.

Iklan Pertama di Dunia dari Boston News-Letter

Diposting oleh GaBohong


Dunia periklanan yang sekarang berkembang pesat sudah dimulai geliatnya sejak tahun 1704. Saat itu iklan pertama di dunia dimuat oleh surat kabar Boston News-Letter. Media ini didirikan oleh seorang imigran asal Skotlandia bernama John Campbell. Dia adalah penganut Anglikan. Iklan pertama yang dimuatnya itu menawarkan penjualan sebuah rumah di Teluk Oyster, Long Island, Amerika Serikat.


Dari sinilah industri periklanan di dunia mulai bergerak. Tahun 1929, Benjamin Franklin membangun surat kabar bernama Pennsylvania Gazette di Philadelphia. Surat kabar ini menyediakan halaman khusus untuk iklan. Sukses di Pennsylvania Gazette, Benjamin lalu membuat majalah dan ini menjadi majalah pertama di Amerika. Majalah General Magazine ini pun menyediakan ruang khusus buat iklan.

Tak berhenti di situ, dia lalu membuat dua media sekaligus di tahun 1874. Menurut catatan adage.com, kedua media itu bernama The Pennsylvania Packet dan Daily Advertiser. Tahun 1883, dia kembali membuat koran bernama The Sun dengan oplah harian 30 ribu eksemplar. Saat itu The Sun menjadi koran terbesar di dunia.

Begitu industri periklanan tumbuh, mulailah lahir agen-agen periklanan. Agen atau biro iklan pertama di dunia berdiri di Philadelphia. Pendirinya bernama Volney Palmer. Dengan modal 250 dolar AS Francis Wayland Ayer mendirikan biro iklan NW Ayer & Son di Philadelphia. Kliennya antara lain Montgomery Ward, John Wanamaker Departemen Store, Singer Sewing Machines, juga Pond’s Beauty Cream. Biro iklan ini menjadi biro pertama yang menerapkan sistem komisi dalam pemasangan iklan.

Pemiliki dan sekaligus pendiri John Wanamaker Department Store, John Wanamaker menjadi orang pertama yang menunjuk seorang copywriter untuk iklan. Orang yang ditunjuk itu bernama John E Powers. Industri periklanan pun berkembang semakin pesat. Tahun 1904, asosiasi periklanan berdiri untuk pertama kalinya di Amerika.

Mulai tahun 1922, iklan masuk media elektronik, yakni radio. Stasiun Radio AT&T menjadi radio pertama yang memasang iklan dengan tarif 100 dolar AS per 10 menit tayang. Pemasang iklan radio pertamanya adalah The Queensboro Corp, perusahaan real estate. 

Sumber