.

Di Gorontalo, Khutbah Idul Adha Bisa Diinterupsi

Diposting oleh GaBohong


Kejadian unik saat pelaksanaan salat Idul Adha terjadi di lapangan Batalyon Kompi D, Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Minggu, 6 November 2011. Saat ratusan jemaah sedang khusyuk mendengarkan khotbah, tiba-tiba seorang "khatib tandingan" muncul dari deretan jemaah perempuan.

Kejadian bermula ketika khatib sedang membacakan isi khotbahnya, seorang jemaah perempuan berusia sekitar 50 tahun tiba-tiba berdiri dan melakukan interupsi.

Perempuan tersebut protes karena isi khotbah yang dibacakan salah satunya menjelaskan bahwa orang kaya yang tidak pergi berhaji adalah orang kaya durhaka. "Saya tidak setuju dengan khotbah ini," kata perempuan tersebut.

Tak pelak, protes tersebut langsung menjadi pusat perhatian jemaah saat itu juga. Bahkan perempuan itu melakukan protes selama kurang lebih 15 menit lamanya dan tak lupa ia pun mengutip ayat-ayat dalam Al-quran.

"Jemaah tidak lagi memperhatikan khatib yang sedang berkhotbah, semuanya menoleh ke belakang melihat ibu yang sedang protes," kata Funco Tanipu, salah seorang jemaah.

Karena aksi protes yang dilakukan perempuan tersebut, sang khatib pun mempercepat membaca naskah khotbahnya.

Sumber