.

Buku Termahal Di Dunia Terjual US$ 11,5 juta

Diposting oleh GaBohong


Audubon_dec2010John James seorang Naturalis Audubon "Birds of America" telah berhasil menjual bukunya pada sebuah lelang di London seharga $ 11.500.000, sehingga buku ini menjadi yang paling mahal di dunia. Buku, yang dijual oleh rumah lelang Sotheby ini, dibeli oleh Micahel Tollemache, sebuah dealer seni di London yang hadir di ruangan itu.
 
"Birds of America" sangat besar bentuknya - dengan panjang lebih dari 3 meter dan lebar 2 meter - dengan 435 ilustrasi. Ketika pertama kali diterbitkan pada tahun 1827, gambar yang dicetak spesialis hitam dan putih dan kemudian diwarnai secara manual dengan tangan.
 
Kombinasi akurasi dan kesenian membuat pekerjaan Audubon unik. Pelat pertama saja - dari kalkun liar - bisa seharga $ 200.000. The Associated Press melaporkan :
Karena setiap gambar adalah sangat berharga, ada ketakutan volumenya akan dipecah dan dijual sebagai karya seni yang terpisah. Namun, para ahli percaya bahwa itu tidak mungkin. Buku tebal ini mungkin lebih berharga dalam keadaan utuh. Dan kolektor Audubon sangat menghormatinya seperti bahwa gagasan merobek dengan memisahkan salinan yang sempurna akan mirip dengan penistaan.
"Audubon adalah 'Burung' yang memiliki tempat khusus di pasar buku langka," kata Heather O'Donnell, seorang spesialis dengan Buku Langka Bauman di New York. "Buku ini merupakan kontribusi asli yang besar untuk mempelajari sejarah alam di Dunia Baru."
Foto: Seorang karyawan Sotheby dengan halaman dari "Burung Amerika" oleh John James Audubon. Kredit: Suzanne Plunkett / Reuters

Sumber: http://latimesblogs.latimes.com/jacketcopy/2010/12/worlds-most-expensive-book-audubon-10-million.html