.

Dokumen Matematika China Kuno

Diposkan oleh GaBohong


Sekelompok ahli di China mengumumkan hal penting, mengenai dokumen matematika yang berusia 2.200 tahun. Dan dokumen ini merupakan dokumen paling kuno yang pernah ditemukan di negara tersebut.

Dokumen tersebut ditulis dalam sebuah daun bambu, yang diperkirakan berasal dari era Warring States, antara tahun 475-221 Sebelum Masehi (SM). Dalam dokumen tersebut memperlihatkan pengalian yang lebih rendah dari 100, serta fraksi tertentu.

Dokumen eksakta ini satu-satunya yang ditemukan sebelum masa dinasti berdiri di China, sekitar tahun 221-206 SM, yaitu dinasti Qin. Dan hal ini menunjukkan betapa pentingnya bilangan bagi masyarakat pada waktu itu.

"Itu sangat canggih pada waktu itu, dan merupakan penemuan terpenting dalam sejarah matematika bagi China bahkan dunia," Kata Guo, direktur sejarah matematika di China.

Dokumen tersebut ditemukan dalam koleksi 2.500 lembar bambu, yang sebelumnya telah dimiliki oleh Universitas Tsinghua, dan banyak dari dokumen tersebut yang dibawa ke luar negeri secera ilegal.


Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar