.

Remaja AS Ini Penakluk 7 Puncak Dunia Paling Muda

Diposting oleh GaBohong


Seorang remaja Amerika Serikat mengukir rekor sebagai orang termuda yang mendaki gunung-gunung tertinggi di ketujuh benua.

Remaja bernama Jordan Romero yang bar berusia 15 tahun mencapai puncak gunung Vinson Massif di Antartika setinggi 4.897 meter Sabtu lalu untuk menyelesaikan misi yang dimulainya enam tahun silam.

Timnya yang termasuk ayahnya dan ibu tirinya berharap bisa turun kembali ke base camp mereka Minggu ini.

Pada 10 tahun, Jordan memulai misinya dengan mendaki gunung Kilimanjaro di Afrika. Di usia 13 tahun anak kelahiran California ini mendaki gunung tertinggi di dunia Mount Everest.

Ia menelepon ibunya, Leigh Ann Drake, Sabtu lalu untuk mengkonfirmasi dirinya telah mencapai puncak Vinson Massif.

Jordan mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang pendaki gunung asal Inggris, George Atkinson, yang menyelesaikan pendakian ketujuh puncak dunia itu di usia 16 tahun Mei lalu.

Dalam halaman Facebook Jordan, Find Your Everest, timnya menulis: "Semuanya sudah dalam buku. Anak ini dan team summit dengan jari tangan dan kaki yang lengkap. Penurunan masih harus dilakukan. Kemudian kami akan merayakannya."

Dalam pesan audio yang direkam di puncak tersebut, ayah Jordan, Pete, mengatakan kecepatan angin mencapai 15-knot (27km/jam) dan temperaturenya minus 32 derajat Celcius.

"Hari yang legendaris. Tim ini jelas sangat tangguh seperti seharusnya," katanya. "Dewa-Dewa gunung mengizinkan kami mendaki hingga ke puncak Mt Vinson. Tim ini mendaki tanpa cacat – kerja sama tim yang sempurna."

Puncak-puncak lainnya yang telah didaki Jordan adalah Mt Elbrus di Rusia (Juli 2007), Mt Aconcagua di Argentina (Desember 2007), Mt McKinley di AS (Juni 2008) dan Carstensz Pyramid di Indonesia (September 2009). Pada April 2007, ia juga mendaki gunung tertinggi di Australia, Kosciuszko.

Sumber