konversi berat). Iseng-iseng, Khan membuat video tutorial sederhana supaya keponakannya bisa belajar dengan hanya melihat internet. Saat dia bertemu dengan ponakannya, dia meminta pendapat pada ponakannya. Nah, keponakannya itu berkata bahwa justru dia merasa lebih paham saat mendengarkan penjelasan Khan melalui video daripada bertatap muka langsung! Sejak itulah dia mulai membuat berbagai video tutorial lainnya.

Saat ini, situsnya dibuka lebih dari 50.000 pengunjung per hari. Bayangkan kalau ini adalah universitas sungguhan yang memiliki gedung fisik. Pasti besar sekali! Itu hampir 2x lipat jumlah mahasiswa aktif di Harvard + Stanford. Itu 10x lipat mahasiswa di kampus saya. Sebenarnya, Khan Academy itu cuma berukuran 1,5 x 2 meter. Di ruangan itu, Khan memiliki sebuah studio rekaman kecil dan perpustakaan. Dia menyebut ruangan itu sebagai think tank bernama bgC3. Dengan pengunjung sebanyak itu, pasti banyak yang menjadi fans Salman Khan. Salah satu fansnya adalah Bill Gates.

Iya, Bill Gates yang identik dengan Microsoft dan sekarang menjadi seorang philanthropist. Bill dan Rory (anaknya yang berusia 11 tahun), sangat kagum dengan video yang dibikin Khan. Faktor lain yang membuat Bill Gates kagum adalah kerelaan Khan untuk meninggalkan dunia bisnis dan menjadi seorang pengajar dengan sumber daya yang amat terbatas.




Post a comment

Next Post
Posting Lebih Baru
Previous Post
Posting Lama