.

Bibel Turki Berumur 1500 th Ini Mungkin Injil Barnabas

Diposkan oleh GaBohong


Injil
Vatikan meminta Turki agar diperbolehkan memeriksa sebuah Bibel berusia 1.500 tahun yang ditemukan polisi tahun 2000 lalu.

Menurut harian setempat, Bugun, Bibel kuno itu ditulis dalam bahasa Aram –bahasa yang dipakai Yesus—dan diyakini bernilai TL40 juta.

Menurut laporan Bugun,  Bibel tersebut disita dari sekelompok penyelundup barang-barang antik, yang berhasil dibekuk polisi lewat operasi penyergapan tahun 2000 lalu. Bibel dan semua artefak yang berhasil diselamatkan, kemudian disimpan di sebuah tempat aman di Ankara.


Bibel, yang kabarnya disimpan di sebuah gedung pengadilan selama bertahun-tahun itu, baru-baru ini diserahkan perawatannya kepada Museum Etnografi Ankara.

Bibel bersampul kulit, dan terbuat dari lembaran-lembaran kulit itu telah disalin dengan menggunakan mesin fotokopi Xerox. Harga salinannya dikabarkan bernilai 3-4 juta Lira Turki.

Menurut harian setempat lainnya, Star, kemungkinan Bibel itu merupakan Injil Barnabas, yang menurut Islam adalah Injil yang asli dan kemudian ditambahi dan dikurangi isinya.

Salinan Injil Barnabas tertua saat ini berasal dari abad ke-16 Masehi dan ditulis dalam bahasa Italia dan Spanyol. Injil Barnabas itu tidak mencakup Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

Injil Barnabas bertentangan dengan ajaran dalam Kitab Perjanjian Baru terkait Yesus dan kedudukannya. Namun, Injil Barnabas justru banyak kesamaan dengan pandangan Islam tentang Yesus (Nabi Isa). Isi ajarannya juga banyak yang sama dengan Islam, termasuk tentang ramalan Yesus dalam masalah kedatangan nabi terakhir, Muhammad. Demikian lapor kantor berita Cihan.*

sumber : http://hidayatullah.com/read/21332/23/02/2012/vatikan-ingin-periksa-bibel-1500-tahun-milik-turki.html