.

Cara Klise Paling Jitu Turunkan Berat Badan

Diposting oleh GaBohong


cara mengatasi berat badan
Orang dewasa yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan kadang bingung bagaimana cara menguranginya. Sebenarnya ada strategi jitu untuk turunkan berat badan bagi orang yang obesitas.

Para peneliti mengungkapkan strategi sukses yang paling efektif untuk menurunkan berat badan bagi orang dewasa yang obesitas adalah mengonsumsi sedikit lemak dan banyak berolahraga. Meski terdengar klise, tapi cara ini memang terbukti efektif dan benar.

"Ada persepsi bahwa orang gemuk tidak bisa menurunkan berat badan, tapi peserta obesitas yang melakukan strategi ini berhasil menurunkan berat badannya," ujar ketua penelitian Jacinda M Nicklas, MD, MPH, MA, dari Beth Israel Deaconess Medical Center dan Harvard Medical School, seperti dikutip dari MedIndia, Rabu (11/4/2012).

Dalam studi ini peneliti melakukan analisis data dari National Health and Nutritional Examination Survey tahun 2001-2006 yang melibatkan partisipan lebih dari 4.000 orang dewasa obesitas dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih tinggi.

Partisipan melaporkan adanya penurunan berat badan minimal 5 persen dari berat badan semula jika mereka melakukan pola sedikit lemak dan banyak berolahraga. Serta penurunan minimal 10 persen berat badan jika digabung dengan program penurunan berat badan.

"Meski pedoman merekomendasikan turun 10 persen dari berat badan untuk tingkatkan kesehatan, tapi studi ini menemukan penurunan berat badan sebesar 5 persen sudah memberikan manfaat bagi kesehatan," ujar Dr Nicklas.

Peneliti mengungkapkan diet dengan hanya mengonsumsi cairan atau minum, mengonsumsi pil diet yang tidak disertai dengan resep dokter serta diet populer yang ada saat ini tidak menunjukkan penurunan berat badan yang sukses dan efektif.

Hasil ini juga menunjukkan banyak orang menggunakan strategi yang salah dalam menurunkan berat badannya sehingga tidak memberikan hasil yang signifikan, termasuk penggunaan obat-obatan yang mengklaim bisa mengurangi berat badan. Untuk itu diharapkan masyarakat menggunakan metode yang terbukti lebih efektif dan benar.