.

Pertempuran Iwo Jima adalah Yang Terbrutal di Perang Dunia II

Diposting oleh GaBohong


Pertempuran Iwo Jima tercatat sebagai salah satu pertempuran paling brutal dan berdarah dalam perang Pasifik. 6.800 orang tentara Amerika dan sekitar 20.000 tentara Jepang tewas untuk memperebutkan pulau kecil ini.

Pertempuran ini ju­ga melahirkan sebuah pe­ristiwa heroik yang diabadikan dalam bentuk fo­to oleh Joe Rosenthal, se­orang fotografer dari Asso­ciated Press. Foto ini mem­perlihatkan bagaimana para prajurit marinir Ame­rika sedang berjuang un­tuk menaikkan bendera Ame­rika di puncak gunung di tengah-tengah Pulau Iwo Jima. Pemerintah Amerika menggunakan foto ini sebagai sim­bol kepahlawanan, dengan menyatakan bahwa bendera ter­sebut didirikan di tengah-tengah hujan tembakan musuh.

Namun belakangan terbukti bahwa pernyataan tersebut tidak benar. Pada tanggal 23 Februari 1945, bendera Ame­rika dikibarkan di sebuah puncak gunung, namun kemu­dian terjatuh. Dan bendera itu tidak atau belum didirikan kem­bali karena pertempuran masih berlangsung dengan se­ngit. Setelah pertempuran berakhir dan situasi berangsur tenang, barulah beberapa prajurit marinir mengibarkan kem­bali bendera tersebut. Dan itulah sebenarnya peristiwa yang diabadikan oleh Joe Rosenthal.
Sumber : http://kamutahu.blogspot.com/2010/11/pertempuran-terbrutal-di-perang-dunia.html

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Posting Komentar