.

Tips untuk Kecanduan Makanan Manis

Diposting oleh GaBohong


Satu scoop es krim dengan sirup cokelat atau cheesecake yang gurih dan lembut, mungkin terasa sangat nikmat dimakan setelah menyantap hidangan utama. Tapi tahukah Anda, makanan manis dan tinggi gula bisa membuat kecanduan?

Menurut studi yang dilakukan para peneliti di Princeton University, Amerika Serikat, gula sangat berpotensi menimbulkan kecanduan. Peneliti mempelajari tikus percobaan yang memakan gula dalam jumlah besar. Setelah gula dikeluarkan dari kandang, tikus-tikus tersebut menunjukkan gejala ketergantungan seperti gemetar dan perubahan zat kimia pada otak.

Dikutip dari detikhealth, tak banyak orang yang menyadari sudah kecanduan gula. Padahal kecanduan gula sama seriusnya dengan kecanduan alkohol dan narkoba. Ada racun dibalik kalori gula yang dapat membunuh Anda secara perlahan. Untuk itu, penjualannya juga harus diatut layaknya rokok dan alkohol.

Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula bertanggungjawab untuk penyakit berbahaya seperti obesitas (kegemukan), kanker, penyakit jantung dan masalah hati. Bahkan, gula berkontribusi pada 35 juta kematian setiap tahun di seluruh dunia.

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur kecanduan gula? Mulailah mengurangi konsumsinya dari sekarang dan ubahlah diet yang lebih sehat. Untuk memenuhi hasrat Anda memakan makanan manis, pilih alternatif camilan yang rendah gula dan kalori, tapi tak kalah lezat daripada es krim, cokelat atau cake favorit Anda. Berikut ini beberapa pilihan camilan rendah gula untuk mencegah obesitas dan menjaga Anda tetap sehat, seperti dilansir My Health News Daily:

- Pisang dan selai kacang. Pisang memiliki rasa manis ringan yang bisa memuaskan keinginan Anda mengonsumsi makanan manis. Buah ini juga kaya akan serat yang akan membuat perut Anda terasa kenyang. Anda bisa memanggang pisang agar rasa manisnya lebih keluar dan tambahkan selai kacang asli agar lebih lezat dan gurih.

- Yoghurt: Anda bisa membuat frozen yoghurt sendiri dengan menyimpannya dalam freezer. Berikan beberapa butir buah stroberi atau potongan mangga untuk menambah rasa manis.

- Apel panggang & kayu manis: Saat dimasak, apel akan mengeluarkan sirup alami dengan rasa juicy yang cukup manis. Potong apel menjadi beberapa iris dan taburi dengan bubuk kayu manis. Panggang potongan apel pada suhu 375 derajat Celcius selama 30 menit, dan Anda akan mendapatkan camilan manis juga sehat.

- Dark chocolate & Stroberi: siapa yang bisa menahan nikmatnya cokelat? Bagi Anda penggemar cokelat, pilihlah jenis dark chocolate dan lelehkan dengan cara ditim (letakkan batangan cokelat di mangkuk stainless steel, lelehkan di atas panci berisi air mendidih). Kemudian celupkan stoberi segar ke dalam cokelat, dan Anda akan merasakan permen cokelat lezat yang sehat.