.

Dompet Pintar yang Bisa Kontrol Penggunaan Uang

Diposting oleh GaBohong


Bagi Anda yang boros dalam pengeluaran uang, sepertinya wajib menyimpan uang Anda di dompet yang satu ini. Di Inggris, telah diciptakan dompet yang bisa 'menyempit' saat uang Anda tinggal sedikit.

Dompet yang diciptakan MIT (Massachusetts Institute of Technology) ini juga bisa 'membengkak' ketika Anda punya banyak uang (di rekening bank) dan menyusut jika isi tabungan menipis. Bisa dibilang, dompet ini akan melindungi benda-benda yang ada di dalamnya, bahkan dari pemiliknya sendiri.

"Dompet ini bisa melindungi keuangan Anda. Saat Anda ingin berhemat, dompet tidak akan bisa terbuka. Ini tentu saja bisa membantu Anda tetap berpedoman pada bujet bulanan," ujar para peneliti, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Dompet ini bisa bekerja dengan menghubungkan prototype --di dalam dompet-- ke ponsel Anda melalui Bluetooth. Kemudian prototype tersebut akan berkomunikasi dengan komponen kecil yang disematkan dalam dompet untuk mengontrol engsel atau kenop pembuka/penutup pada dompet.

"Berbagai fitur seperti pelacak gerakan jari dan microprocessor tertanam dalam alat kecil, dan software yang beroperasi pada ponsel Anda. Dompet akan berdengung melalui penggerak getar kapanpun bank Anda memroses transaksi," jelas peneliti.

Tak hanya mengontrol keuangan, dompet ini juga bisa memberi Ande peringatan ketika ada pihak yang melakukan transaksi di rekening tanpa sepengetahuan Anda (baca: hacker/pembobol rekening tabungan).

Meskipun dilengkapi perangkat komputer, dompet yang diberi nama Proverbial Wallet ini aman diduduki. Ia berkomunikasi lewat ponsel melalui Bluetooth dan bisa menggunakan koneksi data untuk mendapatkan informasi finansial dari akun bank si pengguna (yang sebelumnya telah disetting dalam ponsel atau smartphone). Jadi bagi pengguna kartu kredit atau debit, dompet ini sangat berguna untuk mengatur pengeluaran uang.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai pemasaran dompet canggih ini. Berapa harganya dan bisa dibeli di mana pun belum diberitahukan oleh MIT sebagai pihak pengembang.

Sumber