.

Pulau Ini Tertutup Kotoran Burung

Diposkan oleh GaBohong


Grassholm adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni, yang terletak 13 kilometer di lepas pantai barat daya Pembrokeshire di Wales. Pulau kecil ini adalah rumah bagi salah satu koloni terbesar Burung Gannet. Selama musim kawin, dari bulan April sampai September, sekitar 39.000 pasang burung gannet, atau 10% dari populasi gannet dunia, bersarang di sisi utara pulau. Akibatnya, sisi pulau tersebut ditutupi dengan lapisan tebal kotoran burung, juga dikenal sebagai guano, memberikan pulau karakteristik warna putih. Dari kejauhan, pulau ini terlihat sangat mirip kue di tengah samudra dengan gula/krim putih di atasnya. Semakin dekat ke pulau maka baunya semakin tak tertahankan.


Pulau Grassholm terdiri dari basalt, atau batuan beku vulkanik. Diyakini bahwa pulau ini pernah menjadi bagian dari pulau Skomer sebelum lepas selama Zaman Es terakhir.

Selama akhir abad ke-16 burung-burung Puffin menghuni pulau tersebut dalam jumlah puluhan ribu, namun, sekarang tidak ada. Kondisi tanah saat ini tidak mendukung liang burung Puffin membuat sarang, yang mungkin menjadi sebab mengapa mereka pindah ke kepulauan Skomer dan kepulauan Skokholm. Burung-burung Gannets sekarang telah menjajah pulau Grassholm dalam jumlah besar, mungkin datang dari pulau Lundy dimana mereka terganggu. Grassholm hanya seluas 9 hektar dan ada setidaknya 80.000 Gannets ditambah anak-anaknya, serta koloni kecil Guillemots, razorbills, Kittiwakes dan Shags.


Para gannets pertama kali diketahui ada di pulau itu pada tahun 1860 dan pada tahun 1872, dari 12 pasang dan terus berkembang biak di sana. Pada tahun 1890-an ada 200 ekor atau lebih dan pada tahun 1905, Cardiff Naturalists Society mencatat 300 pasang. Populasi Gannet telah terus meningkat sejak itu.

Burung-burung gannet tinggal dalam jarak yang sangat dekat satu sama lain dan telah berevolusi serangkaian pesan vokal dan postural. Selalu ada ribuan gannets di udara di atas sekitar pulau untuk melakukan terjun, menyelam, menangkap ikan dari semua sudut dan dari tempat yang sangat tinggi. Hiruk-pikuk suara yang mereka buat *****akkan telinga.

Menariknya, guano yang telah membunuh kasur rumput di pulau ini memperlihatkan sisa-sisa permu****n dari Zaman Besi dan periode abad pertengahan awal.
















{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar