.

Proses Pembekuan Mayat dengan Cryonic Agar bisa Hidup Lagi

Diposting oleh GaBohong

Cryonic merupakan teknik pembekuan mayat agar selnya tidak rusak, sehingga bisa dibangkitkan lagi suatu saat nanti. Penemunya adalah Robert Ettinger, yang baru-baru ini meninggal dunia dan menjadi pasien ke-106 yang memanfaatkan teknologi ini.

Jenazah Robert yang meninggal di usia 92 tahun pada Sabtu (23/7/2011) langsung diproses beberapa menit setelah dinyatakan meninggal, dengan diberi lapisan es. Selanjutnya, jaringan tubuhnya diisi dengan senyawa tertentu lalu dibekukan dengan nitrogen cair.


Setelah itu, jenazah Robert dimasukkan dalam peti khusus yang dinamakan cryostat untuk menjaganya agar tetap berada di bawah titik beku. Pada kondisi demikian, diharapkan sel-selnya tidak rusak sehingga jika teknologinya sudah memungkinkan mayatnya bisa dibangkitkan lagi.


Robert Ettinger adalah ilmuwan Amerika yang juga seorang veteran Perang Dunia II menemukan teknologi pembekuan mayat ini. Pada tahun 1976, ia mendirikan yayasan bernama Cronic Instistute. Dari yang semula anggotanya bisa dihitung dengan jari, pada tahun 2000 sudah mencapai 900 orang.


Tidak semua anggota ingin mengawetkan mayatnya sendiri jika kelak meninggal dunia, sebagian hanya ingin mengawetkan DNA (deoxyribo nucleic acid) atau organ tertentu. Bahkan ada yang hanya ingin mengawetkan binatang peliharaannya, terutama anjing dan kucing.


Hingga kini, Cryonic Instutite tercatat sudah membekukan 64 mayat binatang peliharaan termasuk anjing, kucing, burung dan hamster. Sementara untuk jenazah manusia, Robert Ettinger merupakan pasien ke-106 yang dibekukan dengan teknik temuannya tersebut.


Jenazah pertama yang dibekukan dengan teknik ini adalah Ibu kandung Robert Ettinger, Rhea Ettinger yang meninggal tahun 1977. Jenazah kedua adalah istrinya sendiri Elaine, sedangkan istri keduanya yakni Mae Ettinger menjadi pasien ke-34 yang mayatnya dibekukan dengan cryonic.

Selain Cryonic Institute, ilmuwan yang tinggal di Detroit ini juga mendirikan Immortalist Society yakni sebuah organisasi untuk para ilmuwan yang mendalami cryonic dan teknik lain untuk memanjangkan umur setelah kematian. Robert sendiri sebelum meninggal telah berpesan agar tidak ada upacara pemakaman untuk dirinya karena yakin suatu saat nanti akan hidup lagi.

"Robert sangat menginspirasi gerakan cryonic. Ribuan orang di seluruh dunia mencarinya dan pasti sedih mendengar kematiannya, tapi semoga suatu saat nanti dia akan kembali lagi," 
ungkap David, anak Robert seperti dikutip dari Detnews.


Teknik cryonic adalah dengan cara sirkulasi darah dan pernapasan secara artifisial yang dikembalikan dan serangkaian obat yang diberikan untuk melindungi otak dari kekurangan oksigen. Pendinginan cepat juga dimulai, yang selanjutnya melindungi otak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan otak tetap hidup selama mungkin dalam prosedur.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Virus Zombie Berasal dari Virus Flu dan Rabies

Diposting oleh GaBohong

Dalam film zombie World War Z, 28 Days Later dan I Am Legend , sebuah wabah virus tak terbendung menyapu umat manusia, mengubah orang menjadi monster ganas dengan prilaku kanibal.

Meskipun manusia mati tidak bisa hidup kembali, virus tertentu dapat menginduksi dan menyebabkan prilaku agresif, seperti perilaku zombie, para ilmuwan mengatakan dalam National Geographic Channel documentary The Truth Behind Zombies.

Misalnya, penyakit rabies-influenza virus yang menginfeksi sistem saraf pusat yang dapat mendorong orang untuk berprilaku keras dan gila, menurut Samita Andreansky , seorang ahli virus di University of Miami Miller School of Medicine di Florida yang juga muncul dalam film dokumenter tersebut.
Kombinasi antara rabies dengan kemampuan virus flu bisa menyebar dengan cepat melalui udara, dan Anda yang tertular mungkin memiliki bakat untuk menjadi zombie menjelang kiamat.


Mungkinkah Virus Rabies Bisa Bermutasi ?

Tidak seperti di film zombie, orang akan menjadi zombie dengan segera setelah infeksi, namun pada penyakit rabies ada tanda-tanda pertama manusia terinfeksi seperti kecemasan, kebingungan, halusinasi, dan kelumpuhan yang biasanya muncul selama sepuluh hari hingga satu tahun, sebagai tanda virus berinkubasi dalam tubuh.


Sekali rabies masuk ke tubuh, meskipun demikian, akan menjadi fatal bila dalam seminggu tidak dilakukan penanganan.

Jika kode genetik dari virus rabies mengalami perubahan cukup banyak, atau mengalami mutasi, waktu inkubasinya akan berkurang secara dramatis dari hitungan minggu menjadi hitungan jam, para ilmuwan mengatakan.
Banyak virus memiliki tingkat mutasi yang tinggi secara alami dan terus berubah sebagai sarana menghindari atau melewati pertahanan tuan rumah mereka.


Ada berbagai cara virus bermutasi yang dapat terjadi, misalnya melalui kesalahan selama replikasi gen ketika menyalin dirinya atau kerusakan/pengaruh yang diakibatkan dari sinar ultraviolet.

"Jika virus rabies dapat bermutasi dengan cepat, itu bisa menyebabkan infeksi dalam waktu satu jam atau beberapa jam. Hal iItu sepenuhnya masuk akal," kata Andreansky.

Rabies Yang Menyebar Lewat Udara Akan Menjadi "Virus Kemarahan"

Virus rabies yang dapat memicu pandemi zombie seperti di film-film, juga akan menjadi jauh lebih menular.


Manusia biasanya tertular rabies setelah digigit oleh hewan yang terinfeksi, biasanya oleh anjing dan infeksi biasanya berhenti di sana.

Berkat vaksinasi hewan peliharaan, di Amerika Serikat saat ini orang jarang terlibat kontrak dengan rabies, dan bahkan lebih sedikit orang meninggal akibat penyakit tersebut. Sebagai contoh, pada tahun 2008 hanya dua kasus infeksi rabies pada manusia dilaporkan ke US Centers for Disease Control and Prevention.

Sebuah modus transmisi cepat merupakan penularan melalui udara, yang merupakan cara virus influenza menyebarkan dirinya.

"Yang harus dilakukan oleh virus rabies adalah menyebar lewat udara, dan Anda akan terjangkit virus kemarahan" seperti di 28 Days Later, Max Mogk, kepala Zombie Research Society , mengatakan dalam dokumenter tersebut. Usaha nirlaba internasional yang dikhususkan untuk "meningkatkan tingkat pengetahuan tentang zombie dalam Seni dan Ilmu Pengetahuan," menurut situs web mereka.


Untuk ditularkan melalui udara, rabies harus "meminjam" sifat-sifat dari virus lain, seperti influenza.

Berbagai bentuk, atau strain, dari virus yang sama dapat bertukar potongan kode genetik melalui proses yang disebut reassortment atau rekombinasi, kata Elankumaran Subbiah , seorang ahli virus di Virginia Tech yang tidak terlibat dalam film dokumenter.

Tapi virus yang tidak berkaitan sama sekali tidak bisa berhibridisasi dengan sendirinya di alam, Subbiah kepada National Geographic News.

Demikian juga, hal itu adalah hal ilmiah yang sedikit keterlaluan untuk dua virus yang sangat berbeda seperti rabies dan flu bisa saling meminjam ciri dan kemampuan, katanya.

"Mereka terlalu berbeda. Mereka tidak bisa berbagi informasi genetik. Virus hanya merakit bagian yang mereka miliki, dan mereka tidak bercampur dan mencocokkan diri dengan virus lain dari keluarga yang berbeda."

Kemungkinan Virus Zombie Untuk Direkayasa ?

Ini secara teoritis memang mungkin meskipun sangat sulit untuk membuat virus rabies-influenza hibrida menggunakan teknik genetik rekayasa modern, kata Andreansky dari University of Miami.

"Tentu, saya bisa membayangkan sebuah skenario di mana Anda mencampur rabies dengan virus flu untuk mendapatkan kemampuan dalam transmisi lewat udara, virus campak untuk mendapatkan perubahan pada kepribadian, virus ensefalitis untuk memasak otak Anda dengan demam" dan dengan demikian meningkatkan agresifitas korban lebih jauh-"dan terakhir menambahkan racikan virus ebola sehingga menyebabkan Anda mengalami pendarahan dari nyali Anda. 

Campurkan semua hal ini, dan Anda akan [mendapatkan] sesuatu seperti virus zombie, "katanya.
"Tapi [alam] tidak memungkinkan semua hal ini terjadi pada saat yang sama ....
Anda hanya akan berkemungkinan menghasilkan virus campuran yang sudah mati."


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

7 Ritual Paling Mengerikan di Dunia

Diposting oleh GaBohong

Ada begitu banyak ritual mengerikan di dunia yang dilakukan untuk membuktikan tingkat keimanan, kekuatan, dan kedewasaan seseorang. Orang yang melalui ritual tersebut bahkan dipaksa untuk menahan rasa sakit yang luar biasa Nah, berikut 7 Ritual Seram dan Mengerikan di Dunia dikutip merdeka and lihat.co.id:

1. Okipa


Ritual Okipa dilakukan oleh suku Mandan Indian. Okipa dibuka dengan tarian Bison dan kemudian diikuti oleh atraksi pengorbanan diri yang sangat menyiksa. Para prajurit dipaksa untuk menunjukkan keberanian fisik mereka dan membiarkan para roh merasuki raga mereka. Para pemuda yang menjalani okipa diminta untuk tidak makan, minum, dan tidur selama empat hari. Mereka kemudian digiring untuk memasuki sebuah gubuk di mana mereka harus duduk dengan wajah tersenyum, ketika kulit dada dan bahu mereka ditusuk.

Setelah itu, mereka digantung di atap gubuk sampai pingsan. Prajurit yang pingsan dibawa ke bawah dan dibiarkan sampai terbangun dengan sendirinya. Setelah dia bangun, prajurit itu diminta untuk memotong jari kelingkingnya.

2. Modifikasi kulit


Suku Sepik di Papua Nugini menganggap buaya sebagai makhluk yang sangat suci. Mereka mengklaim memiliki hubungan spiritual dan budaya dengan reptil berbahaya ini. Oleh karenanya, suku Sepik mendorong para pemudanya untuk menyelesaikan ritual menyakitkan, yang dirancang untuk mengubah kulit tubuh mereka menjadi mirip dengan kulit buaya. Dengan menggunakan pisau cukur, tetua suku akan menyayat kulit para pemuda. Proses menyakitkan ini menghasilkan pola indah yang sangat mirip dengan kulit buaya. Untuk melengkapi ritual tersebut, para tetua kemudian menaruh abu pada luka yang menganga. Setelah upacara selesai, para pemuda itu dinyatakan sebagai pria sejati.

3. Ritual kedewasaan Matis


Ritual kedewasaan Matis dari empat fase yang sangat menyakitkan. Pada tahap pertama, racun diteteskan pada mata pria muda. Suku Matis percaya bahwa hal tersebut akan membantu meningkatkan indera penglihatan anak laki-laki mereka.

Tahap kedua dan ketiga melibatkan siksaan fisik, tubuh para pemuda akan dicambuk dan dipukuli berulang kali. Pada tahap akhir, para pemuda disuntik dengan racun Kampo, yang diekstrak dari katak monyet. Kampo tidak bersifat halusinogenik, meskipun dapat menyebabkan respon psikologis yang ekstrem.

Selain itu, racun ini juga dapat menyebabkan berbagai efek pada tubuh seperti muntah dan gerakan usus yang tak terkendali. Suku Matis sangat percaya bahwa Kampo mampu meningkatkan daya tahan dan kekuatan anak laki-laki mereka, dan membuat mereka menjadi pria sejati dan pemburu yang mahir.

4. Modifikasi Alat kelamin


Agar anak-anak laki-laki dari suku Unambal disebut pria sejati, mereka perlu menjalani siksaan fisik yang ekstrem. Para tetua suku akan memotong kulit dari berbagai bagian tubuh seorang anak laki-laki, termasuk pantat, dada, lengan, dan bahu. Kemudian, mereka akan menaruh pasir di atas luka yang belum mengering itu. 

Hal ini sengaja dilakukan agar luka dapat menghasilkan bekas luka yang indah, setelah itu telah benar-benar sembuh. Suku Unambal juga mengharuskan anak laki-laki di sukunya untuk menjalani sunat. 

Namun, ritual itu tidak berakhir di sana. Setelah mereka memiliki jenggot, mereka diwajibkan untuk menjalani prosedur menyakitkan, di mana bagian bawah alat kelamin mereka dipotong terbuka dari dasar hingga ke lubang kencing. Suku Unambal percaya bahwa dengan melakukan ritual yang tampaknya menyiksa ini akan membuat alat kelamin mereka lebih menarik dan lebih ringan.Inilah lima tradisi brutal yang dilakukan pria agar dicap jantan. Ritual ini kebanyakan hanya dilakukan oleh suku-suku pedalaman untuk menunjukkan eksistensi mereka di antara suku-suku yang lain.


5. Nagol


Jika Anda berpikir bahwa bungee jumping adalah aktivitas melompat dari tempat tinggi yang paling ekstrem, Anda salah. Ada atraksi yang yang lebih ekstrem daripada bungee jumping, yang biasa dilakukan oleh penduduk Vanuatu. Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di selatan Samudra Pasifik.

Setiap tahun dari bulan April sampai Juni, penduduk yang tinggal di bagian selatan Pulau Pentecost di Vanuatu akan mengadakan salah satu upacara adat paling spektakuler dan menantang maut yang pernah ada di dunia. Mereka biasa menyebutnya Nagol atau Gol. Namun, wisatawan asing lebih mengenalnya dengan istilah land diving.

Selama acara berlangsung, para pria akan naik ke menara kayu setinggi 30 meter dan melompat ke bawah. Land diving dilakukan tanpa peralatan keselamatan apa pun. Mereka hanya mengikatkan tanaman rambat pada kedua pergelangan kaki mereka sebagai penahan. Dan tradisi ekstrem ini sekarang telah berkembang menjadi sebuah objek wisata.

Sementara menara kayu dibangun, para penerjun harus tinggal di gubuk-gubuk yang dibuat khusus untuk pria. Mereka bahkan harus menghindari kontak dengan wanita. Ritual itu dikatakan dapat menjernihkan pikiran mereka.

6. Ashura


Ritual Ashura adalah salah satu dari ritual tahunan yang dilakukan kaum Syiah di seluruh dunia untuk menandai wafatnya cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein. Hussein wafat di pertempuran Karbala pada abad ke-7. Dalam ritual ini, orang-orang Syiah akan melukai tubuh mereka sendiri dengan rantai besi atau belati hingga bersimbah darah. Orang-orang yang hadir di ritual ini kemudian meratapi kenyataan bahwa mereka tidak hadir dalam pertempuran itu, sehingga tidak bisa ikut berperang dan menyelamatkan Hussein. Kaum Syiah umumnya percaya bahwa ritual Ashura dapat membebaskan mereka dari dosa.

7. Mati dalam keadaan beku


Salah satu cerita yang paling terkenal tentang orang Eskimo adalah praktik aneh yang mereka lakukan ketika menghadapi kematian di usia tua. Dalam ritual ini, orang Eskimo akan dibawa keluar ke laut dan dibiarkan sendirian hingga menjemput ajal. Karena orang Eskimo percaya bahwa ada dunia lain yang menanti mereka setelah mati, para anak akan mengirim orang tua mereka untuk pergi ke alam baka dengan cara yang bermartabat, tanpa menjadi beban bagi keluarga.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Inilah Negara ZOG, Alat Pengontrol Bumi

Diposting oleh GaBohong

Negara merupakan manifestasi kemerdekaan dan kemandirian dalam mengelola sebuah kesatuan bangsa demi tujuan yang mulia. Namun bila negara tersebut sudah ‘tidak bebas’ lagi dalam menentukan masa depannya sendiri, maka negara tersebut bisa dimasukan dalam golongan negara Z.O.G .

Apa itu Z.O.G ?, ZOG akronim dari Zionist Occupied Goverment, yakni Pemerintahan suatu negara dikuasai oleh Zionis, sehingga tidak bisa lagi menentukan kebijakan pemerintahannya dengan leluasa, dengan kata lain Zionis yahudi mempunyai kekuatan besar untuk mempengaruhi kebijakan penting suatu negara.

Lalu, siapa saja di planet bumi ini yang termasuk dalam negara Z.O.G ? mudah banget ditebak.. Selain negara yang full Z.O.G juga terdapat negara yang berstatus semi Z.O.G. Berikut daftarnya :

Negara Z.O.G, negara yang pemerintahannya berhasil dikuasai oleh Zionis Yahudi dengan cara menempatkan orang2 yahudi pilihan di posisi2 strategis dalam pemerintahan negara tujuan, yakni Jaksa Agung, Kepala Kepolisian, Penasehat militer, Anggota Parlemen, sampai Perdana Mentri dan Presiden sekalipun ! Selain di pemerintahan, dibidang lain juga berhasil dikuasai orang-orang yahudi seperti Industri Media, Industri Hiburan dan Perfilman, Teknologi Tinggi, Perangkat Lunak dan Kerasa, Otomotif, Manufaktur, Makanan, dan lainnya. Negara yang termasuk golongan ini antara lain :
Quote:
Amerika Serikat (USA) ,Sebenarnya Presiden Amerika terdahulu (era 1800an) sudah menyadari akan bahaya yang jauh lebih besar ketimbang penjajahan berbentuk fisik seperti pengerahan Tentara/militer, bahaya itu adalah penguasaan ekonomi dan sumber-sumber utama lainnya. Kunci sukses Zionis menguasai ekonomi Amerika dan mengontrol kebijakan strategisnya adalah ketika Bank sentral Federal Reserve atau The Fed resmi didirikan, yap, FYI. Penemu dunia perbankan emang orang-orang yahudi.

Inggris (Britania Raya), Era kemunculan pengaruh yahudi di tanah inggris sudah lama, berawal dari tersingkirnya Raja Edward yang pada tahun 1290 mengusir orang2 yahudi dari inggris. semenjak itu keluarga yahudi kaya di Inggris Raya mulai mendekati keluarga kerajaaan, mereka sukses menancapkan kukunya di Inggris dengan membangun bank inggris (England of Bank), Bank sentral pertama di Dunia. perusahaan perbankan ternama Barclays dimiliki oleh keluarga kaya yahudi.

Perancis (France), Pengaruh Yahudi mulai berkuasa di perancis ketika Revolusi Perancis bergulir. Revolusi yang dirancang oleh Zionis yahudi ini merupakan salah satu Pemberontakan tersukses sepanjang sejarah. Raja perancis saat itu Louis XVI dan istrinya Marie Antoinette terjatuh dalam jaring konspirasi mereka dan dibunuh dengan cara keji, Dipenggal dengan Guillotine, alat keji ciptaan Yahudi. Akhirnya Kerajaan Perancis berubah menjadi Republik perancis, dengan moto ciptaan zionis juga ; Liberté, Egalité, Fraternité.

Uni Soviet (USSR). Mirip dengan Perancis, Kekaisaran Rusia jatuh oleh tangan-tangan Zionis oleh Revolusi Bolshevik tahun 1917 yang memaksa Tsar Nicholas dua menjadi Tsar terakhir dalam dinasti romanov, Tsar dan keluarganya dibantai secara keji oleh tentara bolshevik. Setelah kejatuhan Tsar, berdirilah Republik Sosialis Uni Soviet, dengan Lenin sebagai pemimpin pertama. Mengawali era Komunis didunia. Paham komunis juga lahir dari para pemikir yahudi. Setelah Uni Soviet Runtuh 1991, Lahir Federasi Rusia sebagai pewaris tahta soviet, lambang kekaisaran Rusia digunakan kembali sebagai lambang negara. Presiden Rusia saat ini, Vladimir Putin tetap menjaga hubungan baik dengan Israel demi keamanan Rusia sendiri.

Singapura (Singapore), Didirikan oleh anggota Freemason, Sir Stanford Raffles, bisa dikatakan singapura adalah Israelnya Asia Tenggara. Semenjak menjalin kerjasama dengan Israel, Singapura tumbuh menjadi negara kota nan maju di Asia, didukung penuh oleh Inggris dan USA. Sama seperti Israel, negara ini juga sangat Panaroid, sehingga memiliki banyak alutsista militer canggih dan terbilang “lebay” untuk ukuran negara sekecil Singapura. Usaha RI untuk membangun pelabungan Sabang sebagai pelabuhan Internasional kandas karena bisa menghancurkan Pelabungan Singapura.

dan negara Nato lainnya.

Negara Semi Z.O.G, negara yang pemerintahannya tidak sepenuhnya dikuasai yahudi, tetapi tetap memiliki pengaruh cukup besar buat menentukan kebijakan yang menguntungkan yahudi, yakni dengan menempatkan orang2 terpilih dari negara tersebut yang bersedia menjadi pelayanan bagi yahudi dengan menempati posisi strategis, seperti Menteri dan Gubernur Bank Sentral. Negara tersebut antara lain :
Quote:

Indonesia
Korea Selatan
Jepang
Australia
Malaysia
dan lainnya.
Sedangkan negara besar yang sedah maju pesat yakni China, tetap mengadakan hubungan bilateral yang harmonis dengan Israel/yahudi dengan tujuan mengamankan kepentingannya dari gangguan Zionis. Well, sampai sekarang belum ada yang sanggup untuk melawan dominasi Zionis dengan ZOG nya, bahkan Tuhan pun terkesan ‘diam’, tapi ya ini hanya sebatas informasi untuk kita semua bahwa merekalah yang berada dibalik perubahan besar di planet Bumi, termasuk temuannya yang bisa kita nikmati seperti telepon seluler, Komputer, dan lainnya.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

5 Suara Aneh yang Hingga Kini Masih Misterius

Diposting oleh GaBohong

Banyak hal di dunia ini yang masih tidak bisa dijelaskan, meski dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang didukung teknologi tercanggih. Seperti halnya foto penampakan hantu, monster dan misteri lain. Beberapa suara berikut adalah rekaman yang diyakini sebagai rekaman suara alien, monster hingga suara hantu. Dilansir dari weburnist.com dan lihat.co.id , berikut adalah beberapa rekaman suara yang masih menjadi misteri:

1. Suara Alien Menyapa



University of Iowa pernah menerima gelombang suara dari luar angkasa. Oleh tim peneliti suara tersebut lalu dilakukan pengecekan dan mendapat hasil yang cukup mengejutkan. Suara yang terekam mirip dengan suara nada musik bahkan beberapa bagian mirip dengan suara orang yang sedang berpidato. Bahkan hasil cetak yang ditunjukan oleh Dr Jerry Ehman menunjukkan hasil sinyal bertuliskan huruf "wow".
Penelusuran menunjukan asal suara tersebut berasal dari sekitar rasi bintang Sagitarius. Dugaan astronom suara tersebut berasal dari tabrakan antar bintang atau satelit.

2. Suara Pidato di Planet Saturnus



Suara seperti pidato tertangkap satelit NASA berasal dari Saturnus pada tahun 2004. Suara tersebut cukup menakutkan karena dikirim oleh NASA yang berupa data suara ke Bumi.

Pihak University of Iowa melakukan pengecekan dan mendapat hasil yang cukup mengejutkan. Suara yang terekam mirip dengan suara nada musik bahkan beberapa bagian mirip dengan suara orang yang sedang berpidato.

3.Suara Kodok di Perang Dingin



Perang dingin antara Uni Soviet dan blok barat di lautan Siberia menyisakan cerita misterius. Selama perang berlangsung, ketika banyak kapal selam berpatroli di Atlantik Utara dan Samudera Arktik, kapal selam berkali-kali menangkap suara aneh yang terdengar seperti suara kodok.

Karena berada di lautan dalam, mustahil jika suara tersebut berasal dari kodok.Oleh pihak Soviet suara tersebut dianggap sebagai taktik Amerika sementara oleh kalangan ilmuwan, suara tersebut diyakini berasal dari hewan dasar laut.

4. Suara Ledakan Bom Misterius



Pada tahun 1987, terjadi sebuah ledakan yang terdengar di Bell Island off Newfoundland di Kanada. Meski suara tersebut sanggup meledakan sebuah rumah, namun tidak diketahui darimana suara ledakan itu berasal.

History Chanel mencoba menerjemahkan suara tersebut sebagai senjata elektromagnetik. Belum terpecahkannya misteri tersebut, pada tahun 2010 di Pensylvania kembali terdengar suara ledakan yang sama.

Menurut Kim Owen, salah seorang warga yang ikut menyaksikan suara ledakan, "Saya mendengar suara ledakan yang sangat keras, pintu depan rumah saya juga bergetar," ujar Kim.

5. Suara Misterius di Dalam Laut



Pada tahun 1997, ilmuwan dikejutkan dengan kemunculan suara di dalam lautan Samudera pasifik. Suara ini diberi nama The Bloop. The Bloop terekam oleh sensor dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) untuk memantau kejadian alam di lautan.


Pihak NOAA mengatakan mustahil jika itu suara berasal dari manusia, kuat dugaan suara tersebut berasal dari sejenis mahkluk hidup yang mencoba melakukan komunikasi. Meski dari jenis suaranya bisa berasal dari mahkluk yang besar, ilmuwan meyakini itu bukan berasal dari ikan paus.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Harta Karun Milyaran Ini ada di Laut Indonesia

Diposting oleh GaBohong

Saat ini ada 463 titik peninggalan harta karun di Tanah Air. Tapi baru dilakukan sepuluh pengangkatan. Porselen berwujud mangkuk, piring, dan cangkir yang diperkirakan berasal dari zaman Dinasti Ming di China ditemukan di laut Indonesia, di rute menuju Jakarta, pada tahun 2008. Tidak disebutkan lokasi spesifik penemuan ini, hanya disebutkan berjarak 150 kilometer dari pantai Ibu Kota di kedalaman 60 meter. Pada operasi pengangkatan di tahun 2010, ditemukan 38.000 porselen dan hingga sekarang tercatat ada 700.000 item yang ditemukan.


Rencananya harta karun bernilai Rp413 miliar akan diangkat oleh perusahaan Portugal yang berbasis arkeologi bawah laut, Arqueonautas Worldwide SA (QOW). Melalui CEO-nya Nikolaus Graf Sandizell, QOW dikatakan akan mengambil harta ini tahun depan. Lamanya waktu pengangkatan karena izin yang sengaja ditunda oleh Pemerintah Indonesia.


Pengangkatan ini, dikatakan Sandizell, harus segera dilakukan untuk mencegah kehilangan. Berbagai faktor bisa memicunya, mulai dari jaring nelayan, eksplorasi minyak, pipa bawah laut, hingga tangan usil para penjarah. "Kami ingin menarik perhatian atas cepatnya harta karun ini menghilang. Dalam waktu sepuluh tahun, ini semua akan terlambat," ujar Sandizell seperti dilansir Bloomberg, Selasa (29/5).

Biaya pengangkatan harta karun yang disebut cagar budaya oleh Pemerintah Indonesia ini memakan biaya yang tidak sedikit, sekitar Rp60,5 miliar. Ini belum ditambah biaya platform buatan di atas laut untuk penempatan sementara hasil yang baru diangkut.

Namun, menurut Sekretariat Panitia Nasional Pengangkatan dan Pemanfaatan Benda Berharga Asal Muatan Kapal Tenggelam (BMKT), pengangkatan ini belum mendapat izin. Karena BMKT masih menunggu Peraturan Pemerintah turunan dari UU No 11 2010 tentang cagar budaya,

"Izin saat ini tidak keluarkan lagi, semuanya masih moratorium," kata Adria Yuki, salah satu anggota di Seksi BMKT saat berbincang dengan National Geographic Indonesia, Rabu (30/5).

Pihak BMKT juga sudah mengenal Sandizell karena sempat melakukan presentasi untuk penelitian dan konservasi harta karun yang ditemukan di Indonesia pada April 2012. Jika memang ada sebagian dari harta ini yang dijual, maka hasilnya akan dibagi dua antara Pemerintah Indonesia dengan perusahaan yang mengambilnya. Hanya saja belum ada pembagian persentase barang yang belum dijual.


"Hasil pengangkatan ini tidak boleh dibawa ke luar negeri, hanya boleh dijual di Indonesia. Sebagian dana ini nantinya juga akan untuk penyelamatan cagar budaya Indonesia," kata Yuki lagi.

Namun, belum adanya rambu-rambu perizinan bukan artinya cagar budaya Indonesia berupa harta karun ini aman dari penjarahan. Di tahun 1986, Michael Hatcher asal Australia dituding mengambil bernilai triliunan rupiah dari laut Indonesia. Hal ini berlanjut hingga tahun 1999 dan 2010 di mana ia dilaporkan mengambil harta karun di Subang, Jawa Barat.

Besarnya cakupan laut Indonesia, ditambah minimnya pengawasan jadi salah satu faktor kemudahan pencurian ini. Menurut data dari BMKT dan LIPI, saat ini ada 463 titik peninggalan harta karun di Tanah Air tapi baru dilakukan sepuluh pengangkatan. Data UNESCO menyebut, ada tiga juta kapal yang bangkainya teronggok di dasar lautan. 50.000 di antaranya mengandung harta bernilai yang berusia ribuan tahun.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Toko Ski di Sahara yang Tanpa Pengunjung

Diposting oleh GaBohong




Sekitar 30 tahun lalu, seorang pengusaha asal Republik Niger menemukan peluang bisnis yang dia pikir tak seorang pun bisa membuatnya: yaitu toko sewa alat ski di Gurun Sahara.

Toko ini hingga sekarang masih dibuka walau sejak 2007 lalu tidak ada wisatawan satu pun yang berkunjung.

Abdelkader Baba, pemilik toko, juga tak lagi menggunakan alat-alat ini sejak itu. Dia tidak akan bermain ski tanpa turis, yang kini tak lagi tampak karena banyaknya penculikan dan serangan bersenjata di daerah Agadez.

Namun bagi Baba, tidak ada alasan untuk menurunkan logo "toko ski", karena papan nama itu sendiri yang sebenarnya membuat toko ini terkenal, demikian dilaporkan wartawan BBC di Niger, Thomas Fessy.

Dulu, Baba rajin membawa turis ke bukit pasir di luar kota. "Kita harus mencapai bukit di pagi hari karena panas akan membuat ski mustahil setelah matahari datang," katanya.

Turis-turis Inggris, Australia, Swedia, dan Jepang beberapa kali datang dan mencoba ski gurun pertama kali.

Namun masa-masa itu sudah berlalu, dan Baba berfikir bahwa dia tidak mungkin lagi pergi ke bukit pasir untuk bermain ski lagi.

"Sampai kedutaan Eropa berhenti melarang warganya pergi ke sini, saya mungkin tak akan pernah berski lagi," katanya.

"Mereka menyalahkan al-Qaida dan kaum militan lain, tetapi itu sangat disayangkan," kata Baba.

"Kematian akan menemukanmu di mana saja, orang meninggal di Eropa juga! Anda seharusnya diperbolehkan untuk melakukan apa yang Anda inginkan."

Republik Niger merupakan salah satu negara Afrika dengan aktivitas militan yang cukup tinggi. Aktivitas Al-Qaida meningkat dengan banyaknya kasus penculikan terhadap warga asing.      

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Mengungkap Hilangnya Ratusan Arca Borobudur (2)

Diposting oleh GaBohong

Kepala Arca Buddha Dikembalikan ke Candi Borobudur

Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengembalikan satu kepala arca Buddha di lantai tiga sisi selatan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Marsis Sutopo, di Magelang, mengatakan arca kepala Buddha tersebut ditemukan oleh Kasri (55), warga Dusun Tanjungsari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada 16 Desember 2009 lalu.



Menurut dia, waktu itu Kasri menemukan lima benda purbakala saat membuat pondasi rumah, dua di antaranya merupakan arca kepala Buddha. Tim Balai Konservasi kemudian melakukan penelitian untuk menemukan badan arca yang cocok. Ia mengatakan, satu kepala arca lainnya sudah dipasang pada tahun 2011 lalu.

“Berdasarkan penelitian kami, kepala arca Buddha itu cocok dengan bagian badan arca di Candi Borobudur,” katanya.

Kepala Seksi Layanan Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Iskandar M. Siregar, mengatakan, berdasar hasil penelitian BKB diketahui jenis batuan kepala arca Buddha yang ditemukan di Desa Tanjungsari sama dengan jenis batuan arca di Borobudur.

Ia menyebutkan, Candi Borobudur memiliki 504 arca Buddha, dari jumlah tersebut sebanyak 247 di antaranya tidak memiliki kepala. Untuk mencari keberadaan kepala arca Buddha, BKB hanya mengandalkan temuan-temuan di masyarakat.

Ia mengatakan, BKB tidak melakukan upaya pencarian karena keberadaan arca Buddha tidak diketahui.

“Kami melakukan sosialisasi ke masyarakat agar jika menemukan arca Buddha menyerahkannya ke BKB. Penemunya akan diberikan imbalan sesuai kajian tim,” katanya.

Koordinator Pokja Kajian BKB Nahar Cahyandaru menambahkan pihaknya menggunakan teknik khusus agar kepala arca Buddha bisa dipasang kuat dan tidak mudah lepas terkena gempa. Yakni kepala dan badan arca dibor kemudian dipasangi anchor dari bahan serat fiber.


Petugas Balai Konservasi Borobudur mengangkat kepala arca Buddha yang sebelumnya telah dicuri di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, (13/5/2014). TEMPO

Film Edukasi Tentang Arca Candi Borobudur yang Hilang

Film edukasi tentang pelestarian benda cagar budaya berjudul “Arca” akan diproduksi di Candi Borobudur Kabupatean Magelang, Jawa Tengah.

Film ini menceritakan perjalanan panjang anak-anak dalam menyatukan bagian arca Buddha di Candi Borobudur yang hilang. Suatu hari ada sekelompok anak yang melihat penemuan kepala Buddha namun justru dijual dan tidak dikembalikan.

Pemeran utama dalam film ini adalah artis kecil Umay Sahab, didukung artis senior, antara lain Clift Sangra dan Febby Febiola.


Seorang petugas restorasi mengebor badan arca Buddha untuk memasang anker di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, (13/5/2014). Petugas kembali memasang arca kepala Budhha yang sebelumnya menghilang dan telah ditemukan oleh warga Borobudur.

“Film ini akan menampilkan sebuah tontonan yang menghibur namun tetap memiliki edukasi tinggi. Kami ingin memberikan tontonan yang berbeda, terutama untuk anak-anak dan remaja,” kata Sutradara film Arca, Almavizikry di Magelang, Minggu (23/2/2014).

Film yang menceritakan perjalanan anak-anak menyatukan bagian-bagian arca Candi Borobudur yang hilang ini akan tayang perdana pada Juli mendatang di bioskop.

Ia berharap film ini bisa diterima di masyarakat dan yang lebih penting pesan film ini bisa sampai sehingga masyarakat bisa menjaga benda-benda cagar budaya.  

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Mengungkap Hilangnya Ratusan Kepala Arca Borobudur (1)

Diposting oleh GaBohong

Di balik kemegahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sejatinya masih tersimpan misteri. Terutama terkait hilangnya kepala-kepala arca Buddha yang hingga kini belum ditemukan.

Catatan Balai Konservasi Borobudur (BKB), dari 504 arca Buddha yang ada di candi peninggalan Wangsa Syailendra abad ke-8 itu, terdapat sebanyak 248 arca yang kini dalam kondisi tanpa kepala.

Kepala Seksi Pelayanan Konservasi BKB Iskandar M Siregar mengungkapkan bahwa BKB masih menyimpan 57 kepala arca yang belum dipasang. Sebanyak 52 buah di antaranya dalam kondisi utuh, sedangkan lima sisanya dalam kondisi rusak.



Borobudur sebelum direstorasi

“Sejak dilakukan pemugaran oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1907, kepala-kepala arca yang kami simpan itu sudah ada,” ungkap Iskandar kepada Kompas.com, Kamis (22/5).

Pihak BKB sendiri, kata Iskandar, tidak dapat memastikan letak keberadaan kepala-kepala arca yang hilang tersebut.

BKB hanya dapat menduga apakah kepala-kepala arca tersebut memang hilang sejak sebelum dipugar, hilang karena dicuri, masih terpendam di kawasan sekitar candi, ataukah sudah berpindah tangan ke pihak lain.

“Kami pun tidak dapat memastikan apakah dari 248 arca Buddha yang tanpa kepala itu memang ada kepala pasangannya atau dahulu nenek moyang kita belum selesai membuatnya hingga utuh. Karena selain tanpa kepala, sejumlah arca juga ada yang tidak ada tangannya dan beberapa bagian tubuh lainnya,” papar Iskandar.



Borobudur sebelum direstorasi

Iskandar mengatakan, BKB tidak mempunyai kegiatan yang khusus untuk mencari kepala-kepala arca itu. Pihaknya hanya menunggu informasi dari masyarakat dan pihak-pihak yang mengetahui keberadaannya.

Informasi terbaru, ungkap Iskandar, pada tahun 2013 BKB mendapat laporan bahwa ada lima kepala arca Buddha dimiliki oleh seorang kolektor di Paris, Perancis.

Ada pihak yang kemudian mengirimkan foto-foto kepala arca yang diduga kepala arca Buddha Candi Borobudur itu ke pihak BKB.

Namun setelah diteliti, disimpulkan bahwa kepala arca itu bukan merupakan kepala arca candi Borobudur karena memiliki ciri-ciri yang berbeda.

“Secara sekilas kepala arca yang dimiliki seorang kolektor di Paris itu memang mirip dengan kepala arca di Borobudur, namun setelah kami teliti ternyata ada bagian-bagian yang tidak sama, seperti ciri rambut, bentuk alis, bibir serta bentuk kepala yang berbeda dengan yang ada di Candi Borobudur,” urainya.



Pada awalnya, Borobudur diyakini dibangun disebuah pulau yang berada ditengah danau.

Kemudian pada tahun 2009, lanjutnya, seorang warga menemukan dua kepala arca di Dusun Mendalan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Pada tahun 2012, satu kepala dipasang di badan arca pasangannya di Candi Borobudur, dan satu kepala lainnya baru dapat dipasang pada Selasa, 13 Mei 2013, lalu.

“Butuh waktu yang tidak singkat untuk bisa memasang kepala arca ke badannya. Karena harus diteliti dengan cermat, mulai dari bekas ‘luka’ di badan arca dengan yang tersisa di leher kepala hingga kesesuaian struktur batunya. Satu per satu kepala itu dicocokkan dengan yang ada di candi Borobudur. Minimal satu tahun bisa diketahui,” ujarnya.

Setelah cocok, kata Iskandar, kepala baru dapat dipasang. Prosesnya pun tidak sembarangan. Karena butuh tim khusus yang yang sudah ahli serta peralatan yang khusus pula. Seperti lem khusus untuk jenis batu seharga Rp 3 juta per kaleng dan pengait antara kepala arca dengan badan (angkur) yang terbuat dari fiber buatan Jerman.

“Kebetulan ada arkeolog dari Jerman yang membawakan angkur itu untuk kami, di Indonesia kami belum menemukan,” ujar Iskandar.



Kendati tidak ada upaya khusus pencarian kepala-kepala arca, katanya, secara umum pihaknya rutin melakukan survei maupun ekskavasi (penggalian) di sejumlah titik di kawasan sekitar candi Borobudur yang diperkirakan terpendam situs-situs candi purbakala.

Kawasan tersebut telah dipetakan oleh BKB menjadi kawasan stategis nasional (KSN). Terbagi menjadi lima zona, meliputi zona 1 (zona pelestarian candi), zona II (taman wisata, laboratorium), zona III (permu****n, persawahan, toko cendera mata), zona IV (panorama sejarah), dan zona V (taman arkologi nasional).

Iskandar menyebutkan, zona terjauh atau zona V berada di radius maksimal lima kilometer dari zona I (Candi Borobudur). Kawasan itu termasuk di daerah Kecamatan Borobudur, Mungkid, dan sebagian wialyah Daerah Istimewa Yogyakarta.



Borobudur dimasa keeemasan Dinasti Syailendra

Dengan adanya KSN tersebut, tandas Iskandar, ada ketentuan-ketentuan yang harus diterapkan oleh masyarakat, yakni harus melapor ke BKB jika hendak membangun rumah atau melakukan aktivitas penggalian tanah lainnya.

“Selama ini masih ada sebagain masyarakat yang sudah sadar tentang ketentuan itu, misalnya saat hendak membangun pom bensin, mendirikan tower, dan sebagainya, Namun masih banyak juga masyarakat yang belum tahu ketentuan itu. Kita terus melakukan sosialisasi,” tandasnya.

Kepala Arca Buddha Dikembalikan ke Candi Borobudur

Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengembalikan satu kepala arca Buddha di lantai tiga sisi selatan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Marsis Sutopo, di Magelang, mengatakan arca kepala Buddha tersebut ditemukan oleh Kasri (55), warga Dusun Tanjungsari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada 16 Desember 2009 lalu.



Menurut dia, waktu itu Kasri menemukan lima benda purbakala saat membuat pondasi rumah, dua di antaranya merupakan arca kepala Buddha. Tim Balai Konservasi kemudian melakukan penelitian untuk menemukan badan arca yang cocok. Ia mengatakan, satu kepala arca lainnya sudah dipasang pada tahun 2011 lalu.

“Berdasarkan penelitian kami, kepala arca Buddha itu cocok dengan bagian badan arca di Candi Borobudur,” katanya.

Kepala Seksi Layanan Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Iskandar M. Siregar, mengatakan, berdasar hasil penelitian BKB diketahui jenis batuan kepala arca Buddha yang ditemukan di Desa Tanjungsari sama dengan jenis batuan arca di Borobudur.  

Sumber
SelengkapnyaDISINI...