.

Barbie Bertato Bikin Marah Orang Amerika

Diposting oleh GaBohong


Sepanjang 52 tahun sejarahnya, Barbie telah sering menerima kritik karena menjadi contoh yang buruk bagi gadis-gadis muda dengan bentuk tubuh yang tidak realistis dan karakter bodohnya.

Tapi tak satu pun yang menyebabkan begitu banyak keributan seperti karakter terbarunya ini: cewek dengan rambut merah muda serta dada dan leher dipenuhi tato.

Mattel, produsen boneka itu, menggambarkan boneka yang sudah habis terjual habis di Amerika Serikat sampai bulan depan itu sebagai "fashionista funky" yang "siap untuk bersenang-senang dalam fashion".

Tapi orang tua dan komentator di seluruh Amerika telah mengkritik imej yang disampaikannya pada anak-anak. Profesor Joel Bakan, penulis 'Childhood Under Siege', menggambarkannya sebagai "tindakan sinis".

"Ini adalah upaya untuk bermain pada keinginan alami gadis-gadis muda untuk tampil lebih tua," kata Prof Bakan. "Ini adalah sesuatu yang harus dilawan."

Boneka seharga $ 50 (Rp 442 ribu) itu dibuat bersama tokidoki, label busana di Los Angeles, dan membawa sebuah tas dengan logo perusahaan. "Hal ini juga mendorong perempuan untuk menjadi billboard berjalan," kata Prof Bakan.

Holly Lebowitz Rossi, seorang penulis untuk parents.com, mengatakan: "Bagi mereka yang melihat Barbie sebagai model peran bagi anak perempuan yang kuat dan diberdayakan, boneka tokidoki adalah terlalu seksi dan tidak pantas."

Dalam sebuah pernyataan, Mattel mengatakan bahwa boneka itu lebih ditujukan pada "kolektor boneka dewasa".



Sumber