.

Ini Dia Perempuan Buta Pertama yang Keliling Dunia

Diposting oleh GaBohong


Cathy Birchell menjadi wanita tuna netra pertama di dunia yang menjalani perjalanan keliling dunia naik motor dibonceng suaminya Bernard.
Cathy Birchell
Cathy Birchell
 
Dilansir Visordown, Senin 24 September 2012, perempuan berusia 55 tahun asal kota Warrington, Inggris ini belum pernah menunggangi motor sebelum bertemu dengan Bernard.  Mereka ternyata memendam hasratnya untuk melakukan perjalanan keliling dunia dengan menunggangi motor BMW R100RT lansiran 1990. 

Cathy yang menderita rtinitis pigmentosa bertemu pria yang kini telah menjadi suaminya Bernard Smith pada tujuh tahun lalu, ketika dia bekerja sebagai pengajar di Royal National Institute of Blind People dan aksi amal Action For Blind People.
Untuk mewujudkan impiannya keliling dunia menggunakan sepeda motor, keduanya sepakat mengambil cuti selama setahun.

Perjalanan mereka dimulai pada Agustus 2008 lalu. Perjalanan pasangan tersebut mencakup Asia, Australia, Amerika Selatan dan Amerika Utara. Ketika tiba di Peru, Cathy pun menjadi perempuan tuna netra pertama yang mendaki gunung Huayana Pichu.

Cathy merekam semua pengalamannya menggunakan tape recorder. Sedangkan Bernard dengan menggunakan interkom untuk menggambarkan suasana daerah yang mereka kunjungi kepada Cathy.

"Saya bisa mencium panasnya gurun, dinginnya pegunungan, serta mendengar hiruk pikuk di jalan pasar. Saya juga berbicara kepada masyarakat biasa yang kami temui di perjalanan," kata Cathy.

Sayangnya, enam minggu setelah kembali dari perjalanan itu, Cathy didiagnosa menderita kanker payudara. Sampai saat ini, dia masih berjuang dengan penyakitnya itu.
Sekarang dia telah merilis buku berjudul "'Touching The World: A Blind Woman, Two Wheels and 25.000 Miles". Buku itu diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada semua orang terutama kepada yang hobi melakukan perjalanan jauh menunggangi motor, alias touring.