.

Tempat Wisata Reliji Paling Favorit di Dunia

Diposting oleh GaBohong


Kuil Meiji Jingu (Foto: tripnvisit.blogspot)
Kuil Meiji Jingu (Foto: tripnvisit.blogspot)
SEBUAH kuil Shinto di Jepang, Kuil Meiji Jingu ternyata merupakan tempat wisata religius favorit di dunia. Setiap tahunnya, kuil memiliki jumlah kunjungan sebanyak 30 juta wisatawan.

Kuil Meiji Jingu berlokasi di Shibuya, Tokyo. Kuil didedikasikan untuk memuja arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shoken. Konstruksi pembangunan kuil dimulai pada 1915, di sebuah taman bunga iris dimana sang Kaisar dan Permaisuri sering berkunjung.

Kuil dibangun dalam corak tradisional Nagarezukuri serta tersusun sebagian besar dari cemara Jepang dan tembaga. Kuil yang pembangunannya selesai dan diresmikan pada 1920 ini pernah hancur saat serangan udara Tokyo pada Perang Dunia II. Kemudian, kuil direkonstruksi kembali dan selesai pada Oktober 1958. Demikian seperti dilansir Travelandleisure, Jumat (06/01/2012).

Kuil terletak dalam sebuah hutan yang melingkupi area seluas 700.000 meter persegi. Area ditutupi hutan evergreen yang terdiri dari 120.000 pohon dengan 365 spesies pohon berbeda. Pohon-pohon ini merupakan hasil sumbangan masyarakat Jepang dari berbagai kalangan saat kuil mulai didirikan.

Di dalam kuil terdapat sebuah museum dengan corak Azukezukuri yang menyimpan tulisan-tulisan Kaisar dan sang Permaisuri. Kemudian, juga ada sebuah galeri Gambar Peringatan Meuji memuat koleksi 80 mural besar yang mengilustrasikan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sang Kaisar dan Permaisuri. Ada pula fasilitas olahraga yang beberapa di antaranya digunakan sebagai stadion nasional Jepang.

Kini, selain digunakan sebagai tempat ibadah, kuil juga digunakan sebagai tempat pernikahan dalam tradisi agama Shinto, agama mayoritas masyarakat Jepang. Festival-festival tradisional Jepang juga kerap dilakukan di kuil ini. Saat festival berlangsung, di sekeliling kuil banyak sekali penjual dan kios jalanan yang menjual makanan dan permainan khas Jepang.

Kuil biasanya juga ramai pada hari pertama Tahun Baru karena sebagian besar warga Tokyo mengunjungi kuil untuk berdoa meminta keberuntungan dan kesejahteraan di tahun yang baru. Kuil Meiji juga dijadikan salah satu tempat kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton pada 2009. Ia datang sebagai perwakilan dari Presiden Barrack Obama saat baru terpilih. Ia mengunjungi Kuil Meiji ini untuk bertemu pemimpin Jepang sebagai simbol penghormatannya terhadap sejarah dan kebudayaan Jepang.

Sumber