.

Excalibur, Arena Wall Climbing Tertinggi di Dunia

Diposkan oleh GaBohong


img
Olahraga ekstrim wall climbing atau panjat dinding pasti sudah sering Anda dengar. Kota Groningen di Belanda punya kejutan untuk traveler pecinta panjat tebing. Excalibur, arena panjat dinding tertinggi di dunia ini siap menantang adrenalin!

Menaklukan arena panjat dinding paling menantang, mungkin ini salah satu alasan traveler pecinta panjat dinding mengunjungi Kota Gronigen di Belanda.
img
Ya, Negeri Kincir Angin ini punya destinasi seru untuk pelancong yang hobi melakukan panjat dinding. Excalibur merupakan sebuah tower arena panjat dinding yang berada di Klimcentrum Bjoeks.

Dalam situs UK Climbing yang detikTravel kutip, Senin (29/10/2012), dinding ini menjadi arena pendakian paling tinggi di dunia. Excalibur menjulang 37 meter, setingkat lebih tinggi dari dinding Stone Works di Texas, Amerika Serikat.

Setiap harinya, banyak traveler dari berbagai negara yang datang dan penasaran dengan dinding ini. Sekilas dinding ini memang biasa saja, tapi bentuknya yang menyerupai kurva membuat beberapa traveler untuk berpikir dua kali sebelum memanjatnya!
img
Semua traveler boleh mencoba menaklukan dinding ini. Tantangan utamanya adalah, semakin dekat dengan puncak menara, maka jalurnya semakin miring. Kemiringan menara ini sekitar 45 derajat. Dengan begitu, pemanjat membutuhkan tenaga ekstra.

Selain itu, bentuk, ukuran, serta jarak pijakan dan penumpu yang berbeda-beda juga menjadi kendala. Anda harus berusaha menjaga kestabilan tubuh dan bisa melawan hempasan angin Kota Groningen.
img
Tidak mustahil untuk Anda mencapai puncak menara ini. Bila berhasil, dari atas menara ini pemanjat bisa melihat panorama Kota Groningen. Namun, kebanyakan dari mereka yang sudah bisa mencapai puncak mengatakan, berada di atas menara ini jauh lebih menyeramkan ketimbang saat memanjat.

Kini, arena panjat dinding ini semakin terkenal ke seluruh dunia. Bila Anda berminat, bisa langsung mengunjungi Klimcentrum Bjoeks atau Bjoeks Climb Center. Bjoeks dibangun pada tahun 1996 oleh Gert van deer Veen dan seorang teman bernama Alco Pols.

Dari atas menara ini, Anda akan merasa melayang di udara dan terombang-ambing. Pastikan kondisi tubuh Anda sangat sehat dan minimal bisa melakukan panjat dinding. Bila tidak memiliki keahlian panjat dinding, traveler bisa berlatih di arena yang lebih mudah terlebih dahulu.

Tidak perlu khawatir, di Klimcentrum Bjoeks juga terdapat area wall cimbing indoor dan outdoor. Ketinggian area wall climbing di tempat ini pun beragam, mulai untuk pemula sampai yang paling mahir. Puncak tantangannya adalah Excalibur Tower. Sudah siap?


Sumber