.

4 Kebiasaan Makan Yang Salah Ini Bisa Merugikan Anda

Diposting oleh GaBohong


Kebiasaan Makan Yang SalahSetiap orang pasti ingin menjalani hidup yang sehat. Tapi tanpa sadar, seringkali kita melakukan beberapa kesalahan dalam mengonsumsi atau mengolah makanan.

Ini dia beberapa kesalahan dalam mengonsumsi makanan yang perlu Anda tahu. Dikutip dari times of india, para ahli mengatakan, kesalahan ini termasuk yang paling umum dilakukan, bahkan bisa terjadi pada orang yang peduli diet sehat sekalipun.

1. Menyimpan Buah dalam Kulkas Terlalu Lama
Kebiasaan membeli sayur dan buah dalam jumlah banyak untuk beberapa minggu, ternyata bisa berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Menyimpan sayur dan buah dalam kulkas terlalu bisa mengurangi nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh. Sebaiknya tidak menyimpan buah dan sayur lebih dari satu atau dua minggu. Biasakan membeli buah dan sayur segar setiap dua atau tiga hari sekali.

2. Mengonsumsi Makanan Olahan
Produk makananan olahan atau makanan cepat dimasak cenderung mengandung lebih banyak sodium dan lemak jenuh. Makanan jenis ini juga mengandung sedikit serat dan nutrisi penting. Sebaiknya pilih makanan segar dan sehat yang Anda olah sendiri agar kandungan nutrisinya terjaga. Jika terpaksa harus mengonsumsi makanan olahan, pilih yang mengandung gandum utuh, tidak memiliki lemak trans dan rendah kadar lemak jenuhnya.

3. Makan di Luar
Jika Anda hobi makan di kafe, restoran atau food court, sebaiknya jaga agar frekuensinya tidak terlalu sering. Kita tidak tahu berapa banyak zat dan kandungan berbahaya dalam makanan tersebut, yang bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan Anda. Makanan yang dimasak di rumah tidak hanya lebih aman dan bersih, tapi juga lebih bernutrisi. Jika memang Anda gemar makan di luar, batasi frekuensinya, maksimal satu kali dalam seminggu.

4. Mengupas Kulit Buah Tertentu
Beberapa buah justru memiliki kandungan gizi penting pada kulitnya. Mengupas kulit buah tertentu akan menghilangkan sebagian nutrisinya. Apel, tomat dan pir adalah beberapa jenis buah yang harus dimakan bersama kulitnya. Namun ingat untuk mencuci sampai bersih sebelum memakannya.

Sumber :  http://www.lienaaifen.com/umum/kebiasaan-makan-yang-salah/