.

Ini Dia Bioskop Tertua Di Dunia dan Masih Beroperasi

Diposting oleh GaBohong


Ketika saya tahu bahwa Minor Theatre di Arcata ini adalah gedung bioskop yang pertamakali dibangun di Amerika untuk keperluan pertunjukan feature film (dan bukan pertunjukan lain seperti teater atau vaudeville), saya pun googling. Saya ringkaskan di bawah ini.
Bioskop itu terletak di sudut jalan di 1013 H Street, Arcata, California. Dari hotel tempat saya menginap, Hotel Arcata, cukup berjalan kaki tak paling lama sekitar satu menit. Ini adalah gedung teater tertua di Amerika Serikat yang memang dibangun untuk pertunjukan feature film. Bahkan salah satu pemiliknya, David Phillips, berpikir bahwa ini adalah yang tertua di dunia. Bioskop ini dibangun tahun 1914. Sedangkan feature film baru pertamakali dibuat tahun 1912. Jadi bisnis feature film sama sekali belum banyak dan bisa disimpulkan belum ada gedung yang benar-benar dibangun untuk pertunjukan film. Pada masa itu pertunjukan lebih banyak dilakukan di nickelodeons dan one-reel show dan bagian dari vaudeville. Minor Theatre inilah yang pertamakali dibangun untuk menampung pertunjukan feature film. Jadi ini ziarah bersejarah ya.
Bioskop ini dibangun oleh orang kaya di situ, Isaac Minor, bulan Januari 1914. Seorang pengusaha nickelodeons di daerah, seorang perempuan bernama Bert Pettingel menjadi partner Isaac Minor untuk mengelola bioskop ini. Malam pembukaannya adalah pada 3 Desember 1914 memutar film berjudul The Chimes, sebuah film bisu yang konon termasuk film yang sudah tak ada lagi copy-nya. Di auditorium utama terdapat 524 bangku. Pada malam pembukaan itu, semua bangku terisi. Padahal penduduk Arcata waktu itu sedikit di atas 1.000 orang. Foto pembukaan bioskop ini masih dipajang di lobby.
Tahun 1927 bioskop ini menjadi bagian dari rantai usaha bioskop yang dimiliki bersama dengan beberapa bioskop lokal di Humbold County; dan kemudian berpindah-pindah tangan. Hingga akhirnya sekarang menjadi bagian dari Coming Attractions Theatres yang dimiliki oleh John Schweiger yang juga memiliki jaringan Vartsity Theatres.
Awalnya bioskop ini hanya terdiri dari satu auditorium. Namun sekarang sudah ditambahi dengan beberapa ruang pertunjukan lain dan menjadi seperti sineplex pada umumnya. Namun auditorium utama masih dipertahankan seperti apa adanya. Sayangnya ketika saya datang, sedang ada pertunjukan di audiotrium utama dan tak bisa mengambil foto di sana. Kualitas suara di gedung bioskop ini Dolby Stereo atau THX. Film yang diputar di situ adalah Bourne Ultimatum yang sudah saya tonton di DC.
Sampai sekarang bisnis berjalan lancar. Rebecca, asisten manajer bioskop itu menyebut sekitar 50-60 orang per pertunjukan. Bisa lebih pada film-film yang memang box office. Harry Potter kemarin full house. Juga pada film-film serius, kata Rebecca. Film serius? Ya, film-film politik. Tiket untuk Sicko laku keras. “Orang di sini suka pada film-film serius dan film politik” kata Rebecca. Pasti ini ada kaitannya dengan penduduk Arcata, para pemilih partai hijau. Mereka umumnya memang aktif secara politik dan kritis terhadap pemerintahan.
Maka setiap pekan selalu diputar film berbahasa asing, film impor ataupun film distribusi independen. Pekan ini yang diputar adalah Once, sebuah film Irlandia. Ini sudah jadi komitmen pemilik jaringan bioskop ini untuk menyediakan pertunjukan berkualitas, kata Rebecca. Hm, foreign film artinya berkualitas?
Sumber :

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Posting Komentar