.

5 Dinosaurus Unik Masa Prasejarah

Diposting oleh GaBohong


Ada banyak binatang unik yang hidup saat ini, baik unik dalam sisi bentuk badan, dalam mencari makan, berkembang biak dan sebagainya.
Tetapi hanya sedikit yang mengetahui bagaimana uniknya binatang yang hidup pada jaman prasejarah. Dan berikut adalah 5 dinosaurus yang mempunyai bentuk yang cukup unik berdasarkan dari fosil yang telah ditemukan.

1. Deinotherium
Mahluk jenis ini mempunyai postur seperti gajah, tidak hanya besar mereka juga memiliki sepasang taring dibawah mulutnya (gading). Bentuk taring atau gading uang unik ini mungkin mempunyai fungsi sebagai alat penggali tanah untuk mendapatkan makananan berupa akar pepohonan dan juga sayuran.
Umur gadingnya relatif lebih singkat dibandingkan dengan Proboscidean (gajah jaman prasejarah) lainnya. Deinotherium mempunyai ukuran antara 12-15 meter, membuat mereka salah satu mamalia terbesar yang ada di bumi.

2. Therizinosauridaes
Theropoda misterius terkenal karena leher panjang dan cakar besar mereka, panjang cakarnya mencapai satu meter. Namun, tidak seperti kebanyakan theropods (dinosaurus berkaki dua) lain, mereka herbivora (setidaknya hampir sebagian besar dari mereka). Beberapa dari Therizinosauridaes mungkin memiliki bulu lebat yang panjang.






3. Epidexipteryx
Epidexipteryx memberikan sejarah evolusi burung yang cukup menarik untuk dipelajari. dinosaurus ini termasuk dalam keluarga Scansoriopterygidae (dalam bahasa artinya climbing wings atau sayap pendaki), tidak mempunyai bulu-bulu untuk terbang, tetapi memiliki empat bulu yang panjang pada ekornya. Bulu ini tidak mempunyai fungsi apa-apa, hanya sebagai pajangan saja, mungkin dari situlah nama Epidexipteryx didapatkan (Display Feather).
Epidexipteryx hidup di China sekitar 152-168 juta  tahun  yang lalu dan juga termasuk sebagai salah satu dari dinosaurus terkecil, hanya mencapai 25 cm (tidak termasuk tinggi bulu ekornya) tingginya sebagai orang dewasa  atau seukuran burung merpati.

4. Epidendrosaurus
dinosaurus satu ini termasuk dalam keluarga yang sama seperti  Epidexipteryx dan merupakan dinosaurus paling awal yang hidup di pepohonan, saat yang penting dalam evolusi burung. Epidendrosaurus memiliki jari ketiga yang panjang, dua kali panjang dari jari-jarinya yang lain. Jari ini digunakan untuk menggali serangga.



5. Microraptor
Dinosaurus mirip burung ini memiliki empat sayap dan ekor yang berbulu. Tidak halnya burung yang memiliki sayap untuk terbang, sayap pada Microraptor berguna untuk menjaga keseimbangan pada saat meluncur dari satu tempat  ke tempat, seperti layaknya tupai terbang.
Kemampuannya meluncur akhirnya berkembang menjadi dinosaurus yang dapat terbang, diperkirakan makhluk ini termasuk salah satu nenek moyang burung dan dinosaurus.




sumber : http://kasakusuk.com/15-binatang-unik-jaman-prasejarah-01