.

7 Binatang Pelari Paling Cepat di Dunia

Diposkan oleh GaBohong


Setiap hewan memiliki kemampuan masing-masing untuk bertahan hidup, berlari adalah salah satunya.
dengan berlari hewan dapat berburu dan juga menghindar dari serangan hewan pemangsa.
seperti rusa, rusa mengandalkan kecepatanya untuk menghindar dari serangan singa, juga sebaliknya. Singa mengandalkan kecepatanya untuk berburu hewan yang tidak bisa berlari cepat, seperti kerbau.
Nah berbicara soal kecepatan, ada sejumlah hewan yang memiliki kecepatan yang luar biasa, bahkan saking cepatnya mampu menandingi kecepatan sepeda motor.
lalu hewan apa yang memiliki keceptan super seperti itu.? Berikut ini 7 Binatang Pelari Paling Cepat Di Dunia:

7. Jack Rabbit 72 Km/jam
jangan samakan kelinci ini dengan kelinci perliharaan, karena kelinci jenis hare ini salah satu hewan tercepat. Kelinci ini dapat melompat sejauh 3 meter dengan kecepatan 64 km/jam.
hare adalah kelinci yang memiliki ciri seperti telinga lebih panjang, kaki yang besar dan panjang.
6. Kuda 76 Km/jam
tak ada yang meragukan kecepatan lari dari kuda, selain cepat kuda juga hewan yang kuat dan bertenaga super.
Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse, saat di pacuan kuda, kuda ini mampu berlari lebih cepat dibanding kuda lainya. Mampu meninggalkan kuda lainya dengan jarak 25 meter didepan.
5. Singa 80 Km/jam
dikenal sebagai raja hutan, tentu singa tidak mau kalah dari dua hewan sebelumnya. meskipun singa jantan sangat jarang menggunakan kecepatanya untuk berburu, karena singan betinalah yang paling sering melakukan perburuan. Tetapi, singa jantan yang marah dapat berlari dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.
4. Wildebeest 80.5 Km/jam
sebagai buruan utama dari kucing besar, wildebeest sangat mengandalkan kecepatanya yang mencapai 80 km/jam untuk menghindar dari kejaran kucing pemangsa.
wildebeest merupakan salah satu golongan antelop yaitu hewan yang menyerupai seperti rusa, walaupun kepala dari hewan ini lebih menyerupai banteng namun wildebeest adalah jenis antelop terbesar didunia.
wildebeest memiliki panjang 2.4 meter dan tinggi hingga 1.4 meter.
3. Springbok 88 Km/jam
berbeda dengan wildebeest sebagai jenis antelop terbesar, springbok adalah antelop yang terkecil. Panjang tubuh dari springbok hanya 1.2 - 1.4 meter, tinggi 74 - 89 cm, dan berat yang mencapai 30-48 kg.
Springbok dapat melompat sejauh 3.5 meter dan ketika menyentuh tanah lagi mereka dapat melompat kembali dengan jarak yang sama.
2. Pronghorn 88.5 Km/jam
memiliki ruang paru-paru dan jantung yang lebih besar, pronghorn dapat berlari dengan kecepatan maksimal 88.5 km/jam dalam waktu yang cukup lama.
meskipun memiliki tanduk bercabang, pronghorn bukan hewan jenis antelop seperti wildebeest dan springbok. Pronghorn memiliki tinggi 90 cm, tanduk yang dapat mencapai 50 cm, berat dari 35 - 70 kg, dan umur hidup mencapai 10 tahun. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Amerika Utara, Kanada dan Utara Meksiko.
1. Cheetah 120 Km/jam
Dengan kecepatan berlari 112 sampai 120 km/jam cheetah dinobatkan sebagai Binatang Tercepat Didunia. cheetah dapat berlari 0-96 km/jam hanya dalam waktu 3 detik, namun cheetah hanya dapat mempertahankan kecepatan berlari maksimum selama 30 detik.
cheetah juga dapat melompat mencapai 6-7 meter, namun hanya dapat dilakukan dalam 2 kali lompatan saja.
Tambahan
ternyata ada hewan yang lebih cepat daripada cheetah, meskpiun ukuranya tak lebih besar dari biji wijen.
hewan tersebut adalah kutu kecil jenis Paratarsotomus Macropalpis.
Macropalpis dapat berjalan sampai 322 panjang tubuh per detik. Kecepatan itu sama dengan manusia yang berjalan kira-kira 1.300 mil per jam atau 2.092 km per jam.
Untuk merekam kecepatanya, peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi.

Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar