.

9 Uang Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia

Diposting oleh GaBohong


Uang, tentu sudah pada tahu kan gan? Yaitu alat pembayaran yang sah digunakan diberbagai negera di seluruh dunia. Henah tadi coba cari artikel di LintasBerita.com untuk dibagi-bagi sama agan-agan dan sista ni. Ketemu sama artikel unik mata uang paling aneh di dunia. Berikut ini para tersangkanya  :

1. Uang aneh terbuat dari kayu lembaran (Germany)

Uang ini pernah dipakai sebagai uang darurta gan. Yaitu saat Jerman pada masa pemulihan pasca World War part I. Tau gak gan? saking daruratnya ‘uang dadakan’ tersebut juga dicetak dengan bahan lain yang ada. Yaitu allumunium foil, kain sutra.
uang aneh 1
click to zoom : uang dari kayu
Bahkan lucu gan !! kartu remi sisa-sisa perang juga dipakai untuk bahan cetak, hihihi, ada-ada saja ya gan. Kolektor uang pasti berani bayar mahal untuk mendapatkan uang-uang aneh seperti ini. Yang paling mahal adalah uang batu, yaitu batu yang dicetak jadi uang koin pada masa itu.

2. Uang aneh berisi ancaman kematian (hukuman mati) – Amerika, saat dijajah Inggris kala itu.

Sudah diakui dunia kalao US Dollar (US$) menajdi mata uang paling stabil. Juga dianggap sebagai safe heaven currency. Sejarah menceritakan, uang ini telah banyak melawan dan memerangi pemalsuan uang. Pada awal penjajahan Inggris di Amerika sangat mudah membuat uang palsu.
uang aneh 2
click to zoom : uang berisi ancaman
Pemerintah pun gak tinggal diam, mereka memberikan ancaman bagi siapa saja yang berani mencetak uang palsu, nah lo? Yaitu dengan menambahkan ancaman paca cetakan uang resmi. Ancamannya adalah ‘To Counterfeit is Death’ yang artinya Untuk Pemalsuan adalah Kematian, nah lo?

3. Uang aneh dari kumpulan voucher-voucher belanja (Vietnam)

Uang awam berfungsi untuk membeli segalanya kan gan? Dengan uang kita bisa membeli pakaian, makanan bahkan rumah bertingkat. Jika kita berfikiran seperti itu maka ternyata tidak lo gan. Uang di Vietnam pada tahun 70an hanya berlaku sebagai voucher-voucher belanja.
uang aneh 3
click to zoom : uang voucher
Uang voucher tersebuthanya bisa dipakai membeli uang pakaian dan aksesorisna. Cara penggunaannya mungkin dengan memotong uang tersebut kali ya gan. Satu potongan untuk beli baju, satu potongan voucher lagi untuk beli celana. Dan potongan lain untuk beli ikat pinggang dan sebagainya.

4. Mata uang aneh dari bahan komoditas

Komoditas yang paling tua digunakan sebagai pembayaran adalah garam, yaks garam. Kata ‘salary’ alias gaji pun sebenarnya berasal dari bahasa Latin ‘salarium’. Salarium uang yang telah dibayarkan kepada para prajurit Roma guna membeli salt (garam).
uang aneh 4
click to zoom : uang dari bahan komoditi
Bukan hanya itu saja, garam juga dipakai sebagai mata uang oleh masyarakat di gurun Sahara selama berabad-abad lamanya. Juga dipakai secara luas di Afrika Timur. Di Indonesia juga kali ya gan? :D
Mata uang unik dari komoditas lainnya adalah :
  • Reng, mata uang dari bola benang yang dibungkus didalam sabut kelapa. Mata uang ini digunakan di Kepulauan Solomon dulu kala.
  • Di Meksiko dan Amerika Tengah menggunakan Kakao sebagai alat pembayaran
  • Bahkan di Italia, Keju Parmigiano Reggiano dipakai sebagai jaminan pinjaman.

5. Uang aneh pecahan dengan nilai terbesar (Hungaria)

Sampai saat ini belum ada yang mengalahkan rekor nilai mata uang ini gan. Mata uang ini dicetak pada tahun 1946 di Hungaria. Yaitu mata uang dengan nominal 100,000,000,000,000,000,000 Pengo. Berapa tuh gan? Seratus juta trilliun pengo gan, ckckck.
uang aneh 5
click to zoom :
Saat itu kurs hanya sekitar 20 US cent. Coba ajja lihat tuh gan cetakannya, hanya ditulis jumlah mata uangnya saja. Ini dilakukan karena mungkin gak muat lagi ya untuk cetak nol nya hihi.

6. Uang aneh modifikasi karena kudeta (Zaire)

Zaire, sekarang berganti nama menjadi Republik Demokrasi Kongo atau The Democratic Republic of the Congo. Tahun 1997 rezim pemerintahan saat itu di kudeta. Pemerintah sibuk mencetak dan mendesain uang baru. Selain juga karena jumlah sangat terbatas saat itu.

uang aneh 6
click to zoom : uang modifikasi
7. Uang aneh dari kulit tupai (Rusia)

Kulit tupai merupakan alat pembayaran (uang ) yang sah digunakan di Rusia pada beberapa abad silam. Bukan hanya kulit tupai saja, bagian lain tubuh tupai yang mati juga dijadikan sebagai uang. Seperti kuping, hidung dan kuku-kukunya.
Bagian tubuh-tubuh tupai yang mati ini berfungsi sebagai uang kecil alias uang recehan. Bisa jadi Rusia saat itu terbebas dari penyakit-penyakit yang ditularkan oleh binatang bernama tupai ini kali ya gan?
uang aneh 7
click to zoom : uang aneh dari kulit binatang

8. Koin perak bonus air suci (Kepulauan Palau)

Uang kertas USD boleh berbangga ada cetakan ‘In God We Trust’ . Tapi tunggu dulu, kepulauan Palau selangkah lebih maju lagi lo. Pada tahun 2007 negara ini mencetak koin perak dengan gambar seorang perawan yang suci.
uang aneh 8
click to zoom : koin dengan air suci
Uniknya perawan ini menyertakan botol kecil berisi beberapa tetes air suci. Air suci ini diambil dari mata air di Lourdes Prancis. Negara Palau juga pernah mencetak koin berisi mutiara. Bahkan pernah pula mencetak koin berisi batu meteor.

9. Uang aneh dari batu raksasa (Pulau Yap – Kepulauan Solomon)

Dari sekian mata uang unik yang ada dunia mungkin ini yang paling aneh, uang dari batu raksasa. Ya bener, jika kita ke pulau Yap (kepulauan Solomon) kita bisa menjumpai mata uang raksasa dari batu ini. Mata uang terbesar dan teraneh di dunia.
uang aneh 9
click to zoom : uang dari batu raksasa
Terbuat dari batu Rai (sejenis batu kapur). Uang langka ini berbentuk lingkaran. Memiliki diameter 12 kaki dan berat 8 ton, na lo? Cara pakai untuk beli ne gimana hayoo? Dompet e seberapa yaks?

Sumber