.

Menyingkap Misteri Dua Sudut Kota Jakarta yang Terlupa

Diposting oleh GaBohong

Dahi lelaki tua itu kian berkerut ketika diminta mengingat sesuatu dari masa silam. Pandangan matanya tak jelas arah, tampak ia berusaha keras memanggil kembali sejumlah kenangan. Sesekali dia mengusap rambutnya yang memutih. Ada rentang waktu yang cukup lama memang. Sumantri, lelaki bertubuh kurus itu, kini usianya 75 tahun. Dia mulai memanggil kembali kepingan masa lalu itu, Tatkala Sumantri baru pertama menginjakkan kaki di Perumahan Angkasa Pura, rumah sederhana yang dihuninya hingga kini. “Waktu itu daerah sini masih rawa-rawa,” ujarnya. Soal kepastian tahun, memang agak luput dari memorinya. 


Namun bagaimana kehidupan yang ia jalani, Sumantri masih ingat betul. Pada 1963, ia pertama kali datang ke Kemayoran, saat baru lulus dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug. Sumantri didapuk bekerja di Bandara Kemayoran sebagai teknisi radio komunikasi. Saat itu Bandara Kemayoran masih beroperasi. Sebagai teknisi radio, ia juga bertugas menjaga alat-alat komunikasi di bandara. Tak jarang ia harus berjaga 24 jam. Ia pun menceritakan pengalamannya bekerja saat itu. 

“Dinas (kantor) saya di tengah alang-alang. Ada pintu kawat, keluar masuknya dijaga. Kalau malam, masih banyak binatang berkeliaran. Kita bisa lihat celeng (babi hutan). Banyak, kira-kira lima ekor. Sampai kita nggak bisa keluar,” ujarnya. Meski suasananya masih seperti ‘hutan’, Kemayoran adalah bandara komersil pertama di Indonesia. Bahkan saat itu, Malaysia pun belum memilikinya. Fungsinya seperti karpet merah. Setiap tamu yang ingin menginjakkan kaki di ibu kota, harus melalui Kemayoran. 

Bandara sudah dibangun sejak Indonesia belum merdeka, tahun 1934. Menurut Alwi Shahab seorang ahli sejarah Betawi, Belanda punya dua opsi saat membangun bandara di Jakarta. Kebayoran atau Kemayoran. “Akhirnya dipilih Kemayoran,” katanya. Nama Kemayoran sendiri diambil dari derajat tertinggi dalam masyarakat China. Untuk membangun suatu daerah, pemerintah Belanda saat itu membutuhkan pemimpin. Saat itu, di daerah Kemayoran banyak tinggal orang China. Pangkat tertinggi untuk mereka adalah mayor. “Konon, Kemayoran berasal dari kata ‘mayor’ dalam masyarakat China. Bagi mereka, mayor perannya seperti kepala suku,” Alwi menjelaskan. Namun, mayor yang dimaksud bukanlah pangkat dalam militer. 

Itu merupakan gelar kehormatan bagi mereka yang bersikap baik. Kemayoran juga punya sejarah lain. Disebutkan, dahulu banyak pejabat militer berpangkat mayor yang tinggal di sana. Mereka ditempatkan oleh Belanda dalam asrama yang dibangun di sepanjang Jalan Garuda. Ada yang menyebutkan, itulah asal nama Kemayoran. Bagaimanapun juga, pada akhirnya Bandara Kemayoran resmi dioperasikan pada 8 Juli 1940. Ia menjadi saksi bisu sejarah dirgantara nusantara. Berbagai pesawat canggih dan tetamu dunia pernah ‘mampir’ di sana. Pesawat pertama yang mendarat di sana adalah DC-3 Dakota milik penerbangan Hindia Belanda. Setelah itu, pesawat bermesin piston hingga turbojet bergantian ‘mengunjungi’ Bandara Kemayoran. Ia bahkan pernah menjadi tuan rumah airshow pertama di Indonesia. Sekitar 40 negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 juga melalui Bandara Kemayoran.


Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno selalu melewatinya setiap akan melakukan tugas negara. Bandara ini bahkan pernah muncul dalam komik Tintin. Menyingkap Misteri Dua Sudut Sejarah Jakarta yang Terlupa Jelas saja, kapasitas Bandara Kemayoran sudah terhitung cukup besar dan modern kala itu. Luasnya lebih dari 40 hektar. Di bagian atas gedung bandara, ada sebuah tempat hiburan malam yang terkenal. “Orang berduit waktu itu, kalau cari hiburan ke sana,” ujar Alwi bercerita. Sayang, Bandara Kemayoran harus ditutup secara resmi pada 1 Juni 1984. Saat itu, ia sudah berhenti beroperasi lebih dari setahun lamanya. Seluruh operasional bandara dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Alasannya, kata Alwi, karena bandara di Kemayoran tak bisa berkembang lagi. “Di situ banyak rumah penduduk. Ada pertimbangan keamanan juga,” ujarnya. Selain lahan yang tidak memungkinkan untuk perluasan, pemerintah juga khawatir pesawat yang akan mendarat terbang terlalu rendah. Tepat di atas atap rumah penduduk. Alasan itu juga dibenarkan Sumantri. 

Kini, kegagahan Bandara Kemayoran tinggal sisa-sisa saja. Gedung bandara direnovasi menjadi PRJ yang tiap tahun dijadikan arena pesta warga Jakarta. “JIExpo, Hypermart, itu dulunya bangunan bandara,” kata Sumantri menyebutkan. Pasar Mobil Kemayoran pun termasuk lahan bandara. Di depan JIExpo, masih tampak menara yang menjadi salah satu bukti eksistensi Bandara Kemayoran. Sayang, sudah tak terawat. Sekitarnya ditumbuhi ilalang. Yang masih terlihat jelas hanyalah landasan pacu bandara yang kini dilalui berbagai macam kendaraan. Namanya berganti menjadi Jalan Benyamin Sueb. Nama itu diambil dari tokoh lawak Benyamin yang memang asli Kemayoran. “Bekas landasan itu dijadikan jalan, dibangun terus sampai tol. Makanya jalannya kuat, kekar. Dulunya dilewati pesawat,” ucap Sumantri lagi. Kini, kanan-kiri jalanan itu adalah gedung-gedung dan lapangan golf. Sebagai bukti, ada halte bus Transjakarta yang jelas-jelas bernama ‘Halte Landasan Pacu Timur’. Kemayoran kini memang jadi kawasan padat penduduk. Perumahan Angkasa Pura bukan lagi satu-satunya. Rekan-rekan kerja Sumantri pun sudah banyak yang pindah. Rumah mereka dijual ke pihak lain. Sumantri dan istrinya memutuskan tetap tinggal karena mereka masih ingin menjadi bagian dari sejarah Bandara Kemayoran. Sementara ketiga anak mereka sudah berkeluarga. Sumantri sama sekali tak berniat memugar rumahnya. Bangunannya masih ‘bergaya lama’. Atapnya rendah. Pagarnya pendek dan tak terkunci. Tak ada kesan angkuh. 

Kini, Sumantri dan istrinya bisa dibilang satu dari sedikit penduduk asli yang masih tinggal di komplek perumahan Angkasa Pura itu. Saksi hidup berdirinya Bandara Kemayoran. Dari Taman Wilhemina ke Masjid Istiqlal Bandara Kemayoran bukan satu-satunya sejarah Jakarta yang nyaris terlupa. Masih ada Taman Wilhelmina, yang wujudnya kini tak tampak lagi karena sudah tergantikan Masjid Istiqlal. Kalau sekarang masjid itu disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara, bisa dibayangkan betapa luasnya taman itu dulu. Di Taman Wilhelmina, berdiri sebuah benteng Belanda. Seperti ditulis Alwi Shahab dalam buku Saudagar Baghdad dari Betawi, taman dibangun untuk mengabadikan pengangkatan Ratu Wilhelmina sebagai ratu Belanda pada 1898. Saat Indonesia merdeka, namanya berganti menjadi Taman Wijaya Kusuma. Konon, di Taman Wijaya Kusuma juga ada bunker. Menurut Alwi, orang Betawi menyebutnya ‘gedung tanah’. Istilah itu bisa dipahami karena JP Coen pernah membangun benteng VOC di sana. Di dalamnya ada terowongan bawah tanah dan kamar-kamar. Bangunannya terbuat dari beton. Sangat kokoh. Benteng itu terletak di dekat gardu satpam masjid Istiqlal sekarang. Terowongan bawah tanahnya berjarak 12 km, terbentang sampai ke benteng VOC di Pasar Ikan. Ada pula satu terowongan lain ke arah Berland atau Matraman. Dulunya, Berland pernah jadi pusat militer Belanda. Setelah berpindah tangan ke pemerintah Indonesia, Taman Wijaya Kusuma tetap berfungsi sebagai pusat rekreasi warga Jakarta. Suasananya sejuk dan rimbun. Banyak pohon kenari berdaun lebat. Setiap Minggu, warga berdatangan untuk berjalan-jalan ke sana. Adanya benteng di taman itu, masih ditandai dengan patung Dewi Yunani yang berdiri di atas tugu setinggi 15 meter. Sayang, umur taman itu hanya beberapa tahun. Seiring dengan makin menjamurnya tempat hiburan lain di Jakarta, Taman Wijaya Kusuma terlupakan. Ia tak terurus. 

Sekitar tahun 1950, muncul ide pembangunan sebuah pusat ibadah agama Islam. “Sebagai rasa syukur karena Indonesia sudah merdeka, masjid itu akan dinamakan Istiqlal. Artinya kemerdekaan,” ucap Alwi menjelaskan. Sempat ada dua opsi. Bung Karno ingin di Taman Wijaya Kusuma, sedangkan Bung Hatta di Bundaran Hotel Indonesia. Opsi pertama yang akhirnya dipilih. Pasalnya, Bung Karno bercita-cita memamerkan kemegahan Istiqlal pada tetamu dari daerah luar Jakarta yang akan mendarat di Bandara Kemayoran. Pembangunan pun dimulai pada 24 Agustus 1961. Ternyata, merobohkan benteng Belanda tak semudah dibayangkan. Ia begitu kokoh, sampai membutuhkan waktu sekira satu setengah tahun. Buku Saudagar Baghdad dari Betawi juga menyebutkan, perobohan benteng membutuhkan dinamit. “Saat benteng dibongkar dengan dinamit, kaca-kaca gedung di sekitar sini banyak yang retak,” kata seorang pelayan Restoran Ragusa Es Italia, seperti dikutip dari buku yang sama. Kebetulan, posisi restoran itu berada di samping Istiqlal. Batasnya hanya Kali Ciliwung.

Setelah tujuh belas tahun pembangunan, akhirnya Masjid Istiqlal diresmikan pada 22 Februari 1978. Pembangunan itu menelan banyak biaya, sampai miliaran rupiah. Yang menarik, pemenang sayembara desain yang akhirnya menjadi arsitek bangunan itu adalah Fredrerich Silaban, seorang Kristen Protestan. Masjid itu kini menjadi kebanggaan Indonesia. Keputusan Bung Karno menyulap taman menjadi tempat ibadah bisa dibilang tepat. Menurut Alwi, masyarakat tidak merasa kehilangan tempat rekreasi karena pembangunan itu. Kini, Taman Wilhelmina alias Taman Wijaya Kusuma mungkin menjelma dalam taman-taman indah di Jakarta. Wujudnya seperti Taman Suropati atau Taman Menteng. “Tapi lebih bagus Wilhelmina, lebih besar,” ucap Alwi sambil mengenang masa kecilnya yang pernah bermain di sana bersama orangtua.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Perkenalkan, Ken Johnson Pengemis Terkaya di Dunia

Diposting oleh GaBohong


Ken Johnson, 52, Pengemis Terkaya di dunia, Penghasilan Rp 418 JUTA/tahun. Dia selalu duduk di dekat toko Myer di Sydney’s CBD (Central Business Discrict), 16 jam sehari. Berbekal papan disampingnya, ia bisa mengumpulkan uang mencapai 418 juta dalam setahun dari para dermawan.

Tulisan yang dibawanya berbunyi ”Butuh bantuan untuk biaya hidup keluarga dan beli obat. Pembayaran penuh sangat membosankan. Tinggalkan saya sendirian jika anda orang yang tidak sopan dan kasar”. Dengan cara bertahan dalam kegiatan monoton itulah Pria asal Newcastle ini menghidupi dirinya di George and Market St. Pada hari biasa, ia mendapat uang antara 600 ribu hingga 1,2 juta rupiah sehari. Jika beruntung, 3,3 juta rupiah bisa masuk kantong dalam sehari.

“Saya kecewa jika mengemis sepanjang Jumat dan hanya mendapat 2 juta rupiah,” katanya. Ia menambahkan ia pulang saat sudah mendapat cukup uang atau memang ingin pulang, tapi di hari baik ia selalu duduk lebih lama dari hari biasa. Ketika Sunday Telegraph menemuinya, hari sedang baik. Dalam 20 menit, ia mendapat sekitar 250 ribu rupiah.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ini Dia Celana Panjang Tertua Di Dunia

Diposting oleh GaBohong

Sebuah penemuan yang cukup mengejutkan ditemukan di Cina. Didalam sebuah makam di Yanghai, Cina, ditemukan sebuah celana panjang yang berumur antara 3.000 s.d 3.300 tahun. 


Celana tersebut di klaim sebagai celana panjang tertua di dunia yang pernah ditemukan. Menurut Science News, celana panjang tersebut dikenakan oleh penunggang kuda pada masa itu.

Ribuan tahun lalu Bangsa eropa dan asia biasanya memakai gaun saat dimakamkanm teteapi sekitar 3.000 sampai 4.000 tahun yang lalu kebiasaan tersebut mulai berubah menjadi mengenakan celana panjang yang dinilai lebih nyaman.

Pola celana panjang tertua di dunia tersebut terlihat sangat rumit, bahkan lebih rumit dari celana bernama "Cherchen Man" yang berusia 2.600 tahun yang ditemukan sebelumnya. 


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Nenek 86 tahun Ini Pukau Penonton di Lomba Senam

Diposting oleh GaBohong

Usia manula ternyata tidak selamanya bisa menghalangi seseorang untuk tetap fit dan melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan kekuatan dan kelenturan otot, termasuk senam gymnastic.

Hal tersebut telah dibuktikan dengan baik oleh Johanna Quaas. Di usianya yang telah menginjak ke-86 tahun, sang nenek masih mampu tampil di kejuaraan senam gymnastic di Jerman.

Dalam kompetisi Cottbuss World Cup 2012 yang diadakan di Cottbuss, Jerman, Johanna berhasil memukau publik dengan mempertontonkan aksinya melompat dan berputar di atas lantai (lihat videonya di sini)dan palang senam (lihat videonya di sini) dengan lincah.

Saat ini, aksi yang telah divideokan dan diunggah ke dalam YouTube itu juga menuai reaksi positif oleh para pengguna Internet. Setidaknya, hingga berita ini diturunkan, video tersebut telah mendapatkan lebih dari 1,7 juta klik di Youtube.

Saat ditanya oleh wartawan, Johanna mengaku telat menjadi atlit senam karena dia memulai di usianya yang ke-30. Akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi prestasinya dengan mengoleksi 11 trofi juara senam Gymnastik di Jerman.


Kini dengan kondisi rambutnya yang telah memutih, Johanna mengaku tetap melakukan latihan senam untuk bersenang-senang dan telah berhenti berpartisipasi dalam kompetisi reguler.

"Saya ingin memberikan kesempatan untuk yang lain. Untuk tampil melawan mereka yang berada di usia 70-an tidak menyenangkan lagi bagi saya," ungkapnya kepada MDR Television dan dikutip oleh MSNBC.


 

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

MISTERI Chizuko Mifune, Bernasib Tragis Karena Indera Keenam

Diposting oleh GaBohong

Tercatat dalam sejarah Jepang, pada zaman Meiji ada seorang wanita memiliki indera keenam yakni daya terawang jarak jauh yang bernama Chizuko Mifune. Wanita Jepang ini yang pertama memiliki kewaskitaan tersebut namun bernasib tragis.

Chizuko lahir tanggal 17 Juni 1886 di Kumamoto dari keluarga seorang tabib. Beranjak pada usia 22 tahun, yaitu pada 1908 ia menikah dengan seorang letnan angkatan darat yang tak lama kemudian pergi bertugas di medan perang.


Chizuko tinggal bersama kedua orang mertuanya. Suatu hari ia mendengar mertua lelakinya memasalahkan uangnya 50 yen yang tersimpan dalam dompet telah hilang. Setelah berkonsentrasi sejenak, Chizuko memberitahu mertua wanita bahwa uang itu tidak hilang tetapi berada di suatu tempat dalam laci mereka.

Keduanya terkejut dan mencari ke tempat yang ditunjuk. Setelah menemukan uang itu, mertuanya malah menuduh Chizuko yang mencuri uangnya. Penjelasan panjang lebar dari Chizuko tidak mengurangi ketetapan hati kedua orang tua untuk memberitahukan anaknya dan minta mereka bercerai. Setelah pernikahan singkat itu, ia pulang ke rumah membantu orang tua meracik obat herbal dan mengobati pasien dan sebagainya.

Bakat dan kemampuan yang tidak dimiliki orang lain itu membuat ia bisa “melihat” letak penyakit, sehingga cepat dan tepat mengobati penyakit pasien. Dengan demikian namanya melambung dan pasien yang datang semakin banyak. Kesejahteraan keluarga juga ikut meningkat.

Kemampuan supranatural itu akhirnya diketahui oleh Kiyohara kakak ipar Chizuko yang kemudian meminta ia mendalami ilmu hipnosis yang saat itu sedang populer di Jepang. Melalui hipnosis yang ia ajarkan, kemampuan bawaan itu semakin berkembang. Daya terawang jauhnya semakin baik dan Ia pun semakin tersohor.


Saat itu, ada seorang saudagar kaya datang meminta Chizuko menggunakan kelebihannya untuk mencari tambang batubara di Jepang. Dengan ditemani seorang utusan dari saudagar itu Chizuko pergi mencari. Setelah empat jam kemudian, Chizuko memberitahu utusan bahwa ia melihat satu benda hitam besar berada di tempat tidak jauh dari ia berdiri.

Setelah menunjukkan ketepatan tempatnya, para utusan itu pulang untuk melaporkannya kepada saudagar yang sedang menanti. Benar saja, tempat yang ditunjukkan itu memiliki batubara berkualitas dan kapasitasnya pun besar. Ini kemudian membuat saudagar itu semakin kaya. Chizuko menerima sejumlah honor yang setara Rp 2,5 miliar nilai uang sekarang.

Reputasinya sebagai wanita hebat Jepang tidak sebanding dengan nasibnya yang tragis. Pertama, kehilangan keharmonisan keluarga, kakak iparnya menuntut 50 persen uang hadiah itu menjadi haknya karena ia yang mengembangkan kemampuan penglihatan itu. Pertengkaran dalam keluarga berlangsung terus, membuat Chizuko hidup tidak tentram. 

Kemudian di saat yang sama, media cetak secara langsung atau tidak turut menyebar luaskan kemampuan clairvoyance yang dimiliki Chizuko. Namanya semakin dikenal di negeri Sakura dan masyarakat yang datang meminta bantuannya semakin banyak.


Mereka yang datang dari orang yang ingin mencari kembali barang yang hilang sampai orang yang mau memperoleh kekayaa. Kios obatnya selalu penuh sesak oleh orang-orang yang tak jelas maksud kedatangannya.

Laporan berita juga menggemparkan komunitas ilmuwan Jepang yang kemudian mengadakan satu acara pembuktian. Undangan meminta kedatangan Chizuko ke Universitas Teikyo, Tokyo. Tepatnya tanggal 14 September 1932, para ilmuwan dari seluruh negri datang berkumpul untuk menyaksikan kehebatan Chizuko.

Pengujian hari itu menggunakan tabung kecil terbuat dari logam yang dalamnya ada kertas bertuliskan 3 huruf kanji dan disegel rapat oleh panitia. Chizuko diminta menunjukkan huruf apa yang tertulis dalam tabung dengan tanpa membukanya.

Melalui konsentrasi sejenak, Chizuko menuliskan ke 3 huruf dimaksud di kertas lain. Setelah tabung dibuka oleh panitia, terbukti ketiga huruf tebakannya tak satu pun meleset. Tetapi panitia saat itu tidak mengakui dan menuduh Chizuko telah melakukan penipuan. Para ilmuwan yang menyaksikan meminta panitia untuk mengadakan pengujian ulang.

Ujian ulang kali ini menggunakan tempat yang berbeda dan dilaksanakan lebih ketat, ilmuwan yang datang diminta partisipasinya untuk memeriksa segel, memastikan amannya tulisan dalam tabung. Ketiga huruf kanji sengaja ditulis berbeda dengan huruf pada tes pertama dan kembali Chizuko berhasil menebak dengan tepat ketiga huruf kanji itu. Ilmuwan dibuat kagum olehnya.

Walau mereka telah menyaksikan sendiri kemampuan luar biasa dari seorang Chizuko, karena mereka tidak paham tentang hal-hal yang berkaitan dengan supranatural, maka dalam wawancara yang diadakan oleh media pada saat itu, para ilmuwan itu tetap tidak mau mengakuinya.

Kesalahan yang dibuat oleh media adalah ikut menyampaikan pandangan salah dari para ilmuwan. Penolakan dari ilmuwan yang diberitakan kepada masyarakat. Media menulis bahwa kewaskitaan Chizuko tidak terbukti, Chizuko layaknya seorang petualang yang melakukan penipuan. Berita ini membuat Chizuko sakit hati dan langsung meninggalkan Tokyo pulang ke kampung halamannya.

Media punya pengaruh yang kuat. Meskipun berada di kampung halamannya, ia tak bisa lepas dari dampak negatif pemberitaan tentang dirinya. Walau banyak orang telah menerima manfaat atas jasanya sehingga kesehatan membaik atau menemukan kembali barang mereka yang hilang, namun jauh lebih banyak masyarakat yang tidak pernah berhubungan dengan Chizuko.

Pemberitaan yang tidak benar itu lamban tapi pasti menyebabkan timbulnya pandangan yang salah dari masyarakat, kemudian caci maki yang diarahkan kepadanya. Pada 19 Januari 1911, Chizuko mengambil tindakan nekad untuk mengakhiri penderitaannya akibat dampak dari masyarakat yang tidak mau memahaminya dan pemberitaan media yang tidak wajar. Ia mengakhiri hidup pada usia belum genap 25 tahun.

Chizuko Mifune telah tiada tetapi kebenaran daya terawang jauh itu benar-benar ada dan tidak mati olehnya. Bahkan ribuan tahun sebelum Chizuko para ahli pengobatan Timur seperti Sun Simiao, Hua Tuo, Li Shizhen dan lain-lain mereka semua memiliki kemampuan supranatural, sehingga Hua Tuo bisa melihat tumor tumbuh dalam otak Cao Cao, dan ia bersedia membantu pengobatannya. Aneh tetapi nyata.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Prangko Langka Ini Terjual Seharga Rp 113.8 Milyar

Diposting oleh GaBohong


Prangko bernilai satu sen bertahun 1856 terjual dengan harga fantastis dalam sebuah lelang di New York, Amerika Serikat. Prangko ini dibeli seorang kolektor yang identitasnya dirahasiakan, senilai US 9,5 juta atau setara Rp 113,8 miliar.

Prangko ini berasal dari koloni Inggris abad ke-19 di Amerika Selatan. Ini adalah keempat kalinya prangko ini dilelang dan mencatat nilai spektakuler dalam sejarah lelang prangko. "Benar-benar mencengangkan untuk dunia filateli," kata Wakil Pimpinan Sotheby's, David Redden. "Harga itu akan sulit untuk dikalahkan, kecuali ada prangko lain dari Guyana yang sama langkanya."

Prangko ini berukuran mini, 1 x 1,25 inci. Sejak tahun 1986, prangko ini menghilang dari pandangan publik. Prangko ini satu-satunya yang tak terdapat dalam koleksi Royal Philatelic Collection milik keluarga Kerajaan Inggris.

"Belum pernah ada koleksi seperti ini selama ini," kata Allen Kane, Direktur Smithsonian National Postal Museum. Sebelumnya, lelang prangko tertinggi adalah untuk prangko asal Swedia bertahun 1855 yang terjual seharga US$ 2,3 juta pada tahun 1996.

David Beech, kurator prangko lama di British Library yang pensiun tahun lalu, membandingkannya dengan prangko Monalisa. Pemilik terakhir prangko ini adalah John E. du Pont, seorang pewaris kekayaan perusahaan kimia du Pont yang dihukum karena penembakan fatal tahun 1984. Hasil penjualan prangko itu disumbangkan seluruhnya untuk Wildlife Conservation Foundation Eurasia Pasifik. 


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Gara-gara Berekor, Remaja ini Dianggap Dewa

Diposting oleh GaBohong


Entah sebutan apalagi yang kiranya bisa disematkan kepada remaja asal India ini. Karena seuntai ekor yang terdapat di bagian belakang tubuhnya, Arshid Ali Khan kini dianggap sebagai orang suci bahkan titisan Dewa oleh masyarakat yang bermukim di sekitar Kota Punjab, India.

Seperti disarikan dari Daily Mail, Arshid yang berusia 13 tahun, lahir dalam keadaan tidak normal. Sebuah bagian tubuh menyerupai ekor muncul di bagian belakang bawah Arshid sejak ia dilahirkan.

Oleh pemuka agama setempat, Arshid diduga adalah keturunan Dewa Kera dalam ajaran Hindu, Hanuman. Hingga akhirnya, kini Arshid mau tak mau harus meladeni para tamu yang berkunjung ke rumahnya untuk memberikan ‘berkah’.

Rata-rata dari para pengunjung tersebut meminta izin Arshid yang belakangan mendapatkan julukan ‘Balaji’ untuk menyentuh ekornya tersebut dan berharap keinginan mereka dapat terwujud setelah mereka bertemu dengan Arshid.

Arshid yang hingga kini tidak bisa berjalan dengan normal dan harus menggunakan kursi roda sebagai alat pendukung geraknya mengatakan, bahwa apa yang ia alami saat ini adalah anugerah dari Tuhan.

“Ekor ini adalah anugerah dari Tuhan. Aku disembah oleh orang-orang karena aku berdoa kepada Tuhan, dan semua doa orang-orang yang datang kepadaku terkabul,” kata Arshid santai.

Sempat ada keinginan dari sang kakek yang kini merawatnya untuk memotong ekornya tersebut. Arshid pun merasa tidak keberatan dan menurutnya hal itu sama sekali tidak menjadi masalah dan memberikan pengaruh apa pun terhadapnya.

Ide memotong ekornya tersebut muncul ketika sejumlah dokter di India mengeluarkan alasan medis dan mengatakan bahwa Arshid mengalami kelainan pada tulang belakangnya sehingga mengakibatkan ia seperti saat ini.

Dari ekornya tersebut, Arshid mengaku dapat melayani sebanyak 20 hingga 30 orang setiap harinya yang ingin ‘menyembahnya’ pada musim libur sekolah atau hari Minggu. Karena kegiatan barunya itu, ia sendiri juga sempat bingung mengatur waktu untuk sekolah dan bermain bersama temannya.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Kumpulan Kecanduan Paling Unik Se Dunia

Diposting oleh GaBohong

Lo pernah merasa kecanduan? Adik gue pernah pas masih SMA tuh nyandu banget film-film Taiwan, sampe rela nabung supaya bisa beli DVD originalnya, bahkan beli majalah, tabloid yang isinya berita tentang artisnya. Hahaha, sampe ortu ngoceh-ngoceh karena adik gue jadi boros. 

Kalau nyandu film sih udah biasa kali yah, tapi gimana kalau nyandu darah? Waks, nih gue jeberin dah ada beberapa kecanduan yang unik-unik, pastinya bikin lo berdecak dan bilang it’s crazy.

• Denger musik dengan volume tinggi




Nah kalau ini sih temen gue lagi nyandu abis, itu kuping disumpel sampe kalau udah dilepas pun tetep budeg gitu. Wew fakta loh kalau denger musik dengan volume tinggi bisa nyandu, ini menurut peneliti dari Northestern University, Boston tahun 1998. Musik dipercaya dapat mengubah mood seseorang. Kok bisa? Coba aja lo denger musik klasik, pasti mood lo akan jadi baik walau lo lagi panik atau stres sekalipun. Dan kalau lo denger musik rock lo yaang tadinya lemes, dan males jadi bersemangat kan? Itulah makanya kenapa kebanyakan orang cenderung mendengarkan musik dengan volume tinggi agar mood mereka dapat berubah dengan cepat. Tapi ati-ati yah kalau terlalu sering gendang telinga bisa pecah gan.

• Darah




Ini yang tadi gue bilang, dan ini bukan boongan. Seorang wanita berumur 45 tahun asal Pennsylvania bernama Julia Caples mengaku kecanduan darah. Ada juga wanita bernama Michelle yang wajib meminum darah tiap harinya. Aje gile, ini turunan vampir kali yah, hiiy serem. Gue sih daripada minum darah mending minum teh praktis, lebih segar dan sehat lagi.

• Datengin pemakaman




Kalau ada kerabat yang meninggal pastinya kita dateng dong ke pemakamannya, itupun kalau gak ada halangan. Eh tapi gak dengan orang ini, Luis Squarisi asal Brasil rajin ke pemakaman di kotanya loh. Dan dia selalu caritau berita orang meninggal dan bergegas datang ke pemakaman, walaupun dia gak kenal sama sekali dengan orang yang meninggalnya atau keluarganya. Walau begitu, semua orang justru tidak merasa terganggu, bahkan psikiater di kotanya gak berniat menyembuhkannya. Semua orang di kotanya justru menantikan Luis datang ke pemakaman jika ada yang meninggal.

• Ngunyah es batu




Gue pernah sih ngunyah es batu, dan emang nyenengin tapi kalau keseringan yah ogah, gigi bisa ngilu. Tapi ternyata ada loh orang yang sampe nyandu ngunyah es batu, dan kecanduan es batu ini disebut juga dengan Pagophagia. Ada yang ngalamin?

• Make wig




Kalau makenya untuk acara tertentu sih mungkin ga masalah, tapi kalau justru dipake di segala situasi dan kondisi, bahkan jadi nyandu wah ini unik. Dan ternyata ada loh yang kena, seorang presenter televisi terkenal bernama Esther Rantzen.

Menurut loh gan mana yang unik? Kalau gue sih minum darah dan datang ke pemakaman yang paling unik. Orang yang ngelakuin pasti punya kepribadian unik dan misterius abis deh.

sumber
SelengkapnyaDISINI...

Penemu 'Gocek' Bola Ternyata Orang Probolinggo

Diposting oleh GaBohong

Bagi anda pecinta sepak bola, tentu sudah tidak asing lagi melihat penampilan menawan dari sang Fenomeno Ronaldo Luiz De Lima dalam mengolah bola. Atau aksi memukau Denilson, Ronaldinho, Robinho dalam mencetak gol spektakuler. Atau mungkin, pemain yang tengah bersinar saat ini Neymar & CR7 ? Decak kagum kerap timbul saat kita menyaksikan mereka beraksi dengan gaya khas mereka mengelabuhi lawan dengan gocek Scissors (gunting) atau yang dikenal dengan gaya Pedalada.



Gocek Scissors merupakan teknik menggerakan kaki menari-nari di atas bola – seperti gerakan menggunting untuk menipu lawan. CR7, Denilson, Ronaldo, Robinho, dan Ronaldinho mahir sekali menggunakan teknik tersebut. Tapi, pemain yang pertama kali mempertontonkan gocek maut ala scissors atau pedalada ini bukanlah berasal dari para pemain bintang dunia asal Brasil, melainkan terlahir dari pemain bola kelahiran Probolinggo, Jawa Timur. Indonesia harus bangga!


Setelah mengadakan penelitian media cetak dan arsip di Belanda, para pengamat bola menyimpulkan bahwa yang pertama kali mempertontonkan gaya scissors atau gunting itu adalah Lawrence “Law” Adam, pemain keturunan Belanda Indonesia yang terlahir di Probolinggo, Jawa Timur.

Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ini Dia Makam Khusus Para Kaum Homo di Jerman

Diposting oleh GaBohong




Kelompok lesbian Jerman meresmikan sebuah lahan pekuburan khusus penyuka sesama jenis, 29 Maret 2014. Lahan pemakaman Paroki Lutheran Georgen itu didirikan pada 1814. Dengan luas tanah 400 meter persegi, pekuburan itu bisa menerima 80 lesbian.

"Pemakaman ini bisa menjadi sarana bagi komunitas lesbian untuk hidup bersama di akhirat," ujar juru bicara Safia, Zachau. Safia merupakan kelompok lesbian tertua di Jerman. (Baca: Pernikahan Gay Legal, Elton John Segera Menikah).

Di Jerman, lahan pemakaman tidak diperjualbelikan. Namun dapat disewa dan diperpanjang masa pemakaiannya. Safia sendiri mendapatkan izin untuk menggunakan area pemakaman ini selama 30 tahun ke depan, tanpa harus membayar sewa. Namun mereka wajib merawat, membersihkan, serta membangun pekuburan itu.

"Meski tidak membayar sewa, kami mesti mengeluarkan banyak biaya guna menjaga tanah pekuburan agar bisa kembali digunakan," ujar Zachau.

Safia bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk membangun lanskap itu. Seperti membuat jalan setapak serta ruang penyimpanan guci abu kremasi. Agar tampak asri, mereka pun menanamkan pohon oak serta birch.

Juru bicara Gereja Lutheran Berlin, Volker Jastrzembski, mengatakan perjanjian dengan Safia keluar setelah gereja berusaha merevitalisasi pemakaman itu. Bahkan mereka berniat untuk bekerja sama dengan kelompok muslim. "Kami tengah berdiskusi dengan kelompok-kelompok muslim tentang kemungkinan mereka memiliki plot tersendiri di pemakaman Lutheran," ujarnya.
sumber: TEMPO
SelengkapnyaDISINI...

Kumpulan Iklan Unik Bahasa Inggris

Diposting oleh GaBohong

Sejatinya iklan merupakan sebuah media promosi yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat sehingga mereka akan terarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. karena kebutuhan tersebutlah para advertiser dituntut untuk memiliki kreatifitas yang tinggi dalam membuat sebuah iklan sehingga dapat menarik banyak peminat. dibawah ini adalah beberapa hasil karya unik hasil kreatifitas para pembuat iklan yang disajikan dalam sebuah iklan berbahasa inggris, cek it out!! 














Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Asal Mula Kata Lo dan Gue di Betawi

Diposting oleh GaBohong

Kata “Lo” dan “Gue” emang merupakan kata yang sudah sangat lama digunakan oleh masyarakat di Indonesia khususnya di Jakarta. Kedua kata ini sangat populer digunakan oleh masyarakat sejak tahun 70-an sampai saat ini. Kata “Lo” yang berarti kamu dan “Gue” yang artinya saya atau aku, sering digunakan karena terkesan simple dan santai untuk orang yang sebaya. Tapi kata “Lo” dan “Gue” ini akan sangat tidak sopan digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dari kita. Dan dari pengalaman saya, kata “Lo” dan “Gue” ini mulai eksis digunakan oleh warga Malaysia dan Singapura. Ya mungkin disebarkan sama TKI-TKI yang kerja disana !!!


Pada mulanya sih saya kira kedua kata ini merupakan bahasa asli dari suku Betawi, karena kedua kata ini banyak di gunakan oleh masyarakat Betawi dan menyebar ke seluruh masyarakat yang tinggal di Jakarta bahkan keluar negeri. Karena saya sangat tertarik oleh asal-muasal kedua kata ini, mulailah saya mencari informasinya. Dan yang bikin saya kaget, ternyata kedua kata ini merupakan kata-kata yang berasal dari China. Kedua kata ini juga sudah dipergunakan sejak abad ke 16 dimana banyak para pedagang China yang berdatangan ke Indonesia termasuk Jawa dan Jakarta.


Kata “Gue” dan “Lo” ini berasal dari bahasa Mandarin Hokkien yang merupakan bahasa China. Ini merupakan tulisan kata “Gue/Gua” yang berarti “Saya/Aku” menurut bahasa Mandarin Hokkien (我),dan yang satu ini adalah tulisan kata “Lo/Lu” yang berarti “Kamu/Anda” menurut bahasa Mandarin Hokkien (你). Maksud dari bahasa Mandarin Hokkien adalah bahasa Mandarin yang telah disederhanakan.

Tapi pertanyaan saya adalah kenapa kok kedua kata ini paling sering digunakan oleh masyarakat Jakarta??? Dan pertanyaan gw terjawab karena pada masa kedatangan China di abad 16, kedua kata ini sangat eksis di setiap daerah di Indonesia. Namun pada masa kolonial Belanda, pusat perdagangan adalah Jakarta dimana para pedagang lebih banyak yang mampir ke pelabuhan Sunda Kelapa pada masa itu, termasuk juga para pedagang China. Tidak hanya itu, para warga China pun banyak yang menetap di Jakarta dan juga mengenalkan tradisi dan bahasa mereka kepada masyarakat Jakarta sampai saat ini. Alasan lain juga karena dari semua daerah di Indonesia, hanya Jakarta lah yang terbuka dengan budaya dan bahasa dari negara lain sehingga bahasa-bahasa dari China, Belanda, dan negara lain cepat berkembang dan terus digunakan sampai saat ini. 

sumber
SelengkapnyaDISINI...

5 Pulau Terindah di Indonesia yang Belum Terekspos

Diposting oleh GaBohong

Inilah 5 pulau cantik di Indonesia yang masih belum banyak terekspos di media.

Pulau Dodola

Pulau Dodola adalah surga yang tersembunyi di bibir Samudera Pasifik. Pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara ini memiliki panorama alam yang sangat indah untuk dilewatkan. Pulau Dodola sebenarnya terbagi menjadi dua yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil, namun keduanya hanya dipisahkan oleh laut dengan jarak hanya 500 meter saja. 1 hal yang pasti menjamin surga di Dodola adalah ketenangan dan kedamaiannya karena jauh dari kota besar dan pemukiman penduduk.

Pulau Adonara

Pulau Adonara adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara, tepatnya di sebelah timur Pulau Flores. Secara administratif, Pulau Adonara termasuk wilayah Kabupaten Flores Timur. Meskipun sekarang wilayah ini sedang terlibat konflik, tetapi keindahan alam Pulau Adonara masih terjaga dengan baik. Pulau yang diapit oleh Selat Solor dan Selat Lowotobi ini memiliki beberapa pantai indah, contohnya Pantai Weiwerang dan Pantai Neren Watotena. Pantai ini masih terjaga keindahannya karena terletak jauh dari pusat kota, lalu pesona laut biru dan gugusan batu karang yang tersusun unik menambah kecantikannya.

Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri ini merupakan salah satu pulau yang tergabung dalam Taman Nasional Kepulauan ****an. Pulau cantik ini terletak di Teluk Tomini, dan secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Pantai di Pulau Kadidiri ini sangat pas untuk kegiatan snorkeling dan menyelam, karena selain pasir pantainya yang putih, warna biru cerah air laut dan kecantikan terumbu karangnya juga mengajak wisatawan untuk menjelajahinya.

Pulau Lihukan



Pulau yang termasuk dalam Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi primadona di kawasan bagian selatan Pulau Sulawesi. Pasir putih yang menghampar, laut yang bersih, dan terumbu karang indah menjadikan pantai di Pulau Lihukan ini menjadi seperti surga yang jatuh ke Bumi. Pulau Lihukan ini dapat dicapai dengan menyewa perahu motor yang berada di ujung Jalan Kapongkolang di kawasan Pantai Bira.

Pulau Wetar


Pulau Wetar yang terletak di Laut Banda merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Meskipun letaknya cukup terluar, namun bukan berarti kecantikannya pun tidak terdeteksi. Pulau Wetar merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Selain kaya akan hasil tambang yang melimpah seperti emas dan tembaga, pulau ini memiliki banyak pantai cantik nan eksotis.


Sumber
SelengkapnyaDISINI...

Ilmuwan: Zaman Es Baru Saja Dimulai

Diposting oleh GaBohong


Sebuah zaman es di muka bumi sedang berjalan.
Ilmuwan tengah meneliti dan memperingatkan umat manusia berbagai kemungkinan tentang zaman es dimuka bumi sedang berjalan. ilmuwan mengatakan bahwa zaman es baru sedang berjalan di belahan bumi Eropa menyusul adanya penurunan suhu yang sangat mengkhawatirkan dari suhu panas matahari.

Sementara jumlah ledakan gas di permukaan Matahari berada di puncak siklus 11 tahunan, tetapi penelitian terbaru telah menunjukkan penurunan tak terduga dari aktivitas matahari, kata peneliti.

Fenomena ini terjadi diamati dalam kurun waktu 30 tahun terakhir dan ada kekhawatiran suhu bisa terus mengalami penurunan ke tingkat yang sangat rendah hingga kemungkinan Bumi memasuki ke zaman es kecil.

"Ini akan terlihat seperti matahari yang tengah tertidur dan tidak menunjukkan aktifitasnya". Ujar Dr. Lucie Green dari Mullard Space Science Laboratory University College London.

"Fenomena alam yang sangat mengkhawatirkan ini sangat mengejutkan banyak ilmuwan" ujarnya.


Menurut Pusat Data Iklim Nasional AS (NCDC), tahun ini salju yang turun menutupi wilayah Amerika bagian Utara dan sebagian wilayah seperti di Siberia, Mongolia, dan China lebih besar dari pada tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah peneliti mengamati siklus ini sejak tahun 1966.


Lembaga Antariksa Amerika (NASA) juga telah meramalkan bahwa siklus menurunnya aktifitas Matahari akan mencapai puncaknya pada tahun 2022 dan bisa menjadi salah satu yang paling lemah dalam ber abad-abad, sehingga akan menyebabkan pendinginan yang sangat signifikan dari iklim di muka Bumi.

Setelah prediksi NASA, beberapa ilmuwan percaya bahwa zaman ES kecil baru saja dimulai. 

Zaman Es Pertama


Para peneliti menemukan bukti zaman es pertama dari lapisan batuan yang disebut BIC (Bushveld Igneous Complex) di Afrika Selatan, sebuah deposit batuan beku yang mengandung bermacam-macam mineral menjadikan tempat itu kaya akan mineral. Dari sana disimpulkan Zaman es pertama dimulai 2,4 Milyar tahun lalu pada periode Siderian dan berakhir 2,1 Milyar tahun lalu pada periode Rhyacian.

Apa penyebab terjadinya Zaman Es?
Kok bisa sih Bumi mendingin dan menghangat gitu?

Penyebab terjadinya Zaman es bisa dibilang banyak, diantaranya, gangguan pola Iklim dan Arus Laut, Kadar Co2 di atmosfer, Gunung berapi, dan bahkan Tubrukan Meteor. Zaman es kebanyakan terjadi karena pendinginan aerosol dimana oleh sebab tertentu sinar matahari tidak mencapai atau ditahan di Bumi. Contoh pendinginan akibat erupsi gunung berapi bisa dilihat saat letusan gunung Tambora 1815 dimana letusannya menyebabkan Tahun tanpa Musim Panas 1816 di Eropa, akibat dari penurunan suhu karena dihalanginya sinar matahari oleh debu vulkanik Gunung Tambora.

Dalam Geologi kita mengenal istilah "Jika sesuatu itu pernah terjadi di masa lalu, maka cepat akan lambat pasti akan terjadi di masa yang akan datang"

Setelah membaca post ini diharap kalian sadar bahwa Bumi kita, Atmosfer kita sangat rentan dan rapuh. Apalagi ditambah dengan booster Interglacial oleh manusia dengan melakukan Global Warming di Bumi, membuat kita tidak bisa melihat jelas ke depan karena kita mempercepat siklus yang seharusnya berjalan sendiri. Akibatnya? tidak ada yang tahu.

Sumber 
SelengkapnyaDISINI...

Mengenal Gerakan Illuminati 1776 Dalang Konspirasi Dunia

Diposting oleh GaBohong


1 Mei 1776, sebuah perkumpulan persaudaraan rahasia didirikan. Pengagasnya adalah Adam Weishaupt. Nama kelompok ini adalah Illuminati
Nama kelompok ini terbongkar sejak diterbitkannya karya fiksi ilmiah postmodern berjudul The Illuminatus! Trilogy (1975-7) karya Robert Shea dan Robert Anton Wilson. Nama Illuminati banyak digunakan untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru.


Gerakan ini didirikan dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang, dipelopori oleh Adam Weishaupt. Dia adalah profesor hukum kanon di Universitas Ingolstadt. Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas dan mencontoh gerakan orang-orang Yahudi, Freemason. 

Sejak diterbitkannya karya fiksi ilmiah postmodern berjudul The Illuminatus! Trilogy (1975-7) karya Robert Shea dan Robert Anton Wilson, nama Illuminati menjadi banyak digunakan untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru. Dalam konteks ini, Illuminati biasanya digambarkan sebagai versi modern atau keberlanjutan dari Illuminati Bavaria.


Anggota Illuminati melakukan sumpah rahasia dan berikrar untuk mengabdi kepada atasan mereka. Anggotanya dibagi menjadi tiga kelas, masing-masing dengan beberapa tingkatan, dan banyak cabang Illuminati menarik orang-orang terkenal Yahudi yang kemudian menjadi penguasa di beberapa negara di dunia.

Illuminati modern
Beberapa kelompok persaudaraan modern mengklaim sebagai "pewaris" Illuminati Bavaria dan telah secara terang-terangan menggunakan nama "Illuminati" dalam pelaksanaan ritus mereka. Beberapa, misalnya banyak kelompok yang menyebut diri mereka sebagai "Ordo Illuminati", menggunakan nama itu secara langsung dalam organsiasi mereka, misalnya Ordo Templi Orientis, menggunakan nama "Illuminati" sebagai tingkatan inisiasi dalam organisasi mereka.


Antara tahun 1797 dan 1798 Memoirs Illustrating the History of Jacobinism karya Augustin Barruel dan Proofs of a Conspiracy karyaJohn Robison memengemukakan teori bahwa Illuminati terus bertahan dan melaksanakan persekongkolan internasional yang masih berlangsung. Mereka mengklaim bahwa Illuminati merupakan dalang di balik Revolusi Prancis. Kedua buku itu sangat populer, terus dicetak ulang dan dikutip oleh banyak buku lainnya (misalnya oleh Proofs of the Real Existence, and Dangerous Tendency, Of Illuminism karya Pendeta Seth Payson, diterbitkan pada tahun 1802). beberapa tanggapan terhadap karya tersebut bersifat kritis, contohnya On the Influence Attributed to Philosophers, Free-Masons, and to the Illuminati on the Revolution of France karya Jean-Joseph Mounier
Karya-karya Barruel dan Robison juga memberikan pengaruh di Amerika Serikat. Di New England, pendeta Jedidiah Morse dan beberapa lainnya berkhotbah menentang Illuminati. Khotbah mereka dicetak dan berita tentang itu masuk ke surat kabar. Pada dekade awal tahun 1800-an, masalah tersebut mulai tak lagi mendapat banyak perhatian, meskipun mengalami kebangkitan selama Gerakan Anti-Mason pada tahun 1820-an dan 1830-an.

Para penganut teori persekongkolan mengklaim bahwa banyak orang terkenal yang menjadi anggota Illuminati. Presiden Amerika Serikat sering menjadi sasaran yang umum untuk klaim semacam itu.
Tokoh penting dalam gerakan teori persekongkolan, Myron Fagan, berusaha mencari bukti-bukti bahwa banyak peristiwa bersejarah, mulai dari Pertempuran Waterloo, Revolusi Prancis, sampai pembunuhan president John F. Kennedy, semuanya didalangi oleh Illuminati.
Sumber
SelengkapnyaDISINI...