.

Perusahaan Tablet Kecil Ini Mempermalukan Apple

Diposting oleh GaBohong


Tablet buatan NT-K (reuters)
Apple melancarkan berbagai gugatan hukum untuk melindungi gadgetnya. Tak dinyana, perusahaan raksasa ini kalah dalam pertarungan legal melawan sebuah perusahaan tablet kecil asal Spanyol.

Perusahaan bernama NT-K (Nuevas Tecnologias y Energias Catalan) tersebut digugat Apple dengan tudingan meniru desain iPad. Apple mendaftarkan gugatan bulan November 2010 dan dikabulkan pengadilan lokal.

Alhasil, tablet NT-K sempat dicekal. Dikutip detikINET dari DigitalTrends, Sabtu (5/11/2011), pengapalan tablet yang dibuat di China itu dilarang. Bahkan tablet NT-K masuk daftar hitam karena dianggap produk bajakan.

NT-K pun mengajukan banding yang akhirnya diterima. NT-K tak terbukti melanggar hukum. NT-K bersiap mengajukan gugatan balik karena pendapatannya turun setelah tabletnya sempat dilarang. Mereka ingin kompensasi dari Apple.

"Kami rasa Apple mencoba memblokir sebanyak mungkin tablet untuk masuk ke pasaran. Kami adalah sebuah perusahaan kecil dan rasanya tidak fair sebuah perusahaan sekaliber Apple menggunakan pengaruhnya yang dominan," keluh Pedro David Pelaez, pendiri NT-K.

Apple sendiri juga tengah bertarung sengit dengan sejumlah pabrikan tablet dan smartphone. Terutama dengan Samsung di mana gugatan hukum di antara mereka berlangsung di sejumlah negara.

Sumber