Unik

Tikus Raksasa Ini Punya Bulu Beracun

Berbeda dengan jenis tikus lainnya di dunia, tikus raksasa ini sangat mematikan. Dengan seketika, bulu beracunnya bisa membunuh predator lain.
Seperti halnya mata panah beracun, tikus raksasa dari Afrika ini membawa senjata serupa panah pada tubuhnya. Panah beracun itu adalah bulunya sendiri.

Seperti dikutip dari MSN, ilmuwan Jonathan Kingdon, dari Universitas Oxford, Inggris mengatakan bahwa baru pertama kalinya ditemukan mamalia yang dapat membawa racun tanaman pada tubuhnya tanpa membunuh dirinya sendiri.

Setelah diselidiki, ia menemukan bahwa ternyata tikus sepanjang 36 cm ini mengunyah tanaman beracun Acokanthera schimperi, lalu melumuri tubuhnya sendiri dengan ludah beracun dengan cara menjilati bulu-bulu yang berada pada punggungnya.

Bulu-bulu serupa panah tersebut digunakan bila si tikus dalam keadaan terancam. Ia mengencangkan otot punggung untuk melicinkan bulu-bulu itu lalu menembakkannya ke musuh.
Menurut Kingdon, butuh 30 tahun untuk mengetahui cara tikus ini membunuh predator lain. Tapi ia juga masih belum mengetahui alasan mengapa si tikus tidak keracunan saat mengunyah tanaman beracun itu.

Post a comment

Next Post
Posting Lebih Baru
Previous Post
Posting Lama