.

Berbagai Fakta Menarik tentang Messi

Diposting oleh GaBohong


Messi lahir di Rosario, Argentina, 24 Juni 1987. Kota kelahiran yang sama dengan pejuang revolusi Amerika Selatan, Che Guevara. 

Sewaktu kecil, ia sangat pendek dan mungil dibanding anak sebayanya, sehingga harus mendapat suntikan hormon. Klub divisi Primera River Plate sempat tertarik merekrut Messi, keberatan dengan biaya perawatan defisiensi hormonnya yang mencapai USD900/bulan. Messi sekarang mencapai tinggi 170 cm. Bayangkan jika tak mendapat suntikan hormon, tinggi Messi paling banter 140 cm.


Direktur FC Barcelona kala itu, Carles Rexach, terkesima dengan bakat Messi dan langsung merekrutnya. Ia siap membiayai perawatan, dengan syarat Messi dan keluarganya harus pindah ke Barcelona. Messi bergabung dengan Barcelona pada usia 13 di tahun 2000, dan bersinar di level junior sebelum pelatih Frank Rijkaard memberinya debut senior di usia 16 tahun dalam sebuah laga persahabatan menghadapi Porto pada November 2003. 


1 Mei 2005, Messi menjadi pemain termuda yang mencetak gol di La Liga saat Barca mengalahkan Albacete. Kala itu, Messi berusia 17 tahun, 10 bulan, dan 7 hari. Rekor itu kemudian  dipecahkan oleh Bojan Krkic setelah mendapat assist dari Messi. Pada masa remajanya di Barcelona, Messi berkawan dekat dengan kapten Arsenal, Cesc Fabregas. Keduanya sering menghabiskan waktu bermain game Pro Evolution Soccer di PlayStation. Messi terpukul saat Fabregas dijual ke Arsenal. Gambar Messi sekarang menjadi sampul game Pro Evo. Dia juga membintangi video untuk mempromosikan game tersebut. 

Messi tak pernah menyaksikan highlight sepakbola di televisi yang menampilkan dirinya. Messi memiliki dua saudara sepupu yang juga bermain bola.Mereka adalah Maxi Biancucchi dan Emanuel Biancucci. 

Maxi bermain di klub Meksiko, Cruz Azul, sedangkan Emanuel memperkuat klub Jerman,
TSV 1860 Muenchen. 


Messi adalah pemain keenam yang mampu melesakkan empat gol pada Liga Champions. Sebelumnya ada Andrei Shevchenko, yang mencetak empat gol untuk AC Milan saat melawan Fenerbahce pada November 2005.

Messi Memimpin Argentina menjuarai Piala Dunia Junior tahun 2005 di Belanda. Dia mencetak dua penalti di final yang mengantar ‘Tango’ menang 2-1 atas Nigeria. Sama seperti Maradona, dia mengakhiri turnamen dengan menggondol status pemain terbaik (bola emas) dan top scorer (sepatu emas). 

Messi menjalani debut bersama timnas Argentina dalam sebuah laga persahabatan menghadapi Hongaria di Agustus 2005. Hongaria juga adalah negara pertama yang dihadapi Maradona saat menjalani debutnya di timnas Argentina pada usia 16 tahun. 

Meski gagal bersinar di Piala Dunia 2006 karena banyak dibangkucadangkan, Messi menjadi pemain Argentina termuda yang tampil di Piala Dunia dengan umur 18 tahun dan 357 hari. 

Dia pun menjadi pemain termuda Argentina pertama yang mencetak gol di Piala Dunia saat menyumbang gol keenam melawan Pantai Gading. Gol itu juga menjadikannya pemain
termuda keenam di dunia yang mampu mencetak gol di piala dunia. 


Messi bermain luar biasa saat Barcelona melawan Getafe pada April 2007. Gayanya mirip Maradona saat mencetak gol kedua di Piala Dunia 1986 lawan Inggris. Dari tengah, Messi melewati beberapa lawan, kemudian membobol gawang Getafe. Messi pun semakin dijuluki sebagai “Maradona Baru.” Usai pertandingan, rekan seklubnya, Deco, memuji, gol Messi sebagai gol terbaik yang pernah ia saksikan. 

Messi bersinar di Olimpiade Beijing 2008. Dia mencetak dua gol dalam perjalanan Argentina ke final untuk bertemu Nigeria. Di final, dia membuat assist untuk Angel Di Maria, dan menjadi satusatunya gol penentu yang membawa Argentina meraih medali emas. 

Musim 2008-2009 Messi berperan besar membawa Barcelona meraih treble winners: Copa del Rey, Divisi Primera, dan Liga Champions. Barcelona menjadi klub Spanyol pertama yang meraih treble winners.
 

Mei 2009 Messi membantu Barcelona memenangi Liga Champions. Dia mencetak satu gol yang memastikan kemenangan 2-0 Barca atas Manchester United. September 2009, ia menandatangani perpanjangan kontrak baru di Barca hingga 2016. Tahun 2009, Messi dipilih FIFA sebagai pemain terbaik dunia 2009, dan sebelumnya meraih predikat Pemain Terbaik Eropa, menyingkirkan Cristiano Ronaldo dan Xavi Hernandez.
 

Tahun 2009 adalah tahun koleksi gelar bagi Messi. Selain gelar pribadi, dia juga sukses membawa Barcelona meraih banyak gelar. Messi ikut membawa Barcelona juara Divisi Primera La Liga (2004-05, 2005-06, 2008-09), Liga Champions (2006, 2009), Copa del Rey (2009), Piala Super Spanyol (2005, 2006, 2009), Piala Super Eropa (2009), dan FIFA Club World Cup (2009). 

Sejak itu, Messi mendapat julukan baru, La Pulga Atomica atau Kutu Atom. Selain itu, Messi pun kerap dijuluki Maradonita karena dianggap penerus sang legenda Maradona. 

Media-media Spanyol lebih sering menjulukinya Messidona. Julukan lain, Semidios dan Messi-ah. Messi ditunjuk sebagai duta Unicef pada 11 Maret 2010. Di Argentina sendiri, Messi menjadi idola terbesar. Fans selalu berusaha dekat dengannya. 

Sewaktu bermain di Venezuela, seorang gadis rela terjun dari tribun setinggi 5 meter hanya untuk bisa mencium Messi. Messi dan pacarnya, Antonella Roccuzzo, berencana menikah pada akhir 2010. Pacarnya juga berasal dari kampung Messi, Rosario.
 

Quattrick gol Messsi yang membawa Barcelona menang 4-1 atas Arsenal pada leg kedua perempat final Piala Champion April lalu membuat Messi akan dikenang sepanjang masa. Fenomenal, luar biasa, genius, adalah kata-kata yang terlontar sambung-menyambung, baik dari pendukung Barca maupun fans Arsenal. Ada yang menyebut Messi sebagai ”Musketeer” pemberani,Messi supranatural, hingga monster sepakbola.
 

Messi kini menjadi pemain dengan gaji termahal di dunia, mengalahkan David Beckham dan Cristiano Ronaldo. Majalah France Football melaporkan, kekayaan Messi yang berasal dari gaji mencapai 33 juta euro (lebih dari Rp 406 miliar) per tahun. 

Dalam tiga pertandingan terakhir hingga melawan Arsenal di perempat final Champion, Messi selalu mencetak tiga atau lebih gol dalam satu pertandingan. 

Secara keseluruhan 10 gol indah dan spektakuler ia cetak dalam waktu kurang dari tiga pekan.  

Kata Mereka Tentang Messi

”Ia memiliki kapasitas melakukan hal sulit tanpa takut, panik, atau tegang. Leo bisa mengapung di atas lapangan. Kadang-kadang kamu merasa ia tidak berada di sana, bersembunyi. Namun, ia sebetulnya ada dan lawannya tahu bahwa ia ada.” Kata Kolumnis dan mantan bintang Belanda Johan Cruyff 

“Messi adalah jenius yang dahsyat di laga ini. Ia membabat semua peluangnya dengan gaya yang agung dan sentuhan magis” Presiden Barcelona Joan Laporta. 

”Kami dikalahkan oleh tim yang lebih baik dan memiliki pemain terbaik di dunia. Sekali memegang bola, ia (Messi) tidak mampu dibendung. Dia  satu-satunya pemain yang bisa mengubah arah dengan langkahnya.” Manajer Arsenal Arsene Wenger
 

“Ia begitu bagus, luar biasa, dan tak bisa dilawan… Bila sewaktu-waktu ia masuk (ke kotak penalti), Anda membutuhkan dua orang untuk menempelnya. Anda tak bisa mendekatinya dalam duel satu lawan satu. Aku sangat terkesan dengannya.” - Kapten Chelsea, John Terry 

“Untuk menghentikan Messi, Anda perlu senapan. Dor! Dor! Begitulah.” - Pelatih Mallorca, Gregorio Manzano “Messi terlalu hebat sehingga pelatih Diego Maradona kesulitan menentukan posisi dan peran yang tepat untuk Messi (di timnas Argentina).” 

Mantan pelatih Real Madrid, Bernd Schuster “Lionel Messi adalah pemain yang patut ditiru, namun adalah mustahil menjiplak kemampuannya. Tidak ada cara untuk menggambarkan performa Messi. Tidak ada kata (yang tepat). Anda harus melihatnya (secara langsung).” 

Pelatih Barcelona Josep Guardiola “Dia (Messi) memiliki musim yang fenomenal. Dia sedang dalam momen yang bagus dan dia adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa.” 

Bintang Real Madrid, Christiano Ronaldo “Messi adalah lawan yang bisa memberikan mimpi buruk bagi kiper mana pun. Dia adalah pemain terbaik yang pernah kuhadapi dan dia adalah pemain terbaik dunia saat ini. Sangat sulit menghentikan seseorang yang memiliki begitu banyak kemampuan. Dia dapat melakukan apa pun yang dinginkannya dengan bola.”

Kiper Arsenal, Manuel Almunia “Saya hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk yakin bahwa dia memang seorang bintang masa depan. Sepanjang karier saya selama 40 tahun,tak pernah saya melihat seorang pemain yang Kenar-benar bertalenta. Seseorang dengan pengetahuan sepak bola minim pun akan bisa menyadari kemampuan hebat Messi.” 

Mantan pelatih Barcelona, Carles Rexach “Tak satu bek pun di dunia ini yang mampu menghentikan sihir Messi. Dia adalah monster sepak bola. Dia hampir mustahil untuk dihentikan.” 

Defender AC Milan, Gianluca Zambrotta “Messi seorang pemain fenomenal. Dia fenomenal dalam hal cara dia membaca permainan dan pergerakannya.”

Bek Tengah Arsenal, Mikael Silvestre “Leo (penggilan Messi) berada di level yang sama sekali berbeda dari pemain lain di dunia. Bila beruntung, Anda mungkin menemukan pemain seperti ini muncul satu kali dalam 25 tahun.” 

Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez “Messi ibarat musisi jazz. Ia mengimprovisasi lagu lama, lalu pemain band mengikutinya.” 

Kolumnis Spanyol Ramon Besa ”Jika kalah, Anda pasti ingin kalah saat melawan penampilan seperti itu (Messi).” Striker Arsenal Nicklas Bendtner. 

Sumber : 
 


Naskah : Andi Nursaiful 
Foto : Istimewa

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Posting Komentar