.

9 Makanan Ini adalah Sahabat Jantung Anda

Diposkan oleh GaBohong



1) Biji-bijian / sereal / gandum
Memakan semangkuk sereal/gandum setiap pagi akan mengurangi konsentrasi dan membersihkan pembuluh darah dari tumpukan lemak jahat (LDL). Hal ini disebabkan sereal/gandum mengandung senyawa-senyawa yang baik untuk jantung seperti asam lemak omega-3, asam folat, dan kalium.

2) Sayur-sayuran hijau : Bayam
Sebuah penelitian terhadap belasan ribu orang pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa semakin banyak kita memakan sayur-sayuran setiap harinya, akan semakin berkurang resiko kita terkena penyakit jantung. Khusus untuk bayam, ia juga mengandung senyawa-senyawa seperti asam folat, lutein, kalium, dan serat.

3) Ikan laut : Salmon, Makarel, Tuna, Sarden, dsb.
Memakan ikan laut tersebut minimal dua kali seminggu akan mengurangi resiko terkena jantung hingga sepertiga kali dibandingkan yang tidak. Hasil tangkapan dari laut yang segar lebih baik dari yang ikan yang diternakkan yang sangat mungkin tercemar zat kimia dan logam berbahaya. Ikan laut tersebut kaya dengan asam lemak omega-3, dan juga karotenoid astaxanthin, yakni sebuah antioksida yang sangat baik bagi tubuh.

4) Kedelai
Kedelai bisa diperoleh dari berbagai makanan olahannya seperti tahu, tempe, dsb. Kedelai kaya dengan protein yang baik untuk tubuh, dan hanya sedikit mengandung lemak jenuh yang berbahaya. Tapi hendaknya hati-hati mengkonsumsi olahan kedelai yang memiliki kadar garam yang tinggi, yang malah akan berbahaya bagi jantung.

5) Polong-polongan : kacang merah, buncis, kacang panjang
Kacang merah, buncis , dan kacang panjang kaya dengan omega-3, kalsium, dan serat yang diperlukan tubuh.

6) Minyak Zaitun
Memasak atau menambahkan minyak zaitun pada makanan sangat membantu kesehatan jantung. Minyak zaitun kaya dengan asam lemak tak jenuh yang mampu mengurangi konsentrasi lemak jenuh yang jahat di tubuh. Sebuah penelitian di daerah Yunani memperlihatkan bahwa penduduk disana jarang yang terkena penyakit jantung walaupun makanannya banyak mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh.

7) Buah beri : strawberry, blueberry, blackberry, raspberry
Blackberry dan blueberry adalah yang terbaik, walaupun semua buah beri bagus bagi jantung. Buah beri kaya dengan senyawa anti-radang yang mengurangi resiko terkena jantung dan juga kanker.

6 ) Kacang –kacangan : Kenari, Almond
Sebagaimana minyak zaitun, jenis kacang-kacangan ini kaya dengan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh, selain kandungan omega-3 nya.

9) Buah alpokat
Buah alpokat juga banyak mengandung lemak tak jenuh, yang mampu mengusir lemak jahat, sekaligus meningkatkan konsentrasi lemak yang baik bagi tubuh (HDL). Buah alpokat juga membantu penyerapan senyawa karotenoid seperti beta-karoten dan lycopene yang diperlukan oleh jantung.