.

Sejarah Asal Usul Bakso

Diposkan oleh GaBohong


Berikut ini adalah kisah asal-usul bakso yang di Indonesia sangat terkenal sekarang ini.
Kisah ini dimulai pada Masa akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17). Di Fuzhou, China, tinggal seorang pria bernama Meng Bodi sebuah desa terpencil. Meng Bo dikenal oleh tetangganya sebagai seorang pria yang sangat baik dan sangat berbakti pada kedua orang tuanya terutama pada ibunya.

Bakso

Seiring waktu, ibunya yang sudah tua dan merupakan penggemar daging, sudah tidak mampu lagi memakan daging, karena kondisi giginya yang sudah tidak mampu mengunyah daging tersebut. Hal ini tentu saja sangat membuat kecewa ibu Meng Bo.

Demi melihat hal ini dna demi bakti kepada ibunya, Meng Bo berniat membantu ibunya agar bisa menikmati lagi daging kesukaannya. Dia mencari akal, sampai suatu hari dia melihat seorang tetangganya membuat kue mochi dengan menumbukm beras ketan.

Ketika melihat hal tersbut, seketika munculah idenya. Meng Bo bergegas ke dapur dan langsung mengolah daging dengan cara persis yang dilakukan oleh tetangganya, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu. Setelah daging menjadi empuk danlembut, dibentuklah daging tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil. Terakhir ia merebus bulatan daging tersebut, sampai tercium aroma yang sangat lezat.

Akhirnya Meng Bo menyajikan adonan yang sudah dimasak tersebut kepada ibunya. Tentu saja ibunya sangat gembira, karena selain lezat, ternyata daging tersebut mudah dimakan, sehingga sebagai orangtua tidak merasa kesulitan untuk menikmatinya. Meng Bo senang sekali melihat ibunya bisa dengan lahap memakan masakannya.

Ternyata resep baksonya ini juga digemari oleh tetangga-tetangganya, dan dari mulut-mulut resep bakso ini mulai menyebar bahkan hingga ke Indonesia.

Sumber : The Epoch Time Edisi 175

{ 0 komentar... baca komentar atau tambah komentar }

Poskan Komentar