.

Fakta-fakta Tentang Vitamin

Diposkan oleh GaBohong



1. Vitamin adalah zat khusus yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mempertahankan proses kimiawi dalam sel.


2. Tumbuhan bisa membuat vitamin sendiri, tapi manusia harus mendapatkan sebagian besar vitamin dari makanan yang dikonsumsi.


3. Kekurangan Vitamin dalam diet dapat menimbulkan penyakit.


4. Sebelum abad ke-18, pelaut yang menempuh perjalanan panjang umumnya menderita skurvi, karena kurangnya vitamin C dari buah-buahan segar pada diet mereka.


5. Setidaknya ada 15 jenis Vitamin yang telah kita kenal.


6. Vitamin-vitamin pertama yang ditemukan diberi nama menggunakan huruf seperti vitamin B. Selanjutnya, vitamin diberi nama berdasarkan senyawa kimia penyusunnya.


7. Beberapa vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K bisa larut dalam lemak dan bisa ditemukan dalam lemak hewani dan minyak nabati. Vitamin-vitamin itu bisa disimpan dalam tubuh selama berbulan-bulan.


8. Beberapa Vitamin, seperti vitamin C dan kelompok vitamin B bisa larut dalam air serta bisa ditemukan dalam sayuran hijau, buah-buahan, dan bulir gandum. Vitamin itu digunakan oleh tubuh setiap hari.


9. Hanya ada dua vitamin yang dapat dibuat oleh tubuh, yaitu vitamin D dan K. Vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada anak. Vitamin D dibentuk oleh kulit ketika terpajan oleh sinar matahari-15 menit tiga kali seminggu sudah cukup.


10. Kekurangan Vitamin A bisa menurunkan kepekaan penglihatan pada malam hari, karena vitamin A dibutuhkan untuk membantu kerja retina mata.

Sumber