.

Gunung Berapi Nyiragongo Simbol Dewa Kematian di Afrika

Diposting oleh GaBohong


Nyiragongo (juga dieja Niragongo), salah satu dunia yang paling indah dan gunung berapi aktif, adalah sebuah stratovolcano yang terletak dekat Danau Kivu di perbatasan timur DRCongo dengan Rwanda in Virunga National Park.

Ini memiliki diameter 1.2 km berkonperensi caldera mengandung Danau lava paling aktif dan terbesar di dunia.

Nyiragongo terkenal karena lahar sangat cairan yang berjalan sebagai air ketika Danau lava mengalir. Pada tanggal 17 Januari 2002, Nyiragongo meletus dan lava danau yang dikeringkan dari celah di bagian lereng Barat. Pusat kota kota Goma, ibukota provinsi Timur Virunga telah dihancurkan oleh aliran lava voluninous.


Quote:
Lava pijar panas yang dikeluarkan oleh gunung ini bisa mencapai 1100 derajat Celsius (2000 derajat Fahrenheit).Setiap hari danau lava itu melepaskan sekitar 6.300 ton kubik sulfur dioksida, unsur utama dalam hujan asam. Jumlah ini melebihi jumlah total dari semua mobil dan pabrik di seluruh Amerika Serikat.

Seorang turis meninggal pada tahun 2007; dia terjatuh ke gunung berapi ini. Gunung berapi ini sudah pernah menagalami erupsi dua kali dalam 25 tahun terakhir ini, terakhir pada tahun 2002, ketika semburan lava dari celah-celah gunung menuruni lereng-lereng langsung menuju Goma - memaksa 350.000 penduduknya untuk mengungsi dan menyapu bersih segala yang ada di kota tersebut.


Kawah Lava Terbesar di Lembah Retakan Besar
Volkanisme yang berhubungan dengan peretakan benua pun aktif di Lembah Retakan Besar, dan inilah yang akan menjadi cerita utama tulisan ini. Dalam beberapa bulan terakhir ini, saya mengamati tulisan-tulisan di berbagai jurnal sains dan sains populer yang cukup banyak membahas sebuah gunungapi bernama Nyiragongo yang terletak di tepi timur Republik Demokratik Kongo, Afrika. Nyiragongo tepat duduk di atas Lembah Retakan Besar Afrika Timur.

Popularitas Gunung Nyiragongo (3470 m dpl) ini adalah karena gunungapi aktif ini memiliki kawah berisi lava mendidih terbesar di dunia dengan temperatur sekitar 1200 C. Lebar kawah sekitar 1,7 km, dalam 250 meter, diperhitungkan diisi oleh sekitar 282 juta kaki kubik lava mendidih yang datang dari kantong magma di bawah kawah ini. Kawah superpanas ini dikelilingi oleh dinding batuan lava lama setinggi 15 meter.

Nyiragongo telah terbukti maut untuk penduduk Kongo yang tinggal di bawah gunung api ini. Saat terjadi erupsi, kolom-kolom tinggi lava pijar sering dilemparkan ke langit dan jatuh menimpa kota/desa di sekitarnya, atau kawah lavanya meluap, membobol pagar dindingnya dan membanjiri kota/desa di bawahnya. 



Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Posting Komentar