.

Marathon Mematikan di Sahara

Diposkan oleh GaBohong


Lomba lari maraton mungkin sudah dianggap biasa, tapi bagaimana jika dilakukan di gurun pasir? Ternyata memang ada maraton di gurun dan diminati para pecinta olahraga menantang.

Lomba yang diberi nama "The Marathon des Sables" ini dilakukan di padang gurun Sahara sepanjang 345 km. Lomba ini pertama kali dicetuskan oleh Patrick Bauer tahun 1986. Patrick adalah seorang berkebangsaan Perancis yang saat itu sedang berkunjung ke padang gurun di Algeria selama 12 hari dan menempuh perjalanan sekitar 350 km. Saat itulah ide gila Patrick muncul untuk membuat lomba yang membuat orang dapat mencapai batasnya ini.

Pada awalnya lomba ini hanya diikuti oleh 23 peserta, tetapi sekarang lebih dari 12 ribu peserta tertarik untuk ikut. Bahkan peserta harus menunggu 2 tahun atau lebih untuk mendaftar. Perlombaan ini dibagi menjadi 6 bagian dan rutenya berbeda setiap tahun.

Saking berbahayanya lomba ini, peserta dihimbau untuk hanya membawa barang-barang yang sangat diperlukan. Mengingat bawaan yang berat dapat menjadi beban dan membatasi ruang gerak peserta selama lomba berlangsung. Panitia lomba hanya menyediakan air minum dan tenda, makanan ringan dan obat anti serangga harus dibawa sendiri oleh peserta.

Panasnya gurun Sahara yang mencapai 50 derajat Celcius, bawaan yang berat, badai pasir, kulit yang melempuh, bahkan kabar ada peserta meninggal dalam lomba menjadi tantangan tersendiri. Tetapi melihat indahnya gurun Sahara, teman-teman baru, dan petualangan adalah pengalaman berharga yang akan dimiliki oleh para peserta saat melakoninya.


Sumber

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar