Unik

Ma'nene, Ritual Ganti Pakaian Mayat Leluhur Toraja

Prosesi penggantian baju jasad leluhur yang digelar setiap 3 tahun sekali, prosesi adat ini dinamakan Ma'nene.



Sejumlah anggota keluarga menggotong peti berisi jasad leluhur untuk digantikan bajunya dalam prosesi adat Ma'nene di Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (24/8).




Tetua adat bersama keluarga menggotong jasad leluhurnya sebelum dipakaikan pakaian baru dalam prosesi adat Ma'nene di Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (24/8).




Prosesi Ma'nene digelar setiap 3 tahun sekali. Prosesi ini dilakukan oleh pihak keluarga dan tetua adat dengan membersihkan dan menggantikan pakaian lama dengan yang baru jasad leluhur.




Pihak keluarga didampingi tetua adat melepas pakaian lama jasad leluhur.




Seorang anggota keluarga membersihkan jasad leluhurnya dengan menggunakan kuas. Mayat-mayat ini telah berumur ratusan tahun tersimpan dalam keadaan utuh, karena sebelumnya telah diberi bahan pengawet.




Seorang anggota keluarga membersihkan jasad leluhurnya sebelum dipakaikan pakaian baru dalam prosesi adat Ma'nene di Toraja.




Bungkusan jasad dan tengkorak terlihat di dalam peti tempat kuburan batu (Patane) selama prosesi adat Ma'nene di Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (24/8).




Tetua adat bersama keluarga menggotong jasad leluhurnya keluar peti. Setiap 3 tahun sekali masyarakat yang bermukim di sekitar pegunungan Sesean, Toraja, Jumat (24/8), menggelar prosesi adat Ma'nene atau mengganti pakaian jasad leluhur yang disemayamkan di dalam peti tempat pekuburan Patane.

Post a comment

Next Post
Posting Lebih Baru
Previous Post
Posting Lama