.

Ada Misteri Pekuburan Setan di Rusia Ini

Diposting oleh GaBohong

Ada sebuah area terbuka di tengah hutan yang disebut "Pekuburan Setan" (Devil's Cemetery) tidak jauh dari desa Kova di wilayah Krasnoyarsk Rusia. Area terbuka ini penuh dengan bangkai-bangkai burung dan hewan-hewan lainnya yang karena alasan tertentu tidak terurai. Vegetasi di area ini agak langka, pohon-pohon terlihat hangus dan mati, dan tak ada hewan tinggal di sini. Orang-orang yang kebetulan datang ke Pekuburan Setan ini tiba-tiba merasakan pening, mual, sakit gigi dan kecemasan yang tak dapat dijelaskan.


Area terbuka ini diketahui muncul pada tahun 1908. Dan karena tiap melewatinya, hewan-hewan ternak akan mati dan orang-orang akan merasakan sakit yang aneh, maka penduduk desa terdekat membuat patung di tepi area tersebut, sebagai peringatan kepada orang-orang yang ingin melintasinya.

Quote:


Patung yang dibuat penduduk Kova di dekat Pekuburan Setan
Tak berapa lama, segera para penduduk desa terdekat merasakan keanehan-keanehan pada ternak mereka. Banyak ternak yang terlahir cacat dan berkepala dua. Hal itupun kemudian terjadi pada bayi-bayi mereka. Para penduduk yang resah melaporkan peristiwa ini ke pemerintah setempat, yang pada gilirannya, pemerintah pusat memindahkan para penduduk desa dan mengisolasi area di sekitar kuburan setan tersebut. Kasus dan lokasi Pekuburan Setan kemudian dirahasiakan oleh pemerintahan komunis selama puluhan tahun. Hanya cerita dari mulut ke mulut yang membuat kuburan setan tetap terdengar di telinga orang-orang Rusia. Namun setelah puluhan tahun, tak ada yang tahu dimana tepatnya lokasi kuburan setan itu.

Cerita tentang Pekuburan Setan menghangat kembali diawal tahun 80an. Banyak orang yang penasaran dan mencari lokasi kuburan setan itu. Namun dalam satu dekade, dari 1980 sampai 1990, sekitar 75 orang yang pergi untuk mencari Pekuburan Setan tewas di dalam Taiga (hutan). Tiga kelompok yang terorganisir menghilang tanpa jejak. Sebagai contoh, pada tahun 1982 sekelompok wisatawan dari kota Nabarezhnye Chelny pergi mencari Pekuburan Setan dan tidak pernah kembali.

Tak satu pun dari ekspedisi berhasil mencapai Pekuburan Setan.

Quote:

Pekuburan Setan
Pada tahun 1991 sebuah ekspedisi para pakar UFO dari kota Vladivostok melakukan pencarian. Setelah berhari-hari berjalan dalam hutan, akhirnya mereka melihat patung yang ditinggalkan oleh penduduk. Salah satu anggotanya, Alexander Renpel, menggambarkan peristiwa penemuan lokasi kuburan setan seperti dibawah ini:

"Kompas ditanganku membeku tak berfungsi. Orang-orang merasakan kesemutan disekujur tubuh mereka, beberapa lainnya tiba-tiba merasakan sakit gigi. Semua orang tampak cemas. Tak lama setelah kami tiba di lokasi kuburan setan, radio komunikasi kami tak berfungsi, dan kamipun cepat-cepat meninggalkan area tesebut"

Para anggota kelompok riset persaudaraan "Phenomenon" mengirim dua ekspedisi ke daerah kuburan setan. Tapi ketika mereka akan mencapainya, peralatan mereka pecah, dan mereka tidak berani mengambil risiko untuk bergerak lebih lanjut.

Pemimpin ekspedisi Nikita Tomin mengatakan: "Setelah berjalan dua kilometer ke arah Pekuburan Setan, kami menemukan sebuah lubang. Kami memeriksanya dan mengambil beberapa sampel dari area tersebut sebelum kami merasakan pening dan mual.


Tomin berkesimpulan bahwa anomali dari Pekuburan Setan terkait dengan jatuhnya meteorit Tunguska. Seperti yang kita ketahui, sebuah meteor biasanya akan pecah menjadi beberapa potongan sebelum benar-benar sampai ke tanah. Pada tahun 1908, sebuah "meteor jatuh dari langit" dan salah satu potongannya jatuh di wilayah ini. Beberapa orang gembala pergi untuk mencarinya. Di perjalanan mereka menemukan sebuah wilayah yang terbakar di hutan tersebut dengan lubang di tengah tidak jauh dari jalan di mana mereka merumput. Jalan kemudian pindah tiga kilometer jauhnya karena mereka khawatir bahwa ternak mereka akan mengembara ke kuburan setan dan mati. Namun, meskipun demikian, kematian massal ternak-ternak mereka dan beberapa peristiwa memaksa orang-orang desa terdekat, seperti Kostino, Chemba dan Karamyshevo untuk pindah.

Pada akhir 1920-an, seorang ahli ternak bernama Semchenko melemparkan tali dengan beban di ujungnya ke dalam lubang di tengah kuburan setan. Tali jatuh beberapa puluh meter, tetapi tidak pernah mencapai bagian bawah. Semchenko menyadari bahwa unggas-unggas yang mati tergeletak hanya dekat lubang, dan daging mereka berwarna ungu yang aneh.

Ada versi lain yang menjelaskan fenomena ini. Pada 1980-an Victor Zhuravlev, seorang profesor fisika dan matematika, anggota dari Meteorite Committee of the Siberian Department of the Academy of Science of USSR, menyarankan bahwa ada api bawah tanah yang menyala di bawah Pemakaman Setan, seperti yang terjadi di Pennsylvania. Ladang batubara Tungus melewati wilayah itu. Oksigen di area itu akan sangat kurang dan pembakaran batu bara akan disertai dengan emisi gas karbon monoksida yang tak berwarna dan tidak berbau namun beracun bagi organisme hidup. Namun, teori ini tidak menjelaskan bagaimana peralatan-peralatan seperti kompas dan radio tak berfungsi di area tersebut.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

10 Adegan Seks Film Hollywood yang Paling Aneh

Diposting oleh GaBohong


1. Bercinta dengan kue pie

AMERICAN PIE (1999)

Film: AMERICAN PIE (1999)
SelengkapnyaDISINI...

Ini Dia Sosok Pengisi Suara Masya yang Menggemaskan

Diposting oleh GaBohong



Ini Dia Sosok Gadis Cantik  Yang Mengisi Suara Masha

Dibalik suksesnya film Masha And The Bear ini pasti anda bertanya-tanya siapa sih orang yang mengisi suara si masha ? Nah, Dia adalah Alina Kukushkina. Gadis kecil nan imut-imut ini lahir pada tahun 10 Desember 2002 di moskow, Rusia dan dia mengisi suara masha ketika usianya 6 tahun.

Awalnya ia diundang untuk mengikuti audisi di studio "Animakkord", dan pada saat audisi Alina Kukushkina diminta untuk mengucapkan beberapa kata di mikrofon dengan suara normal. Ternyata suara gadis tersebut sangat cocok untuk suara masha dan ia pun lolos dalam audisi.

Ini Dia Sosok Gadis Cantik  Yang Mengisi Suara Masha

Akhirnya pada tanggal 14 November 2009, 6 seri dari film Masha And The Bear dirilis ulang kembali dan diterbitkan pada tahun 2009 juga. Penerbitan ini juga disertai dengan buku mewarnai untuk anak-anak di seri sebesar 400 ribu.

Kini Alina bukanlah anak kecil lagi, ia sudah beranjak remaja dan usianya sudah mendekati 12 tahun namun satu yang tidak berubah yaitu suaranya tetap unik dan lucu. Bagaimana apakah anda sekarang sudah tahu siapa yang mengisi suara masha di dalam film Masha And the Bear.

Karakter kartun yang kerap mengenakan kerudung warna pink ini memang telah berhasil menarik minat masyarakat Indonesia terutama anak-anak apalagi mengingat kelucuan si masha saat menyanyikan lagu Masha and the bear Hiccups alias Masha Cegukan. Lucu banget! Lalu, kata-kata khasnya adalah "Aha," Hurray."


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ini Dia 5 Tempat Paling Angker di Bali

Diposting oleh GaBohong

Sudah menjadi rahasia umum jika Bali menjadi tempat wisata lokal maupun mancanegara terpopuler di Indonesia. Keindahan alam yang membentang, restoran kaya rasa, gerap gempita hiburan, dan serupa lainnya menjadi tawaran wajib bagi pulau yang disangka-sangka sebagai tempat perkumpulan para Dewa ini.

Disebut-sebut sebagai Pulau Dewata, Bali memang menyimpan banyak aura mistis dan takhayul. Tidak hanya karena peradaban budaya saja, tetapi juga bangunan-bangunan yang terbelangkai di sana. Mungkin bagi pecinta rasa tegang dan mendebarkan, bangunan-bangunan mistis di Bali tersebut menjadi sangat wajib Anda kunjungi.

Berikut adalah 5 Tempat Paling Angker Di Bali seperti yang dilansir dari laman bali.mehthesheep.com, Minggu (18/1/2015) :


1. Taman Festival

Tempat Paling Angker Di Bali


Taman hiburan terbesar yang berlokasi di Sanur ini sudah terabaikan selama 14 tahun. Bangunan ini sudah benar-benar hancur dan sering kali disebut sebagai kota hantu. Bukan hanya memiliki kisah yang mistis, kabarnya Taman Festival menjadi persinggahan para buaya untuk membuat sarang. Tak diragukan lagi, apabila masuk ke dalam taman hiburan ini rambut-rambut di tubuh Anda akan berdiri. Untuk mencapai daerah ini hanya dibutuhkan waktu 7 menit dengan mobil dan dilanjutkan berjalan ke arah utara dari Pantai Sanur.


2. Bounty Beach Club Bungalows

Tempat Paling Angker Di Bali

Mungkin bulu kuduk Anda langsung akan berdiri sesaat setelah memasuki kawasan bungalow ini. Berbagai infrastruktur yang runtuh mungkin tidak menjadi alasan, tetapi berbagai rumor cerita di balik terabaikannya bangunan satu ini menjadi sangat mengundang rasa penasaran. Terdapat dua rumor yang beredar. Pertama, bangunan ini terabaikan setelah peristiwa teroris bom Bali pada tahun 2002 lalu. Sementara, rumor lain mengisahkan bangunan ini terbengkalai setelah sang pemilik yang meninggal tak terduga.


3. Kuil Bawah Laut

Tempat Paling Angker Di Bali

Jika Anda ingin bertemu hantu di bawah air, mungkin Anda harus memberanikan diri untuk menuju salah satu lokasi bawah laut yang ditemukan oleh orang Australia bernama Chris Brown pada tahun 2005. Alasannya karena terdapat sebuah kuil di dalam laut desa pesisir Pemuteran ini. Air yang keruh membuat visibilitas di area rendah. Akibatnya, para penyelam lokal pun harus berpikir dua kali sebelum menyelam ke area ini.


4. Candi di Karangasem

Tempat Paling Angker Di Bali

Candi yang terletak di desa Tista, Karangasem, Bali ini menyimpan berbagai misteri yang belum bisa dipecahkan oleh siapapun. Pasalnya, nama asli dari candi yang dihiasi dengan berbagai patung dan pijakan ini belum diketahui hingga kini.


5. Hotel Tak Selesai Dibangun

Tempat Paling Angker Di Bali

Sudah 12 tahun sejak pembangunan sebuah hotel ini tidak dilanjutkan. Hotel yang kabarnya merupakan proyek dari anak Presiden Indonesia ke-2, Tommy Suharto, ini tiba-tiba dihentikan sejak adanya peristiwa bom Bali tahun 2002. Tahap pembangunan Taman Rekreasi Bedugul ini tampaknya sudah hampir berakhir dan akan segera menuju pembukaan. Buktinya adalah toilet, segala tempat tidur, dan area berkonsep elegan lainnya telah sudah tertata. Akhirnya, hotel terbengkalai ini pun menyandang juluk sebagai Hotel Istana Berhantu.

SelengkapnyaDISINI...

Ini Dia Operasi Plastik Tercepat di Dunia

Diposting oleh GaBohong


Foto: copyright Elitedaily.com
Bagi para seniman rupa harus terus berinovasi dalam menghasilkan sebuah karya seni. Karya seni dapat dibuat dari bahan-bahan murah sekalipun, mungkin yang tidak pernah terpikirkan orang biasa. Seniman juga bisa mewujudkan impian orang biasa untuk merasakan menjadi bintang besar dunia hanya dalam waktu sekejap. 

Marie Sedang Mengerjakan Proyeknya | Foto: copyright Elitedaily.com
Marie Sedang Mengerjakan Proyeknya | Foto: copyright Elitedaily.com

Biasanya orang operasi plastik menghabiskan puluhan juta rupiah, namun seniman satu ini hanya butuh plastik dan cat saja. Bermodal bahan plastik dan cat, seseorang akan berubah menjadi orang yang diidolakan.  Bagaimana bisa?


Elvis Presley | Foto: copyright Elitedaily.com
Elvis Presley | Foto: copyright Elitedaily.com
Dilansir melalui Elitedaily.com, seorang seniman Kanada, Marie Lou Desmeules, menemukan sebuah cara untuk mengubah seseorang agar terlihat seperti bintang besar dengan minim biaya.

Film Serial Baywatch | Foto: copyright Elitedaily.com
Film Serial Baywatch | Foto: copyright Elitedaily.com


Dalam proyek seninya terbaru, Operasi Cat dan Plastik, Desmeules mengubah total orang yang tidak terkenal menjadi selebriti papan atas dunia dengan cara sederhana. Dia menggunakan media plastik dan beberapa warna cat saja. Tidak bisa dijelaskan, ada begitu banyak pasangan yang berminat untuk mencoba bergabung dalam proyek ini.


Hulk Hogan | Foto: copyright Elitedaily.com
Hulk Hogan | Foto: copyright Elitedaily.com


Hasil foto atau jepretan kamera komik Desmeules begitu lucu. Fitur wajah yang diciptakan dari semua tokoh seperti salah satu pemeran utama Baywatch, Hulk Hogan, bahkan Kim Jong-un dan Rambo. Ketika Desmeules berbagi foto yang menampakkan hasil karyanya, banyak menuai komentar. Yakni peran selebriti dalam dunia nyata atau sosial dilihat dari karya seni.


Kim Dong Un | Foto: copyright Elitedaily.com
Kim Dong Un | Foto: copyright Elitedaily.com

Desmeules memulai tahapan proses perubahan nyata itu dengan menempelkan beberapa plastik di wajah sesuai dengan pola yang diinginkan klien. Kemudian menambahkan beberapa gumpalan plastik lagi hingga membentuk fitur wajah selebriti.


Karl Lagerfeld, Vladimir Putin dan Rambo | Foto: copyright Elitedaily.com
Karl Lagerfeld, Vladimir Putin dan Rambo | Foto: copyright Elitedaily.com


Setelah merata semua baru dicat di beberapa sisi. Dan, langsung jadi, wajah seseorang yang tidak dikenal berubah dalam sekejap mata dan drastis seperti selebriti yang diidolakan. Desmeules menggunakan efek wajah komik. Sehingga, wajah seseorang bisa berubah seperti toko dalam komik.


Proses Transformasi | Foto: copyright Elitedaily.com
Proses Transformasi | Foto: copyright Elitedaily.com


Sementara beberapa tekniknya membuat Anda sedikit bingung, walau begitu setidaknya Anda dapat terlihat mirip dengan bintang yang Anda sukai. Sangat menarik dan kreatif. 


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Kopi Ini Malah Bikin Tidur Lebih Cepat

Diposting oleh GaBohong


Selama ini dipercaya bahwa menyesap kopi akan membuat Anda terjaga. Namun, sebuah inovasi terbaru pada produk kopi ini akan membuat Anda tercengang. Sebab, kopi bernama Counting Sheep Coffee hadir untuk menjadikan Anda mengantuk dan tidur nyenyak. 

Mengapa demikian?
Pasangan suami istri Jessop menciptakan produk kopi tersebut, yang secara khusus dirancang agar para pecinta kopi dapat menyesap kopi sebelum tidur tanpa khawatir akan terbangun sewaktu-waktu di dini hari.
Latar belakang diciptakannya produk kopi ini sebenarnya sederhana dan merupakan pengalaman pribadi Jessop dan istrinya. "Ketimbang menyesap segelas wine, kami memilih untuk lebih baik membuat kopi," ujar dessop.

Kala itu sang istri mengeluh tak bisa menikmati secangkir kopi setelah pukul 3 sore karena takut tidak bisa tertidur di malam hari. Untuk memudahkan kesulitan sang istri, Jessop pun mengubah kediaman mereka menjadi laboratorium percobaan untuk mencari solusi minum kopi dan tetap mengantuk.
Setelah bereksperimen dengan beragam jenis herbal dan suplemen, Jessop akhirnya berhenti pada valerian, sebuah tanaman yang telah dimanfaatkan di Eropa sebagai obat penenang ringan selama berabad-abad. Jessop mencampur decaf dengan tanaman valerian tersebut dan terciptalah Counting Sheep Coffee.
Jessop mengatakan bahwa kopinya ini adalah produk makanan dan minuman, bukan obat untuk membantu tidur. Valerian telah diizinkan penggunaannya oleh Lembaga Administrasi Makanan dan Obat Amerika sebagai komposisi makanan.

Para ahli belum mengetahui pasti mengapa tanaman tersebut dapat membantu memudahkan tidur. Namun, menurut Stephen Bent, profesor dari University of California San Francisco, kemungkinan akan ada sedikit efek sampingnya. "Dalam studi yang pernah dilakukan, terlihat bahwa valerian aman. Valerian memiliki sejarah panjang dalam tradisi untuk menyebabkan tidur," ungkapnya.

SelengkapnyaDISINI...

Inilah 10 Kota Paling Jorok di Dunia

Diposting oleh GaBohong

No. 10: Brazzaville, Congo



polusi udara dari emisi, kekurangan air minum dan pencemaran air di kota ini dari kotoran mentah berkontribusi ke daftar binatu kesehatan dan sanitasi keprihatinan untuk Brazzaville, ibukota Kongo. Setiap pers ini atas harapan hidup penduduk setempat.

SelengkapnyaDISINI...

5 Hotel ini Paling Berhantu di Indonesia

Diposting oleh GaBohong

Sering kita mendengar entah itu mitos atau benar ada hantu yang menghuni suatu tempat. Bahkan di hotel yang terlihat megah sekalipun juga terdapat kisah menakutkan.

Kisah ini menjadi cerita dari mulut ke mulut. Beberapa orang percaya, namun ada yang menyangsikan kebenarannya, meski beberapa orang pernah menemui hantu tersebut.

Berikut cerita 5 Hotel Paling Berhantu Di Indonesia. Jika memiliki nyali besar, silahkan menginap.

1. Banyak Hantu di Lorong Hotel



Hotel Paling Berhantu Di Indonesia
'ilustrasi'

SelengkapnyaDISINI...

Benarkah 7000 Tahun Lalu India Sudah Mampu Ciptakan Pesawat Canggih?

Diposting oleh GaBohong


Dalam Konferensi Ilmuwan India (ISC) yang berlangsung di Universitas Mumbai pada bulan Januari 2015 lalu, seorang mantan pilot bernama Anand Bodas mengklaim bahwa India telah menemukan pesawat sejak 7.000 tahun lalu.
“Bukan pesawat sederhana dan tidak cuma bisa terbang, namun pesawat ini bahkan bisa berhenti melayang di udara kemudian sanggup bergerak ke berbagai arah maupun melakukan perjalanan ke planet lain!”, kata Bodas, yang merupakan bagian dari penulis karya ilmiah berjudul Teknologi Penerbangan Kuno India.
“Struktur dasarnya memiliki panjang sekitar 60 kaki, namun adakalanya lebih panjang hingga 200 kaki. Ini termasuk pesawat jumbo. Pesawat kuno ini memiliki 40 mesin kecil,” demikian deskripsi yang ditulis Bodas, seperti yang dikutip dari tribunnews.com.
Ia mengklaim bahwa pesawat kuno ini juga memiliki sistem radar yang ia sebut ‘rooparkanrahasya’ yang mampu menampilkan informasi aktual pesawat. Ia menyebutkan bahwa semua informasi itu diperoleh dari sebuah buku yang berjudul Vimana Samhita yang ditulis Maharishi Bharadwaj.
Namun begitu, teori ini kemudian memancing kontroversi. Salah satunya diungkapkan oleh media terkenal Mumbai Mirror. Menurut mereka, teori yang dikemukakan oleh Bodas, tidak konsisten dengan metode penelitian keilmuan, juga tidak konsisten terkait metode yang bisa dibuktikan bahkan temuannya diragukan.
SelengkapnyaDISINI...

5 Misteri Horor dari Danau Toba yang Mengerikan

Diposting oleh GaBohong


Danau toba merupakan danau terluas di Indonesia dan di Asia Tenggara. Di danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan ditambah lagi dengan pulau samosir yang ada di tengah-tengah danau tersebut.
Karena keindahan danau ini, tak heran jika danau ini menjadi tempat wisata yang paling banyak di kunjungi oleh turis-turis di berbagai negara.
Namun, dibalik keindahannya danau toba ini memiliki kisah seram dan mengerikan yang cukup membuat bulu kuduk kamu berdiri. Seperti apa ya kisah seram dan mengerikan tentang danau toba?
Seperti di lansir palingseru.com, ini lah dia ke lima kisah misteri yang sangat menyeramkan.

1. Makhluk muka rata
Kisah ini dialami oleh beberapa pemuda yang bermain di danau toba tersebut pada tengah malam. Hal ini mereka lakukan karena tidak bisa tidur, dan memilih untuk bermain di tepi danau. Kemudian, salah satu dari mereka memilih duduk sendiri di tepi danau untuk melihat pemandangan sekitar danau sedangkan yang lainnya bermain air.
Kemudian, ia melihat seorang wanita yang mengahampiri teman-temannya dan wanita itu trlihat sangat putih dan tanpa mata, hidung, mulut dan lain-lain, atau bisa disebut dengan muka rata.

2. Tangisan tengah malam
Seperti cerita-cerita horror yang di film kan danau toba ini juga memiliki kisah misteri yang sangat menyeramkan. Ya, seperti tangisan tengah malam. Kata orang-orang setempat, mereka sering mendengar tangisan di saat malam hari, tangisan itu terdengar di sudut danau yang terdengar sangat jelas. Konon katanya tangisan itu merupakan tangisan kesedihan para korban yang pernah tenggelam di danau tersebut.

3. Karma penunggu danau
Seperti di tempat-tempat khusus lainnya, danau toba juga merupakn tempat yang memiliki peraturan yang tidak boleh dilanggar seperti mengatakan kata kotor, berbuat zinah, membuang benda kotor, dan hal lainnya yang dianggap kotor atau tidak sopan.
Namun, tenyata peraturan ini pernah di langgar oleh seorang wanita yang merasa tidak percaya dan sengaja membuang pembalut di danau tersebut. Kemudian, secara tiba-tiba wanita tersebut seperti ditarik untuk masuk ke danau tersebut dan akhirnya mati tenggelam di danau itu. Seram ya…

4. Makhluk misterius di tepi danau
Kisah ini pernah dialami oleh sekelompok mahasiswa yang bermalam di danua tersebut. Seperti yang kebanyakan orang lakukan saat berada di tempat yang indah, sekelompok mahasiswa tersebut melakukan foto-foto di tepi danau itu. Kemudian, saat setelah foto itu di cetak mereka baru menyadari bahwa ada yang aneh dengan foto tersebut. Ternyata, saat mereka berfoto ada penampakan misterius yang mirip seperti kakek tua dengan kaki berayun dan serta tubuhnya yang membungkuk.

5. Ikan mas raksasa
Seperti yang telah dipercayai selama ratusan tahun, danau ini memiliki tiga ekor ikan mas raksasa yang berukuran 4-10 meter. Ikan-ikan mas ini sering kali dilihat oleh warga setempat dan para nelayan melintas di danau tersebut. Bahkan ikan-ikan mas raksasa ini sering kali merusak perangkap ikan para nelayan.

SelengkapnyaDISINI...

Hewan-hewan Unik ini Menyerupai Wajah Manusia

Diposting oleh GaBohong

1. Heike Crab (kepiting Heike)

SelengkapnyaDISINI...

5 Fakta Batteray Smartphone yang Jarang Diketahui

Diposting oleh GaBohong

Sebagai pengguna smartphone Android, kita tentunya dituntut untuk mengetahui seluk beluk dari smartphone agar dapat menggunakannya secara maksimal. Demikian halnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, salah satu bagian dari smartphone yang seringkali jarang diperhatikan adalah baterai.

Banyak pengguna smartphone Android yang tidak mempunyai pengetahuan yang memadai tentang baterai. Meski terkesan sepele hal tersebut dapat membuat baterai yang tertanam di smartphone cepat mengalami kerusakan bahkan membahayakan pengguna, ketika meledak misalnya. Untuk menghindari hal-hal itu, terdapat beberapa fakta penting seputar baterai Android yang wajib diketahui oleh pemilik smartphone agar tidak pernah menyesal.

Berikut adalah 5 Fakta Menarik Tentang Baterai Smartphone :

1. Baterai tidak akan pernah terisi penuh


Ketika Anda selesai melakukan pengisian daya smartphone Android, pasti akan terlihat indikator atau presentase yang menyatakan bila baterai telah terisi penuh alias mencapai 100 persen. Namun, hal itu ternyata hanya tipuan saja. Ya, hampir semua baterai smartphone sejatinya tidak akan pernah mencapai daya 100 persen setelah Anda men-chargenya. Daya paling besar yang diatur untuk dapat ditampung dalam sebuah baterai nyatanya hanya sampai angka 80 persen saja.

Hal itu perlu dilakukan oleh setiap produsen baterai agar produk mereka dapat terus stabil dan tidak mudah rusak. Apabila baterai diatur dapat menampung daya hingga 100 persen, terdapat kemungkinan baterai tersebut kelak dapat rusak atau bahkan meledak jika overcharge. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak memaksa baterai terus diisi dayanya agar si baterai tidak cepat rusak.

2. Isi ulang daya sebelum baterai benar-benar habis


Lupakan segala anjuran yang menyatakan Anda harus mengisi daya baru saat indikator baterai smartphone sampai di titik kritis alias di bawah 15 persen atau bahkan 10 persen. Semua itu salah. Baterai smartphone kebanyakan adalah baterai berjenis Lithium-ion yang justru mampu menghasilkan performa maksimalnya saat dayanya mencapai 50 persen.

Oleh sebab itu, Anda bisa langsung mengisi dayanya saat indikator baterai menunjukkan 30 persen misalnya. Mengisi baterai dari daya paling rendah secara terus menerus, misalnya di bawah 10 persen justru dapat merusak baterai dan mengurangi umur alias masa pakainya. Akan tetapi, Anda pun tidak harus mengisis dayanya sepanjang waktu karena baterai Lithium-ion dapat mengalami overheat alias kepanasan yang dapat membuatnya meledak.

3. Baterai atau charger murah itu berbahaya


Apakah baterai Anda sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti mudah drop dayanya atau menggelembung? Nah, jika hal itu terjadi Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tetapi, Anda tidak boleh asal membeli baterai baru yang biasanya dijual dengan harga murah di pasaran. Mengapa? Mayoritas baterai yang diproduksi selain pabrikan aslinya tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang sesuai standar.

Banyak kasus-kasus baterai meledak yang ternyata bermula dari baterai dengan harga murah. Hal ini juga berlaku pada charger alias alat pengisi daya Anda. Charger murah pun banyak yang tidak memberikan sistem perlindungan di dalamnya, sehingga seringkali memberikan energi listrik yang berlebih di baterai Anda. Ujung-ujungnya bukan smartphone kembali terisi penuh tapi baterai Anda mengalami kerusakan bahkan meledak.

4. Baterai tidak akan cepat habis gara-gara banyak membuka aplikasi


Bagi yang doyan menggunakan smartphone untuk kegiatan multitasking pasti sering mengeluhkan daya baterai yang cepat habis. Oleh karena itu mereka biasanya langsung menutup aplikasi yang dijalankan saat tidak dibutuhkan, termasuk memasang aplikasi pengelola baterai.

Sebenarnya hal itu tidak perlu, sebab sistem operasi Android selangkah di depan dengan kemampuan pengelolaan baterai sendiri. Misalnya, sistem akan secara menutup aplikasi yang terbuka selang beberapa detik setelah Anda berpindah ke aplikasi lain. Kebanyakan kegiatan multitasking hanya berpengaruh pada memori RAM yang dapat membuat smartphone agak lemot.

5. Wallpaper animasi, Wi-Fi, hingga GPS tidak berpengaruh pada baterai


Banyak orang yang menyarankan pengguna smartphone Android agar tidak memasang wallpaper gerak atau animasi di smartphone agar baterai tidak cepat habis. Begitu pula dengan fitur konektivitas lain seperti Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth. Perlu diketahui jika wallpaper animasi hanya berpengaruh terhadap pemakaian day baterai sekitar 2 persen saja. Sementara Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth tidak memakan daya baterai saat diaktifkan.

Yang sejatinya menguras daya baterai Anda adalah banyaknya aplikasi yang sengaja Anda atur berjalan di latar belakang, termasuk aplikasi yang mempunyai fitur pop up notifikasi layaknya WhatsApp, BBM, atau jejaring sosial lainnya. Oleh karena itu jangan takut menghidupkan Wi-Fi untuk terkoneksi dengan internet. Cara ini justru dapat membuat Anda menghemat paket data yang Anda miliki.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...