.

Tips Ini Bisa Mencegah Gegar Otak

Diposting oleh GaBohong


Gegar otak atau cidera kepala adalah cidera yang dialami oleh otak akibat benturan yang dialami oleh kepala. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab tersering gegar otak. Penyebab lainnya adalah olah raga terutama olah raga yang mengutamakan kontak fisik atau berkendaraan.


Gejala gegar otak antara lain mengantuk, sakit kepala, kehilangan kesadaran, lupa ingatan, kebingungan, pusing dan sulit berkomunikasi. Pasien yang mengalami gejala seperti ini harus mendapatkan penanganan medis segera dan harus istirahat total di rumah sakit sampai dipastikan seberapa parah kondisi cidera kepalanya.

Berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya gegar otak :

  • Gunakan pelindung kepala atau helm saat anda mengendarai motor atau melakukan aktifitas olah raga yang mengutamakan kontak fisik. Meskipun helm tidak terlalu menjamin anda tidak akan mengalami gegar otak tetapi minimal dapat mengurangi dampak benturan.
  • Ingat selalu untuk mematuhi peraturan lalu lintas agar anda terhindar dari kecelakaan.
  • Perhatikan aturan yang dipakai saat anda mengikuti olah raga kontak fisik, bila memang aturan itu tidak cukup melindungi kepala anda, lakukan perubahan.
Sumber