Unik

Semalam di Home Stay Pinus, Umbul Sidomukti Semarang


Berangkat agak kesorean, karena jadwal check ini dari reservasi yang sudah dilakukan sebelumnya adalah jam 14:00 WIB. Dan rombongan Kami pun baru berangkat dari rumah sekitar setengah dua.
O, ya... Kami, beberapa rombongan keluarga, memang berencana menginap semalam disebuah tempat dengan beberapa kriteria, seperti berhawa sejuk, cukup luas, bebas dan bisa menampung sekitar 15 orang.
homestay pinus depan


Setelah mencari secara daring, akhirnya sepakat memilih lokasi di daerah umbul sidomukti, Bandungan Semarang. Alasan utama adalah jarak tempuh yang relatif dekat dengan homebase di kota Semarang, juga sebagian besar anggota keluarga sudah pernah berkunjung ke komplek wisata ini.
Selain itu, tentu saja memenuhi beberapa kriteria yang Saya sebutkan sebelumnya.

Reservasi

Dengan 15 orang yang ikut, akhirnya kami menentukan untuk menyewa semacam villa, atau  lebih tepatnya disebut Home Stay Pinus. Homestay Pinus ini masih menjadi bagian dari manajemen Umbul Sidomukti, jadi untuk registrasi dan segala macam yang dibutuhkan untuk mendapatkan sewa tempat ini cukup mudah.
pondok panorama

Reservasi bisa dilakukan melalui telephon di 0298 7137009. Booking tempat dilakukan dengan membayar setengah harga dulu. Untuk harga sewa homestay pinus selama sehari di hari biasa adalah Rp 1 juta, sedangkan di khir pekan Rp 1,6 juta.

Lokasi Homestay Pinus

homestay pinus

Homestay Pinus ini karena masih berada di kawasan wisata Umbul Sidomukti. Jalan masuk ke lokasi ini sama dengan masuk ke area wisata umbul ini.

Tiket masuk mobil adalah 3 ribu dan tiket masuk ke area homestay, pondok kopi atau basecamp mawar yang searah adalah 2 ribu per orang.

Pada saat memasuki area Umbul Sidomukti, jika ingin mengkonfirmasi reservasi yang sudah kita lakukan akan diarahkan menuju ke pondok panorama. Nah, Check In dan administrasi lainnya dilakukan di pondok panorama ini.

Selanjutnya kita akan di pandu oleh seorang guide untuk diantar menuju lokasi homestay Pinus.
Dilokasi ini bisa menampung parkir 4-5 mobil ukuran sedang (seperti avanza dll.).
parkir mobil
Dari Pondok Panorama berjarak sekitar 0,5 sampai 1km. Di areal homestay Pinus ini ada 3 bangunan yang berdiri. Yang pertama dan paling besar adalah bangunan utama untuk tempat menginap kita, di sampingnya persis atau di tengah adalah sebagai gudang yang dipakai oleh petani/penjaga yang dipercaya mengurus kebun yang ada di sekitar homestay dan yang paling ujung adalah kandang kambing yang berjarak sekitar 25 meter dari bangunan utama.

Bangunan homestay memiliki ukuran sekitar 8 x 6 meter lusasnya, yang terdiri 2 kamar. Kamar pertama hanya berisi 2 tempat tidur, namun cukup luas sehingga bisa ditempati setidaknya oleh 4-5 orang dewasa.
kamar homestay pinus

Sedangkan di kamar yang kedua terdapat 6 ranjang tidur yang diatur berderat dan berhimpit sehingga bisa muat 10-15 orang dewasa.
kamar homestay pinus
Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan 1 kamar mandi dan 1 WC.
Kamar Mandi dan WC Homestay Pinus.
Selain itu, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan dapur dengan isi yang sudah lengkap berupa kompor gas beserta gasnya, magic jar, gelas dan piring, ceret, dan termos. Karena sejak awal memang Kami berniat untuk membawa makanan dan memasak sendiri, maka fasilitas ini sudah sangat sesuai dengan harapan Kami.
dapur Homestay pinus
Dan masih ada lagi fasilitas yang disediakan lainnya, yaitu adanya TV Kabel di ruang utama. Tentu saja homestay ini sudah memiliki aliran listrik, sehingga Kami tidak perlu kuatir masalah batteray HP yang drop.

Secara keseluruhan, bangunan ini terbuat dari kayu, atau dalam bahasa jawa adalah rumah gebyog dan beratapkan asbes. Karena berada di lokasi daerah yang cukup dingin, atap asbes tidak mengganggu. Sedangkan lantai sudah disemen halus.

Di bagian teras depan sudah disediakan meja dan kursi untuk bersantai dan juga bisa dijadikan sebagai tempat makan bersama, karena cukup bisa menampung banyak orang.
bersantai di teras homestay pinus

Sedangkan jika menginginkan menggelar tenda bisa dilakukan di bagian samping homestay, karena ada halaman yang cukup luas antara gudang dan homestay. 2-3 Tenda bisa didirikan di tempat ini, dan juga sudah ada tempat tersendiri untuk mmenyalakan api unggun di bagian depan kiri homestay.
tempat api unggun homestay pinus
Pemandangan di homestay Pinus sangat bagus. Dari depan homestay ini Anda bisa langsung melihat kota ungaran dari atas, dan Rawa Pening, bahkan jika cuaca sedang bagus, Anda juga bisa melihat gunung Merbabu di kejauhan dengan jelas.
kota ungaran dari homestay pinus

Selain itu, lokasi homestay juga dikelilingi oleh kebun tomat dan sayuran lainnya, sehingga terasa sejuk dan segar karena serba hijau, selain juga dikelilingi dengan pemandangan yang memanjakan mata.
kebun tomat di depan homestay pinus
Secara keseluruhan, homestay Pinus ini sangat recomended untuk dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga besar sekalian camping. Sangat cocok jika Anda ingin mengenalkan anak kecil dengan kehidupan outdoor secara langsung namun tetap aman dan nyaman.

Info penting :
Reservasi : 0298 7137009
Karcis mobil : Rp 3.000
Karcis masuk : Rp 2000/orang
Administrasi Check in : Pondok Panorama
Harga Sewa Semalam
Weekday : Rp 1.000.000
Weekend : Rp 1.600.000

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Posting Lebih Baru
Previous Post
Posting Lama