.

Penjual Donat Keliling Ini Akhirnya Jadi Mahasiswa Lulusan Terbaik

Diposkan oleh GaBohong


Mahasiswa Penjual Donat Keliling Itu Jadi Lulusan Terbaik

Mochammad Najmul Afad menjadi lulusan terbaik Universitas Negeri Semarang pada wisuda periode I 2015. Pemuda kelahiran Batang, Jawa Tengah, ini lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,87 alias cumlaude.

“Afad juga contoh mahasiswa yang mandiri,” kata Kepala Humas Unnes, Bambang Priyono, sebagaimana dikutip Dream dari laman unnes.ac.id, Rabu 25 Maret 2015.

Afad lahir dari keluarga sederhana. Sang ayah merupakan petani penggarap sawah orang lain. Sementara, sang ibu merupakan penjual beras eceran dan bekatul.

Dia harus belajar di tengah keterbatasan ekonomi. Bahkan, sempat menumpang selama tiga bulan di tempat kos salah seorang teman karena beasiswa yang belum cair.

Namun, keterbatasan finansial itu tak menyurutkan semangatnya untuk belajar. Afad justru menjadi sosok yang mandiri, terutama setelah sang ayah meninggal, saat Afad masih semester dua.

Di sela kesibukan kuliah, Afad masih sempat membantu perekonomian keluarga dengan menjual kebutuhan pokok pertanian. Selain itu, dia juga menjual donat keliling dan juga buku perkuliahan untuk menambah biaya hidup.

Selain itu, Afad juga aktif dalam kegiatan kampus maupun di masyarakat. Afad bahkan menjadi inisiator program-program kreatif, seperti produksi kaos sablon serta kegiatan-kegiatan keagamaan.
“Ia berhasil menyeimbangkan kegiatan wirausaha dengan kegiatan akademik sehingga bisa terus mempertahankan prestasi akademik,” ujar Bambang. 

Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar