.

Enam Jenis Ikan Ini Berkadar Merkuri Tinggi

Diposkan oleh GaBohong




Quote:
Hidangan dari ikan laut, siapa yang tak suka? Dari sisi nutrisi, ikan juga merupakan salah satu penyuplai zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Ikan kaya akan protein, omega 3, dan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Namun bukan berarti semua ikan sehat. Beberapa jenis ikan justru berbahaya bagi kesehatan manusia. "Beberapa mengandung kadar merkuri tinggi, yang dapat mempengaruhi janin atau perkembangan saraf anak," kata Mira Ilic, ahli gizi di Cleveland Clinic Foundation. Ia mencontohkan ikan makerel, yang kerap dijual segar atau dalam bentuk kalengan.

Berdasarkan data Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat, ada beberapa jenis ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi. Lembaga ini selalu memperbaharui daftar kandungan merkuri dalam seafood yang dapat dijadikan acuan. "Wanita hamil dan anak-anak sangat berisiko dan harus menghindari ikan yang ada dalam daftar ini," ujar Ilic.

Berikut ini adalah ikan-ikan yang memiliki kandungan merkuri tertinggi:


Hiu
Ikan yang berada di bagian atas rantai makanan ini mengkonsumsi ikan lain untuk bertahan hidup-dan sering kali ikan-ikan yang dimangsanya telah terkontaminasi merkuri.


Todak
Ikan tropis satu ini juga merupakan predator tingkat pertama yang memakan ikan lainnya yang tercemar merkuri.


King Mackerel (Tenggiri Amerika)
Jauhkan diri Anda dari predator rakus ini, kecuali jika Anda ingin mengambil risiko keracunan merkuri.


Tilefish
Ada banyak jenis ikan ini. Namun EPA tidak membuat pernyataan yang berbahaya itu jenis tertentu atau semua varietas.


Albacore
Tuna albacore memiliki kandungan merkuri tingkat menengah. Jadi, jika Anda akan mengkonsumsinya, EPA menyarankan membatasi diri untuk tidak lebih dari satu porsi seberat 6 ons per minggu. Aturan sama berlaku juga untuk tuna steak, yang juga kandungan merkurinya berada pada tingkat menengah.
Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar