.

20 Fakta The Beatles Yang Jarang Diketahui

Diposting oleh GaBohong



1. Paul mccartney pertama membeli bas gitar seharga 30 mark hamburg.

2. Tak ada seorangpun dari anggota the beatles yang percaya bahwa mereka berempat bakal terkenal sebagai pemusik. Ringo sebenarnya malah berambisi menjadi pemilik salon potong rambut.



3. Ketika the beatles tampil di adelaide, 1964, sekitar 300.000 penggemarnya bergerombol di luar hotel tempat menginap. Mereka menunggu dengan penuh harap bahwa george, paul, ringo, dan john bakal muncul.

4. Ketika the beatles merilis hey jude (1968), para eksekutif di perusahaan rekamannya mengaku cemas. Singel berdurasi 7 menit itu dianggap kepanjangan untuk diputar di radio. Artinya, susah jadi hit. The beatles kemudian memotongnya sebagian.

5. Lirik 'mother mary' yang ada dalam lagu 'let it be', bukanlah terilhami dari sosok bunda Maria. Melainkan nama ibu paul sendiri, mary, yang suatu ketika pernah datang dalam mimpinya.

6. Ketika naskah film 'help!' ditulis, the beatles meminta agar beberapa syutingnya dilakukan di kepulauan bahama dan austria. Jadi, itung-itung liburan!

7. Pada 1967, promotor sid berstein dari new york membayar the beatles 1 juta dolar untuk sekali konser. Pada 1976, sid memperkirakan bakal meraup keuntungan 230 juta dolar, kalau saja the beatles mau konser. Tapi, tentu saja mereka keburu bubar.



8. Pada 1985, kaset dan cd the beatles terjual sampai di atas 1 milyar keping, seperti yang tercatat pada the guinness book of records.

9. Tak sampai dua minggu setelah dirilis di amerika, 'i want to hold your hand' menjadi lagu the beatles pertama yang menduduki peringkat atas. Di new york, hanya dalam tempo satu jam, terjual 10.000 kopi.

10. Ketika the beatles untuk pertama kalinya tampil di televisi amerika, dalam acara 'the ed sullivan show' yang disaksikan oleh sekitar 73 juta pemirsa, mereka mengaku sangat gelisah. Ketika produsernya bermaksud menginformasikan jumlah tersebut, personel the beatles menutup kuping. "nanti aja bilangnya", kata mereka.

11. Instrumen pertama paul mccartney adalah terompet, sebelum kemudian pindah ke gitar. "saya kan nggak mau menyanyikan rock and roll dengan benda itu tersumpal di mulut", alasannya.

12. Sesudah konser di kansas, 1964, manajer mereka menjual tempat tidur berikut bantal bekas the beatles seharga 750 dolar.


13. Pada tanggal 14 juni 1965, paul mccartney merekam 'yesterday'. Sementara the beatles, pada saat bersamaan, merekam 'i'm down' dan 'i've just seen a face'. Semuanya hanya memakan waktu 8 jam!

14. Masih ingat lagu 'a day in the life' yang ada suara peluitnya itu? John memang menyusupkan suara peluit yang nyaring itu (15 kilosaikel). Suara itu sengaja diperuntukkan para anjing, yang konon bakal blingsatan kalo mendengarnya.

15. Judul album 'abbey road' semula adalah 'mount everest'. Gara-gara geoff emerick, seorang engineer, hobi berat merokok sigaret merek everest.

16. Para kritisi musik kondang abad ke-20 berkomentar tentang karya the beatles. Majalah melody maker menulis tentang 'she loves you'. Lalu the new york times menulis tentang 'sgt pepper's lonely hearts club band'. Sementara paul johnson, kritisi new statesman mengkritik, "mereka yang ngefans berat saat the beatles sedang jaya-jayanya, adalah orang-orang yang paling beruntung. Tapi mereka (penggemar the beatles) itu sebenarnya bodoh,
pemalas, dan orang-orang yang gagal".

17. Lagu 'lucy in the sky with diamonds' bukanlah diilhami oleh lsd, seperti yang pernah diributkan. John lennon menulis lagu tersebut setelah anaknya, julian, pulang dari sekolah (playgroup) dengan membawa lukisan buatannya sendiri. Obyek lukisannya adalah seorang teman ceweknya, bernama lucy o'donnel. John lalu bertanya pada julian "apa maksud gambar itu?" julian lantas menjawab "it's lucy, in the sky. With diamonds."

18. Harga tiket masuk pertunjukan the beatles di shea stadium, 1965, adalah 5 dolar, plus 4� sen pajak federal dan 25 sen pajak pemerintah daerah. Pada konser pertama, yang ditonton oleh 56.000 orang, the beatles menyanyikan 12 lagu dalam tempo 30 menit. Setelah itu mereka kabur.

19. Pada tanggal 6 juli 1957, diadakan pesta dansa di gereja st. Peter di woolton, liverpool, inggris. Untuk masuk ke sana, harus membeli tiket seharga dua shilling (=10 penny). Di situlah untuk pertama kalinya john lennon bertemu dengan paul mccartney. Dan legenda the beatles pun lahir.

20. Tahun 1995 lalu, para pengusaha amerika sempat menawari paul, george, dan ringo, sebuah proyek besar dengan bayaran 33.330.000 dolar per orang. Ini jika ketiganya bersedia tampil dalam 10 konser seputar amerika. Tentunya dengan bendera the beatles.namun mereka menolaknya dengan alasan, the beatles nggak bisa manggung tanpa kehadiran john lennon. Sayang, padahal kalo diitung-itung, setiap menit dari konser yang rencananya berdurasi 90 menit itu, mereka bisa menghasilkan uang 37.036 dolar per orang. Dahsyat!



Sumber : 
Google Image




{ 4 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

selimut mengatakan...

murah banget tiket konser di jaman dulu ya...

Melisa Amanda mengatakan...

Wah, menambah wawasan banget soal The Beatles nih, thanks ya infonya.. gue juga baca2 disini >> http://goo.gl/0RdbCF

Alveey Rasheeda 169 mengatakan...

kerennn... ^ ^
itu band jadul tp selalu layak dicap sbg band terbaik sepanjang masa... :)

yogas75 mengatakan...

Beatles band jadul tp genre musiknya mewakili hampir semua genre musik jaman kini...

Posting Komentar