.

Rungis, Pasar Makanan Terbesar se Dunia

Diposting oleh GaBohong



Gan apa yang anda bayangkan jika mengetahui sebuah pasar makanan seluas 234 hektar? Inilah Rungis, pasar terbesar di dunia yang ada di Prancis. Pasar berisi makanan segar mulai dari buah hingga daging.

Rungis, pasar makanan terbesar di dunia yang berlokasi 7 km dari Kota Paris, punya luas 234 hektar! Pasar ini lebih mirip pabrik dibanding 'pasar' secara harfiah.
Rasanya tak heran Prancis jadi kota kuliner kenamaan dunia. Inilah tempat para koki belanja makanan segar tiap harinya mulai dari daging, seafood, roti, keju, hingga potongan bunga segar, Setdaknya ada 18 juta konsumen yang berkunjung setiap harinya.


Makanan yang dijual pun tak tanggung-tanggung, 1.451.388 ton setiap harinya. Tak heran Rungis punya stasiun kereta dan jalan tol sendiri untuk distribusi semua barang dagangan. Pasar seluas 234 hektar ini terdiri dari beberapa bagian besar (paviliun) yakni 1 paviliun untuk ikan dan seafood, 9 paviliun untuk buah dan sayur, 4 paviliun untuk mentega-telur-keju, dan 1 paviliun untuk bunga-bunga segar.


Pasar yang resmi dibuka pada 3 Maret 1969 ini akan memenuhi hasrat wisata kuliner Anda. Bukan produk jadi memang, tapi bahan-bahan segar inilah yang akan masuk di perut Anda saat wisata kuliner di Kota Paris. Buah dan sayurnya luar biasa segar. Kentang, bawang-bawangan, aneka jamur besar-besar, juga buah-buahan tropis dengan kematangan yang pas. Paviliun ikan dan seafood menjual aneka ikan air laut dan air tawar, kerang-kerangan, lobster, cumi, gurita, termasuk produk beku.
Segala aktivitas di Rungis dimulai tengah malam, hingga pukul 06.00 pagi waktu setempat. Wisatawan bisa datang selambat-lambatnya pukul 04.00 pagi waktu setempat agar tidak ketinggalan segala aktivitas di dalamnya. Sebelum masuk, tiap orang wajib mengenakan baju serba putih layaknya di pabrik.

Sumber