.

Mobil Terkecil di Dunia Hidup Lagi

Diposkan oleh GaBohong


detail berita
Kendaraan yang pernah menjadi mobil terkecil sedunia, Peel P50, mendapatkan banyak popularitas setelah tampil dan dikemudikan oleh jurnalis automotif kawakan, Jeremy Clarkson. Saat itu Clarkson mengelilingi kantor BBC dan disiarkan acara televisi Top Gear.

Pada tahun 1960-an Peel 50 diproduksi di kepulauan Man yang masih di bawah kekuasaan kerajaan Inggris. Namun kejayaannya sebagai mobil terkecil di dunia telah habis dan digantikan dengan serbuan mobil kecil (kei car) asal Jepang.

Sekarang bagi siapa saja yang menginginkan mobil ini bisa mendapatkan replikanya dengan harga USD26 ribu atau sekitar Rp255 juta. Harganya memang sangat mahal, tapi P50 lebih modern dan diproduksi oleh pabrikan Inggris, Modern Microcars.

Menggunakan mesin empat langkah milik Honda, dan pembaruan pada kelistrikan serta mekanikal telah diberikan untuk meningkatkan kemampuan ketika menghadapi kondisi jalan era modern. Penggerak menggunakan rantai konvensional dan kopling layaknya sepeda motor.

Penggunaan mesin tersebut jelas menjadikan emisi gas buang lebih minim serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, P50 lawas menggunakan mesin dua tak. P50 modern ini bisa jadi adalah salah satu cara termurah berkendara dalam guyuran hujan, sebagai tambahan diberikan kapasitas kargo tambahan yang diderek di belakang.

Berikut penampakan lainnya:
 


Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar