Para Orang Pendek Penakluk Dunia

Diposkan oleh GaBohong

Ada pendapat berbunyi, "Orang berwajah menawan dan tubuh sempurna lebih mudah mendapat kemudahan dalam hidup." Namun, bukan berarti orang dengan ukuran 'di bawah rata-rata' tidak bisa mencapai sukses.

Banyak pemimpin dunia dan orang-orang terkenal sepanjang sejarah terlahir tidak tinggi besar. Toh, mereka bisa berdiri lebih tinggi dari kaum yang mereka pimpin. Siapa saja contohnya?

Genghis Khan - 154 cm


Genghis Khan adalah kaisar pendiri salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah - kerajaan Mongol. Meskipun tingginya hanya 5 ft 1 inci (setara 154 cm), ia adalah salah satu komandan terbaik dan prajurit paling ganas di dunia.

Dengan kekuatannya, Genghis Khan bisa menyatukan suku-suku nomaden di timur laut Asia lalu mendirikan kekaisaran Mongol. Wilayah kekuasaannya membentang dari semenanjung Korea hingga sebagian wilayah Eropa.

Yasser Arafat - 157 cm

Yasser Arafat adalah pemimpin Palestina dan ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Tinggi tubuhnya hanya 5 ft 2 inci, namun sosoknya disegani pihak musuh, bangsa Yahudi di Israel.

Dia menghabiskan seluruh hidupnya untuk kemerdekaan Palestina sampai ia meninggal pada tanggal 11 November 2004 di usia 75 tahun.

Yuri Gagarin - 157 cm

Siapa orang yang pertama tercatat dalam sejarah modern pergi ke luar angkasa? Yuri Gagarin, seorang kosmonot Soviet. Jangan kaget, tingginya hanya 5 ft 2 in sama seperti Yasser Arafat.

Di negaranya, Yuri termasuk orang 'mungil' karena tinggi tubuh di sana rata-rata di atas 180 cm. Bagaimanapun, ia telah menginspirasi banyak orang. Bahwa, untuk menjadi kosmonot bukan ditentukan oleh ukuran tubuh, tetapi isi otak. Berkat jasanya, Yuri dianugerahi sebagai Pahlawan Uni Soviet.

Mahatma Gandhi - 160 cm

Mahatma Gandhi - Bapak Bangsa India - adalah salah satu tokoh yang paling menonjol di dunia. Ia memainkan peran penting dalam memperoleh kemerdekaan India dari pemerintahan Inggris yang berkuasa lebih dari satu abad. Hebatnya, perjuangan Gandhi dilakkukan dengan jalan non-kekerasan.

Tinggi Gandhi hanya 5 ft 3 in. Masih termasuk ukuran rata-rata pria Asia. Namun mengingat perannya sebagai pemimpin perjuangan, ia harus berhadapan dengan bangsa Inggris yang pastinya punya ukuran tubuh tinggi layaknya bangsa Eropa.

Voltaire - 160 cm

Fran├žois-Marie Arouet, lebih populer sebagai Voltaire, adalah seorang filsuf penulis Perancis terkenal. Karya-karyanya yang berjumlah ribuan hingga kini menjadi rujukan penting. Sepanjang hidupnya, Voltaire adalah pendukung reformasi sosial di Prancis.

Pablo Picasso - 162 cm

Dalam dunia seni lukis, nama Pablo Picasso begitu populer. Meskipun hanya 5 ft 4 in, Pablo Picasso dikenal karena keajaiban kuas catnya. Kreativitas Picasso tidak hanya terbatas pada kanvas, ia juga membuat patung dan karya arsitektur.

Vladimir Lenin - 165 cm

Vladimir Lenin adalah seorang pemimpin partai Bolshevik, yang bertindak sebagai Kepala Negara pertama dari Uni Soviet. Lenin memainkan peran penting dalam penyebaran Leninisme, yang diyakini merupakan adaptasi dari Marxisme. Bicara soal komunisme, berarti harus menyertakan nama Lenin selain sang guru besar, Karl Marx.

Charlie Chaplin - 165 cm

Rasanya hampir tidak ada orang di dunia ini yang tidak mengenal Charlie Chaplin, komedian yang menginspirasi dunia lawak hingga sekarang.

Charlie Chaplin adalah seorang direktur pelawak, aktor dan film Inggris, yang jadi 'penguasa' layar perak pada paruh pertama abad ke-20. Rasa humor dan komedi slapstick-nya membuatnya menjadi tokoh kultus, yang dihormati oleh jutaan orang di seluruh dunia bahkan sampai hari ini. Tapi mungkin tak banyak yang tahu tingginya hanya 5 ft 5 in.

Diego Maradona - 165 cm

Siapa legenda sepak bola abad 20, Pele? Bisa jadi lebih fenomenal Maradona. Ia bukan hanya mahir mengolah si kulit bundar, tetapi juga jadi jenderal yang bisa mengangkat tim yang tidak diunggulkan jadi raksasa menakutkan. Yap, di Napoli Maradona menjadi kunci kebangkitan tim berjuluk Partenopei tersebut.

Belum lagi namanya semakin terkenal karena gol 'tangan tuhan' yang tetap dikenang sepanjang masa. Di abad 21, boleh jadi Messi merupakan reinkarnasi Maradona. Walau bedanya, Messi kini terlihat bertambah tinggi karena ikut program ortopedi.

Sumber